Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Nomor Lempar

Tahukah ia bahwa atletik adalah salah satu silang olahraga tertua di dunia? Ya, manusia telah menemukan olahraga atletik sejak belasan abad silam. Atletik pun banyak diminati berbagai kalangan. Marilah, pelajari asal usul dari atletik itu sendiri, silang olahraga, serta perbedaan atletik zaman dahulu dan versi modernnya di sini.

Table Of Contents

  1. Radiks Usul Atletik dan Sejarah Olahraganya
    • A. Warisan Peradaban Bersejarah
    • B. Bagaimana Atletik Turut ke Indonesia
  2. Sejumlah Cabang Gerak badan Atletik
    • A. Jalan Cepat
    • B. Berlari
      • C. Lari Jarak Jauh
      • D. Lari Jarak Medium
      • E. Lari Jarak Ringkas
      • F. Lari Estafet
      • G. Lari Kayu
      • H. Lari Jalanan
    • Melempar
      • A. Lempar Cakram
      • B. Lempar Lembing
      • C. Lempar Palu
      • D. Tolak Peluru
    • Melompat
      • A. Lompat Jangkit
      • B. Lompat Jauh
      • C. Lompat Sekat
      • D. Loncat Strata
    • Nomor Ganda atau Kombinasi
  3. Perbedaan Olahraga Atletik Zaman Dahulu dan Versi Modern
    • A. Atletik Era Yunani Kuno
    • B. Atletik Era Modern

Pangkal Usul Atletik dan Sejarah Olahraganya

Privat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), atletik merupakan satu cabang sport yang terdiri atas nomor-nomor perkembangan, lari, lempar, dan lompat. Mayoritas simpang atletik diselenggarakan di luar ruangan.

Para atlet dituntut mempunyai kegesitan jasad, kederasan, dan kekuatan stamina yang cukup supaya bisa menirukan medan perlombaan. Kesederhanaan gerakan atletik mengklarifikasi mengapa olahraga ini telah suka-suka sejak manusia bertumbuh dan berevolusi.

A. Warisan Peradaban Kuno

Ada banyak pandangan tentang asal usul atletik dalam album sport. Peradaban Mesir dan Asia diyakini sudah mempopulerkan olahraga ini beratus-ratus lampau sebelum era Masehi.

Sekitar tahun 1829 SM,
Festival Lughnasadh
punya
Tailteann Games
yang melibatkan aktivitas olahraga atletik. Kemudian, pada abad ke-6 SM Iccus dan Herodicus, dua individu berkebangsaan Yunani, mempopulerkan latihan jasmani ini.

Tata Olimpiade Kuno atau The Ancient Olympic Games sreg 776 SM membubuhi cap perlombaan atletik. Momen itu, Olimpiade Kuno hanya boleh diikuti kaum laki-junjungan, baik atlet maupun para penonton.

Kemudian, olahraga atletik bertunas berkembang di Inggris. Sejarah mencatat, atletik di Inggris mula-mula kali terekam lega 1154 saat kaidah sarana gerak badan pertama di London. Cak agar sempat dilarang oleh Edward III waktu 1300-an, atletik kembali usia satu abad kemudian mujur peran Henry VIII nan dikenal seumpama pelontar martil kredibel.

Lega tahun 1800-an perkembangan atletik di banyak negara terlihat jelas seiring kemunculan klub-klub gerak badan. Tahun 1896 jadi tunggak rekaman olahraga beradab berkat Olimpiade bertamadun permulaan.

Atletik sungguh-sungguh mendunia karena diperlombakan untuk ahli olahraga alam semesta. Pengakuan dunia atas olahraga ini menguat pasca- pendirian organisasi induk sport Federasi Atletik Amatir Internasional (IAAF) di Stockholm, Swedia lega 1912.

B. Bagaimana Atletik Timbrung ke Indonesia

Belanda memasukkan atletik intern kurikulum pendidikan di sekolah dan militer di Hindia Belanda dalam susuk pembinaan kesehatan jasmani. Introduksi atletik menjadi kelengkapan pendidikan, bukan lakukan meluaskan performa.

Organisasi atletik
Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU)
ataupun Perserikatan Atletik Hindia Belanda pun agak gelap tahun 1917 buat menaungi klub-klub atletik yang telah suka-suka di kota-kota besar Pulau Jawa.

Sesudah kemerdekaan, atletik menjadi riuk satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON I tahun 1948 di Partikular. Ketekunan penyelenggaraan atletik di Indonesia ditunjukkan melalui kelahiran perkumpulan atletik pertama, yaitu Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ataupun PASI plong 3 September 1950 di Semarang.

Beberapa Silang Olahraga Atletik

Atletik n kepunyaan beberapa cabang atau nomor yang kerap diperlombakan, seperti dijelaskan berikut ini.

A. Jalan Cepat

Umum diselenggarakan di urut-urutan raya atau lintasan lari, tangga lintasannya berjauhan 3.000 meter setakat 100 kilometer. Farik dengan lari, jalan cepat mengharuskan satu suku atlet menapak di tanah, sedangkan tungkai nan dijalankan ke depan wajib diluruskan sejak mencapai kapling pertama kali.

B. Berlari

Atlet lari dikenal dengan kecepatan dan respirasi nan langgeng. Silang atletik minimal favorit ini mempunyai beberapa nomor kejuaraan.

C. Lari Jarak Jauh

Jarak yang ditempuh rata-rata 5.000 meter dan 10.000 meter sehingga menguji ketahanan fisik, kestabilan, dan kecepatan atlet.

D. Lari Jarak Medium

Menuntut ganti rugi jarak 800 meter, 1.500 meter, dan 3.000 meter, cagak ini memaksudkan stamina, kecepatan, dan kemampuan pernapasan ekstra.

E. Lari Jarak Pendek

Lintasan tempuhnya berjauhan 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Pelari jarak pendek harus berada berlari sprint alias secepat kilat lakukan menjadi pemenang.

F. Lari Lari estafet

Nomor pertandingan beregu ini diikuti makanya sejumlah pelari yang berlari secara gandeng ataupun tembikar berorientasi garis intiha.

G. Lari Kayu

Kayu setinggi 1,067 meter menjadi kendala yang harus dilewati pelari bersama-sama mengandalkan kecepatan, ketepatan, dan ketangkasan.

H. Lari Jalanan

Biasanya dilakukan di jalanan mendelongop dan diakhiri di lintasan, sebagai halnya nomor lari 5 km, 10 km, half marathon, dan full marathon.

Melempar

Cabang ini lagi mempunyai beberapa nomor nan dibedakan oleh eksploitasi alat tunggal sehingga menuntut keterampilan dan kekuatan urat tangan berbeda pula dari para atletnya.

A. Lempar Cakram

Atlet memakai benda lemparan kasatmata tiang yang berbentuk bundar dan pipih.

B. Buang Lembing

Sebuah perabot menyerupai pendahan nan disebut lembing harus dilemparkan atlet hingga berakibat mencecah jarak tertentu.

C. Lempar Martil

Sesuai namanya, nomor ini mengaryakan pukul ataupun palu sebagai benda lemparan.

D. Lempar peluru

Benda lontaran berupa bola ferum alias semen nan dibuat mirip peluru.

Nocat

Nomor atletik berikut memerlukan kekuatan otot suku, kecepatan, dan keadilan.

A. Lompat Jangkit

Atlet meloncat tiga kali ataupun triple jump, terdiri atas gerakan hop, step, dan jump.

B. Lompat Jauh

Atlet harus melompat dengan jarak selama kelihatannya.

C. Lompat Sekat

Melompat setinggi-tingginya dengan pertolongan tongkat adalah cara bermain lompat sekat.

D. Lompat Tinggi

Melompat ke atas dengan maksud mencapai titik paling-paling tanpa alat apa lagi makara ciri istimewa olahraga lompat tinggi.

Nomor Ganda ataupun Kombinasi

Menghampari sejumlah nomor atletik yang diperlombakan, misalnya trilomba/triathlon, pancalomba/pentathlon, saptalomba/heptathlon, dan dasalomba/decathlon.

Perbedaan Gerak badan Atletik Zaman Dahulu dan Versi Modern

Bagaimana atletik dijalankan puas tahun Yunani Kuno dan versi berbudaya?

A. Atletik Era Yunani Kuno

Gambar Lomba Atletik Kuno

Sreg masa Yunani Kuno, atletik dipandang sebagai induk cabang olah tubuh karena gerakannya mencerminkan jiwa basyar. Ketika itu orang berburu makanan, mempertahankan diri, dan mengembangkan hidupnya dengan berjalan, berlari, meloncat, dan melempar.

Namun, penyelenggaraan cabang atletik di Olimpiade Kuno doang boleh diikuti junjungan-laki saja. Nomor yang dipertandingkan lagi tetapi loncat jauh, lepaskan ganjur, lempar cakram, dan lari.

Selain itu. laki-laki nan bertanding harus berbicara bahasa Yunani dan merupakan cucu adam netral ataupun bukan budak.

Uniknya, para laki-junjungan yang bertanding tidak dapat mengenakan pakaian sebab kilauan di Yunani saat itu cukup memberahikan. Langkah ini juga dipandang perumpamaan gambar apresiasi atas tulang beragangan tubuh manusia.

B. Atletik Era Modern

Ilustrasi lomba atletik berlari

Perkembangan atletik sebagai olahraga modern berawal dari masyarakat Eropa di awal abad ke-19. Perguruan tinggi atletik menyelenggarakan berbagai pertandingan dengan batasan tertentu dari panitia penyelenggara.

Hipotetis, lari jarak 400 meter harus ditempuh 60 detik. Tentu perbedaan aturan dan standar ini mempersulit pengelolaan lomba atletik.

Kerelaan IAAF umpama organisasi indung atletik jagat bertujuan membuat kriteria lomba atletik. Di mana sekali lagi lomba atletik dilakukan, baik ajang nasional atau alam semesta, qanun standar berlaku sehingga menciptakan kompetisi yang bugar, netral, dan terukur.

Selain itu, tanding atletik terbuka bagi kali saja, adam alias perawan, dan berpunca berbagai lingkaran usia. Atletik bukan kembali olahraga eksklusif yang belaka dapat dimainkan segelintir kelompok. Siapa pun dapat menorehkan penampakan dan berkompetisi hingga tingkat dunia sejauh berharta menunaikan janji persyaratan dan kualifikasi yang telah ditetapkan.

Demikian bawah usul atletik yang perlu dia ketahui. Olahraga ini terbilang “murah meriah” dan dapat dijangkau semua orang, serta bisa dilakukan di mana saja. Bintang sartan, apakah sira berminat menekuni olahraga atletik?

Source: https://justinsutanto.com/mengenal-atletik-salah-satu-cabang-olahraga-tertua-di-dunia/