Samudra Hindia Terletak Di Sebelah

Besar Hindia, Samudra Indonesia atau Segara India yakni kumpulan air terbesar ketiga di dunia, meliputi seputar 20% permukaan air Bumi. Di utara dibatasi oleh kidul Asia; di barat maka dari itu Jazirah Arabia dan Afrika; di timur makanya Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Gugusan pulau Sunda Kecil, dan Australia; di daksina makanya Antartika. Samudra ini dipisahkan dengan Ki akbar Atlantik maka itu 20° timur meridian, dan dengan Samudra Pasifik maka itu 147° timur meridian. Lautan Hindia ataupun Osean India adalah satu-satunya lautan yang memperalat nama negara yakni India.

letakgerafis samudra hindia
pixabay.com

Samudra Hindia luasnya sekitar 73,3 miliun kilometer persegi. Nama Ki akbar Hindia beralaskan konsepsi Vasco Da Gama diambil dari segel sungai Indus di India. Batas – batasnya pantai Afrika, Asia,dan Australia. Dibagian barat dibatasi oleh derajah nan melangkahi Semenanjung Agulhas merupakan puas 200 BT dan dibagian timur derajah nan melewati pulau Tasmania yaitu pada  1400 BT. Di Indonesia dimulai dari selat Malaka, kepulauan Sunda besar, Nusa Tenggara setakat ke Timur.

Lautan Hindia, samudra terkecil diantara tiga samudra osean di dunia, terdapat disebelah utara Antartika, di sebelah kidul tanah raya Asia, dan diantara tanah raya Afrika dan Australia. Takat di sebelah utara terbentang dari pantai Jazirah Arab, melampaui selokan tanah raya Asia hingga Semenanjung malaka. Di sisi selatan, senggat  ki akbar ini menjadi satu dengan Segara Selatan (Antartika) pada Konvergensi Antartika, sekitar 52° LS.

geografis samudra hindia
pixabay.com

Luas Ki akbar Hindia selingkung 75 juta km², lebar sekitar 9.980 km, yang menyempit kea rah uatara; kedalaman rata-rata 4.000 m, dan kedalaman maksimum hamper 7.600 m. kedalaman rata-rata Samudera Hindia, tidak tersurat laut-laut yang terletak di sepanjang pinggiran samudra, berkisar antara 3.914 m hingga 3.987 m; bagian terdalam terwalak di Palung Sunda (7.434m), di jihat selatan P. jawa.

Jajaran Ancol Malaka, Sumatera, Jawa, Timor, Australia, dan Tasmania, yakni perenggan antara Besar Hindia dan Besar Pasifik. Batasan ini berjauhan puas 147° BT yang menghampar ke Antartika. Di wilayah Konvergensi Antartika, sekitar 50° LS, terjadi rakitan antara perairan adem Antartika dan perairan tropis Lautan Hindia. Batas antara Raksasa Hindia dan Osean Atlantik terletak di Tanjung Pengharapan (20° BT). Belaka secara alami, tidak cak semau pemisahan antara kedua samudra.

Source: https://satujam.com/samudra-hindia/

Posted by: gamadelic.com