Sahabat Yang Menikahi Dua Putri Nabi Adalah

Kisahan SAHABAT NABI

Kisah Utsman bin Affan, Khulafaur Rasyidin Pemilik Dua Cahaya

Kamis, 15 Apr 2022 17:00 WIB

Utsman bin Affan adalah sahabat Nabi Muhammad yang menjadi khulafaur rasyidin ketiga. Julukan Utsman bin Affan adalah pemilik dua cahaya.
Utsman kedelai Affan adalah sahabat Nabi Muhammad yang menjadi khulafaur rasyidin ketiga. Julukan Utsman bin Affan adalah tuan dua cahaya.(Foto: Pematang. Istock)



Jakarta, CNN Indonesia

Utsman bin Affan merupakan


sahabat Nabi


Muhammad SAW nan menjadi
khulafaur rasyidin
ketiga. Julukan Utsman kacang Affan adalah empunya dua sinar ataupun
Dzun Nurain.

Utsman bin Affan menjadi
khulafaur rasyidin
pada 644-656 Masehi atau 23-35 Hijriah. Utsman menjadi khalifah selama erat 12 tahun, terlama dibandingkan masa khulafaur rasyidin lainnya.

Utsman lahir dari anak bini saudagar yang kreatif raya. Harta nan berlimpah tak membuatnya dahriah, sampai-sampai semakin dermawan.


Rasulullah

menilai sosok Utsman sebagai seorang yang mustakim dan terbatas hati.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat Nabi Muhammad menginjak menyiarkan biji-nilai Islam, Utsman terjadwal orang pertama yang mempercayainya. Utsman kacang Affan tergolong dalam kerumunan
Assabiqunal Awwalun
atau insan-turunan yang pertama ikut Islam.


  • Kisahan Nabi Lelaki AS, Insan Pertama yang Diciptakan Allah

  • Kisahan Nabi Nuh dan Umat yang Tenggelam karena Banjir Ki akbar

  • Kisah Nabi Muhammad Menerima Ilham, Bawah Mula Nuzulul Quran

Sejak saat itu, Utsman selalu setia pada Rasulullah. Dia menjadi salah suatu sahabat utama Rasul Muhammad. Sang Rasul lagi memasangkan Utsman dengan gadis keduanya Ruqayyah binti Muhammad.

Di perian kenabian, Umar selalu menginfakkan hartanya di jalan Sang pencipta. Saat perang Tabuk, Utsman menyumbangkan 1000 dirham atau setara dengan sepertiga kebutuhan perang, 950 ekor unta, dan 10 kuncir.

Ilustrasi Hewan UntaUtsman kacang Affan adalah sahabat nabi Muhammad SAW yang menjadikhulafaur rasyidinketiga.
Utsman bin Affan berjuluk pemilik dua cahaya ini adalah sahabat yang kaya dan dermawan. Sira pernah menginfakkan ratusan ekor unta.(Foto: backpacker/Pixabay)


Saat evakuasi dari Mekkah ke Madinah, kaum Muslimin kesulitan mendapatkan air asli. Hanya suka-suka sumur eigendom makhluk Yahudi yang airnya dijual dengan harga yang sangat mahal. Utsman pun ingin membeli sumur itu agar bisa memasrahkan airnya lakukan keperluan kaum Muslimin.

Cuma, orang Yahudi itu menolak menjualnya. Utsman pula memutar otak. Dikutip berpangkal
Kisah-Kisah Inspiratif Sahabat Utusan tuhan
karya Muhammad Nasrullah, Utsman menawar kepemilikan sumur itu hingga orang Ibrani kepingin berbagi dengannya.

Jadi, sehari sumur itu milik Utsman, keesokannya menjadi properti khalayak Yahudi dan sedemikian itu lebih lanjut. Saat sumur itu menjadi milik Utsman, kaum Muslimin mencuil air itu secara prodeo. Keesokan harinya, lain ada yang mencekit air plong makhluk Yahudi. Alhasil, karena merasa rugi kamu menjual semua sumurnya kepada Utsman.

Setelah itu, Utsman mewakafkan sumur itu untuk kepentingan umat Islam di Madinah.

Prophet mohammad s a w beautiful vector name in circle illustration design.Julukan Utsman bin Affan yaitu pemilik dua semarak karena mengawini dua gadis Nabi Muhammad SAW. Utsman bin Affan adalah
khulafaur rasyidin ketiga. (Foto: iStockphoto/mvcreation)

Di perian kedua Hijriah, Ruqayyah meninggal dunia di masa perang Badar. Utsman pun sangat sangat dayuh dengan keberangkatan ulam-ulam yang dicintainya.

Pada masa keempat Hijriah, Rasulullah menikahkan Utsman dengan anak perempuannya yang bukan merupakan Ummu Kultsum binti Muhammad. Ummu Kultsum ialah dara ketiga Nabi Muhammad atau adik Ruqayyah.

Setelah menikah dengan Ummu Kultsum, Umar mendapat julukan
Dzun Nurain
atau tuan dua panah. Julukan ini diberikan karena Utsman menikah dengan kedua putri Nabi Muhammad.

Selepas Rasulullah meninggal, Utsman melanjutkan perjuangan menaburkan Islam bersama sahabat rasul yang lain. Utsman menjadi pemimpin suku bangsa Muslimin sepeninggal Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab.

Utsman menjadi khalifah pertama yang memperluas Masjidil Haram di Mekkah dan Musala Nabawi di Madinah. Utsman pula nan mewajibkan bagi mengumpulkan Alquran dalam satu mushaf.

Utsman bin Affan, sahabat nabi empunya dua kilauan ini meninggal manjapada pada musim 35 Hijriah. Kepemimpinan Ustman misal
khulafaur rasyidin
dilanjutkan makanya Ali kedelai Abi Thalib.

(ptj/ptj)


[Oyong:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210401114228-284-624858/kisah-utsman-bin-affan-khulafaur-rasyidin-pemilik-dua-cahaya