Rumus Mencari Volume Kubus Adalah

Rumus piutang kubus termaktub materi bawah dalam penelaahan matematika. Menemukan kapasitas bagun pangsa ini sejatinya telah diajarkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Kesannya, bukan adv minim makhluk lupa tentang seluk-beluk kubus.

Karton adalah pulang ingatan ruang yang terdiri dari sejumlah persegi. Terdapat enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar. Makanya karena itu, kubus pula sering disebut sebagai rataan enam beraturan. Pemberian nama kubus menurut titik sudutnya, berurutan dari bidang alas ke satah atas (tutup).

Sedangkan, menurut Kamus Lautan Bahasa Indonesia (KBBI), karton didefinisikan sebagai urat kayu yang terbatas heksa- latar segi empat.

Rumus Volume Kubus

Rumus debit kubus diartikan seumpama isi atau besarnya benda urat kayu. Rumus tagihan karton merupakan perkalian pangkat, lebar, dan tinggi dus. Panjang sisi-jihat dan rusuk kubus adalah sama. Rumus tersebut disusun perumpamaan berikut:

Rumus volume kubus: V = s x s x s atau V = s3.

Contoh Soal Rumus Volume Kubus

1. Diketahui sebuah dus mempunyai panjang rusuk 3 cm. Berapa tagihan kubus tersebut?

Jawaban:

V = s x s x s

V = 3 x 3 x 3

V = 27

2. Diketahui sebuah karton memiliki panjang rusuk 10 cm. Berapa volume kubus tersebut?

Jawaban:

V = s x s x s

V = 10 x 10 x 10

V = 1000

Ciri-ciri Dus

Sama halnya dengan bangun urat kayu lain yang memiliki karakteristik dan sifat saban, kubusnya pun mempunyai ciri idiosinkratis. Agar lebih mudah, perhatikan susuk berikut ini:

Kubus

Rumus volume kubus (Katadata)

  • N kepunyaan enam sebelah dengan tahapan yang sederajat samudra setiap sisinya. Bersendikan gambar di atas maka nan dimaksud dengan sisi karton yaitu, ABCD, BFGC, EFGH, AEHD.
  • Setiap sisi kubus berbentuk persegi.
  • Mempunyai 12 rusuk yang setiap rusuknya sama panjang. Rusuk merupakan garis persekutuan atau perpotongan antara dua sisi. Berdasarkan rancangan di atas maka yang dimaksud rusuk kubus yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, DH, AE, BF, dan CG.
  • Mempunyai total 8 titik sudut. Bersendikan gambar di atas maka yang dimaksud bintik ki perspektif yakni A, B, C, D, E, F, G, H.
  • Memiliki 12 arah diagonal sisi nan sama jenjang. Punya 4 diagonal pangsa yang sebanding panjang.
  • N kepunyaan beberapa tulangtulangan jala-pukat dus. Jala-jala kubus yaitu kubus nan sebagian rusuknya digunting. Seluruh sisinya direbahkan sehingga menjadi sadar datar. Kardus punya siuman yang sesuai dengan cara mengguntingnya.
  • Memiliki tagihan dan luas permukaan .

Anasir Pembentuk Kubus

  • Sisi atau satah: Jihat kubus adalah permukaan yang membatasi kubus. Ada enam buah jihat yang berbentuk persegi ABCD (sisi bawah), EFGH (jihat atas), ABFE (sisi depan), CDHG (sebelah belakang) BCGF (jihat samping kiri), dan ADHE (sisi samping kanan).
  • Rusuk: Rusuk kubus merupakan garis potong antara dua sisi bidang kubus dan kelihatan sama dengan lembaga yang mengekspresikan kubus. Sebelah kubus memiliki setimpal luas satu sama bukan. Kubus ABCD.EFGH memiliki 12 biji kemaluan rusuk yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, BF, CG, dan DH.
  • Titik kacamata: Titik ki perspektif kardus ialah titik bacok antara dua rusuk kubus ABCD.EFGH yang n kepunyaan 8 buah titik ki perspektif adalah titik A,B,C,D,E,F,G, dan H.
  • Diagonal
    : Selain jihat, rusuk, dan tutul tesmak pada diagonal. Terserah tiga diagonal kubus yaitu diagonal meres, diagonal urat kayu, dan latar diagonal.
  1. Diagonal bidang: Kardus ABCD.EFGH terdapat garis AF yang menambat kedua titik sudut yang saling berhadapan dalam suatu jihat atau parasan. Ruas garis ini dinamakan diagonal rataan.
  2. Diagonal ruang: Kardus ABCD.EFGH punya ruas garis HB yang mengeluh dua titik sudut yang silih bersemuka intern satu ruang. Ruas garis itu disebut diagonal ruang.
  3. Bidang diagonal: Pada kubus ABCD.EFGH n kepunyaan dua buah diagonal bidang yaitu AC dan EG. Diagonal bidang AC dan EG beserta dua rusuk kubus nan setimpal, yaitu AE dan CG membentuk suatu bidang diagonal di dalam ruang karton yaitu meres ACGE.

Rumus Luas Permukaan Kubus

Luas parasan ialah jumlah satah yang mempunyai satuan jarak kuadrat, maupun secara sederhana bisa digambarkan dengan total luas sreg latar sebuah korban.

Perlu diingat, satuan dari luas permukaan tidak mutlak privat meter (m), kebanyakan mengikuti aplikasi terbit soal, jika soal harap dalam eceran cm, maka di hitung dalam cm.

Berdasarkan ciri-ciri nan mutakadim disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa kubus terdiri dari 6 persegi yang disusun menjadi sebuah bangun ruang. Makanya karena itu luas meres dari dus secara tertinggal bisa dikatakan setolok dengan 6 x luas persegi.

Komplet Soal Luas Permukaan

1. Sebuah kubus memiliki panjang sisi 10 cm. Hitunglah luasnya!

Jawab:

Diketahui : s = 10 cm

Ditanya : Luas permukaan?

L = 6 x s2

L = 6 x 10 x 10

L = 600 cm2

Luas rataan kubus adalah 600 cm2.

2. Sebuah kubus yang memiliki tahapan sisi 24 cm. Berapa luas permukaan karton tersebut?

Jawab:

Diketahui:

S = 24 cm

Ditanya : Luas rataan?

L = 6 x s2

L = 6 x 24 x 24

L = 3.456 cm2

Luas permukaan kubus adalah 3.456 cm2.

Source: https://katadata.co.id/safrezi/berita/6180b8f06e49f/rumus-volume-kubus-dan-unsur-pembentuknya

Posted by: gamadelic.com