Rumah Rumah Adat Yang Ada Di Indonesia

Rumah adat di Indonesiabanyak jenisnya.
Indonesia perumpamaan negara kepulauan enggak perlu diragukan sekali lagi punya khazanah budaya yang lebih kaya dibandingkan negara lainnya. Tidak hanya rumah adat, Indonesia juga memiliki bermacam-macam lagu daerah dan bahasa negeri. Karena itulah Indonesia punya kekayaan budaya nan sayang kalau tak dilestarikan.


Apartemen adat Indonesia punya majemuk kerangka. Bukan sahaja luhur dipandang mata, biasanya apartemen tersebut dipengaruhi oleh faktor geografis suatu daerah. Kaprikornus, rumah aturan memang dibuat untuk alasan praktis yang menyesuaikan dengan leluri setempat.


Apartemen aturan Papua Honai, misalnya, didesain dengan bentuk bangunan yang tahan terhadap cuaca ekstrem, termasuk dingin di luar. Silam ada flat adat Sumatra Barat Tampi yangg bentuk arsitektur atapnya mirip dengan tanduk kerbau.


Dari 34 area yang ada di Indonesia, masing-masing rumah sifat punya keunikannya masing-masing. Cara paling mudah bikin melihat seluruh rumah sifat Indonesia adalah dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Sahaja, bagi dia yang berada di luar Jakarta tentu bakal kesulitan.







Daftar Tanda Rumah Adat di Indonesia







Jangan khawatir jika belum senggang berkunjung ke TMII, berikut daftar nama flat kebiasaan di Indonesia. Enggak hanya jenama, BukaReview lagi akan mengomongkan sedikit radiks-usul rumah adat tersebut beserta foto-fotonya. Ini kamu daftar ideal flat rasam di Indonesia.








Kondominium Adat Aceh








Kita mulai berasal Sumatra. Kondominium resan Aceh atau rumoh Aceh bernama Krong Bade. Ciri rumah rasam khas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Rumah Krong Bade ini adalah anak tangga dengan jumlah ganjil di bagian depan rumah, nan lazimnya digunakan perumpamaan tangga masuk.


Sementara tiangnya punya tinggi 2,5 sebatas 3 meter dengan total genap. Rumah adat dengan bentuk gelanggang ini terbuat dari kayu meranti dan atapnya dari daun rumbia nan dianyam memanjang ke samping kanan dan kiri.




Baca kembali:


7 Adat Istiadat Distingtif Minangkabau yang Mesti Dipatuhi Para Traveller








Rumah Sifat Sumatra Utara








Flat adat Indonesia berikutnya adalah rumah resan Batak Toba. Diberi logo rumah Bolon, apartemen ini biasanya digunakan bikin perjumpaan keluarga besar atau tempat musyawarah kegiatan adat.


Rumah aturan Bolon terbuat berusul kayu dan punya bentuk panggung dengan kebesaran 1,75 meter di atas kapling. Rumah tersebut punya bentuk persegi jenjang dengan matra 10-20 meter serta berdinding miring.


Sementara atapnya berbentuk segitiga dua tingkat dan dilapisi ijuk.








Apartemen Adat Sumatra Barat








Rumah adat Sumatra Barat mungkin yakni yang paling kecil familier di Indonesia. Iya, rumah adat Gadang minimum terkenal asian monumen jam badang.


Rumah Gadang punya bentuk panggung persegi panjang dan berdiri selingkung 2 meter bermula tanah. Atap kondominium Tampah dibuat menyerupai sungu kerbau dan terbuat dari ijuk.


Uniknya, bakal membuat rumah indang, warga Sumatra Barat bukan ada menggunakan paku dan hanya memperalat pantek kayu. Jadi, rumah sifat Indonesia terkenal ini  cukup resistan jika terjadi gempa.




Baca juga:


7 Varietas Rumah Adat Jawa Timur yang Unik


Apartemen Adat Riau


Rumah adat provinsi Riau dikenal dengan cap Selaso Ambruk Kembar. Rumah adat Riau ini lagi berbentuk rumah panggung dan terdiri dari beberapa tiang dengan bentuk bangunan persegi panjang.


Rumah Adat Riau Kepulauan


Selain Riau, suka-suka sekali lagi apartemen sifat Riau Kepulauan bernama Belah Bubungan. Salah satu keunikan dari rumah ini yakni atapnya yang memiliki beragam bentuk.


Rancangan sengkuap flat adat ini bermacam-macam, start dari datar, melintang, sekelas, curam ke bawah, setakat berturut-turut menciptakan menjadikan kekeluargaan tertentu.


Rumah Sifat Bangka Belitung


Apartemen adat Bangka Belitung punya nama rumah Telatap Limas. Seperti namanya, rumah ini memang dibangun di atas kali besar dan memiliki rencana mirip rakit.


Rumah Adat Sumatra Selatan


Secara publik, kondominium adat Wilayah Sumatra Selatan disebut flat Limas. Namun, berlainan berpunca sebelumnya, rumah adat ini punya bentuk gelanggang meski lain rani langsung di atas air, tetapi karena sebagian daerah adalah paya-rawa dan sungai.


Keseleo satu ciri khas rumah sifat ini ialah lantainya yang bersusun ataupun protokoler disebut bengkilas.


Rumah Adat Bengkulu


Beralih ke area Bengkulu, rumah adatnya legal disebut rumah rakyat. Rumah adat ini punya desain nan lebih kegandrungan dibandingkan dengan rumah adat lainnya.


Dibuat dengan bentuk rumah kancah, rumah rakyat ini memiliki aula di penggalan dasar rumah yang dapat digunakan bagi program kebiasaan tertentu.


Flat Adat Jambi


Lanjut ke Jambi, provinsi yang satu ini punya Apartemen Kajang Leko bak rumah adat. Flat Kajang Leko punya bentuk flat bekas dan yakni pusaka dari leluhur adat Bathin setempat.


Kondominium Adat Lampung



Rumah adat Lampung bernama rumah Nowou Sesat. Rumah ini punya bentuk panggung dan dihiasi ornamen singularis rasam Lampung.


Rumah Adat Banten


Salah suatu suku yang terkenal di Banten adalah Badui sehingga apartemen adat Banten biasa dikenal dengan rumah Badui alias Sulah Nyanda.


Rumah kebiasaan Badui juga berbentuk panggung doang tidak bersisa strata dibandingkan dengan kondominium medan dari Sumatra. Biasanya kondominium kebiasaan Banten ini dibuat berpangkal pelupuh atau aur yang dibelah-belah, sedangkan atapnya terbuat dari daun nyiur atau ijuk yang dikeringkan.




Baca juga:


Keunikan Berbagai Jenis Flat Aturan Bali


Rumah Adat Jawa Barat


Kondominium Sunda ialah rumah adat dari Provinsi Jawa Barat. Separas sebagaimana Badui, rumah Sunda berbentuk panggung, belaka tidak bersisa tataran.


Bakal keluar masuk, di bagian depan rumah ini terwalak tangga alias dapat disebut dengan goldog.


Rumah Adat DKI Jakarta


Kondominium adat Betawi alias DKI Jakarta biasa disebut rumah Kebaya. Bentuk atap rumah Kebaya terlihat seperti pelana nan terlipat dan jika dilihat semenjak samping maka mirip begitu juga kebaya yang dilipat.


Ornamen khas bersumber tungkai Betawi ini sangat unik dan berbeda dengan yang lainnya. Jika mau melihat rumah rasam Jakarta ini, kamu bisa ke kampung budaya Betawi di daerah Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.


Flat Adat Jawa Tengah


Bergeser ke Jawa Tengah, kamu bisa menemukan flat adat Joglo. Rumah adat ini punya beberapa rubrik dengan bervariasi kekuatan.


Di pendopo misalnya, digunakan bak pangsa pelawat, dan galibnya ruangan ini berada di episode depan kondominium bak ruang longo.


Rumah Rasam Yogyakarta


Daerah Istimewa Yogyakarta lagi punya kondominium adatnya sendiri, berbeda dari Jawa Tengah. Rumah adat Yogyakarta disebut flat Bangsal Kencono.


Salah satu ciri khas berbunga rumah adat di Indonesia ini adalah corak ornamen nan mandraguna filosofi umur yang menandakan perilaku bani adam dan semesta.


Rumah Adat Jawa Timur


Rumah kebiasaan Jawa Timur dikenal dengan tanda rumah Joglo Situbondo. Riuk satu ciri unik dari rumah ini merupakan bentuknya yang minimalis, semata-mata mendahului beragam filosofi usia.


Rumah Kebiasaan Madura



Apartemen aturan dari Madura disebut Tanean Lanjhan.


Rumah Adat Bali



Sebenarnya Bali memiliki sejumlah apartemen adat berdasarkan susuk dan fungsinya. Ada rumah adat nan disebut Angkul-Angkul, Aling-Aling, Bale Gede, Bale Tiang Sanga, dan Jineng.


Sahaja, salah satu jenis rajah rumah resan Bali yang minimum umum adalah apartemen Portal Candi Bentar. Apartemen sifat Bali ini memiliki ciri yang menyerupai rajut. Selain itu, rumah ini kembali memang dilengkapi jaring-jaring di bagian depannya.


Flat Adat Nusa Tenggara Barat


Rumah kebiasaan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat disebut Rumah Dalam Loka dan sudah dibangun sejak kaki tahir NTB menempati area tersebut.


Rumah Resan Nusa Tenggara Timur



Rumah rasam Negeri Nusa Tenggara Timur bernama Musalaki.


Rumah Musalaki biasanya digunakan sebagai tempat dulu nan diperuntukkan untuk pemimpin kewedanan tersebut, seperti superior suku, lembah ataupun camat. Selain dijadikan tempat lalu, flat adat ini lagi majuh difungsikan sebagai wadah digelarnya seremoni rasam, ritual, programa musyawarah ataupun kegiatan lainnya nan berhubungan dengan umum sekeliling.


Keunikan terdahulu dari Rumah Musalaki ialah pondasinya yang diletakkan di atas batu ki akbar, sehingga tidak ditanam di intern tanah. Rayuan besar ini terasuh melalui proses alami dan biasanya berbentuk lonjong dan dipasang secara vertikal. Kelebihan penting berpokok penggunaan pondasi ini adalah supaya meminimalisir kerenggangan puas gedung apabila kadang kala terjadi gempa alias bencana lainnya.


Rumah Rasam Flores



Rendah bergeser ke Flores, rumah adat yang masih berada di satu wilayah dengan NTT ini mempunyai bentuk khusus dan belakangan viral di Instagram para


pencinta




drone


 karena bagan kerucutnya nan individual dan menjulang tinggi.


Rumah adat Flores dikenal dengan nama Mbaru Niang. Rumah adat Mbaru Niang ini berbenda di Kampung Adat Wae Rebo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT tepatnya di Ancala Pocoroko.


N domestik suatu kegandrungan biasanya cak semau bilang flat mirip tumpeng ini sehingga terbantah dulu indah jikalau dilihat dari atas. Kabarnya dulu rumah berdesain seperti mana ini kebanyakan hanya ditempati oleh pengarah suku dan pembesar adat.


Rumah Rasam Kalimantan Selatan


Rumah adat berpunca Kawasan Kalimantan Kidul bernama Rumah Bubung Tinggi. Seperti namanya, ciri khas kondominium adat ini adalah struktur bangunannya yang pangkat dan sangat kokoh.


Rumah Adat Kalimantan Tengah


Rumah adat berpangkal Kalimantan Tengah disebut rumah Betang.


Kondominium Resan Kalimantan Barat


Rumah kebiasaan Kalimantan Tengah jamak disebut rumah Tahapan. Seperti terlihat dari namanya, rumah adat ini memiliki tulangtulangan memanjang dan berdiri di atas kayu. Mirip dengan rumah panggung, namun punya ukuran yang bertambah tataran.


Rumah Rasam Kalimantan Timur


Rumah adat dari Kewedanan Kalimantan Timur disebut rumah Kursi mempelai. Dibandingkan negeri Kalimantan lainnya, rumah adat Kalimantan TImur ini n kepunyaan desain yang makin unik.


Flat Adat Kalimantan Utara


Rumah Baloy merupakan rumah sifat dari Provinsi Kalimantan Paksina. Gedung rumah tersebut terinspirasi berasal flat adat suku Tidung, yang juga berlambak di Kalimantan Paksina.


Rumah Adat Sulawesi Paksina



Masuk ke Sulawesi, kondominium adat berpangkal Kewedanan Sulawesi Utara protokoler disebut flat Pewaris. Rumah Pewaris ini merupakan rumah welawangkoa ataupun kondominium peninggalan para leluhur.


Rumah Adat Sulawesi Tengah


Rumah Tambi yaitu rumah adat berbunga Provinsi Sulawesi Tengah. Rumah Tambi memiliki bentuk persegi panjang dengan arsitektur rumah arena. Mangsa bawah dalam pembuatan rumah ini, memperalat kusen kalis dan batu alam.


Rumah Resan Sulawesi Tenggara


Kondominium rasam Provinsi Sulawesi Tenggara disebut rumah Buton. Kondominium adat ini rata-rata terdiri berasal empat ubin dan dibangun hanya memperalat kait tiang, tanpa menggunakan pasak dan paku.


Rumah Adat Sulawesi Selatan


Kondominium adat Sulawesi Kidul bernama rumah Tongkonan dan cukup populer di Indonesia. Salah satu keunikan kondominium ini terdapat di bagian atapnya.


Atap kondominium ini berbentuk seperti perahu terbalik, selain itu di bagian tersebut juga terdapat tanduk kerbau, hewan yang jadi salah suatu simbol kemakmuran di sana.


Apartemen Rasam Gorontalo



Flat Dulohupa yaitu rumah aturan dari Gorontalo. Rumah Dulohupa ini n kepunyaan tarup solo dan bentuk bekas.


Rumah Sifat Maluku



Beringsut ke timur, flat adat berpunca Provinsi Maluku disebut seumpama rumah Baileo. Rumah Baileo ini n kepunyaan ukuran besar karena digunakan enggak sahaja misal tempat, sahaja juga untuk musyawarah dan program hiburan.


Terserah pula ruangan khusus bikin menyimpan benda-benda warisan milik rasam.


Rumah Sifat Maluku Utara


Maluku Utara juga n kepunyaan flat adat sendiri yang disebut kondominium Sasadu. Salah satu keunikannya yakni jumlah pintu pada rumah tersebut. Total ada enam pintu di tiap rumah dan bab-pintu itu punya fungsinya masing-masing.


Kondominium Resan Papua



Kita sampai di provinsi paling timur Indonesia. Flat Honai merupakan flat kebiasaan bermula Papua dan terbuat berpangkal tiang dan ilalang. Ciri khas rumah sifat ini adalah berukuran minimalis dan sempit.


Rumah Adat Papua Barat


Papua Barat juga punya rumah adat sendiri yang disebut flat Mod Baterai Aksa. Rumah adat ini mempunyai julukan distingtif, yakni kaki seribu. Situasi ini karena di penggalan bawah rumah rasam terdapat banyak penyangga sehingga mirip serangga berkaki banyak itu.


Nah, itu tadi daftar teladan kondominium adat Indonesia. Mana rumah kawasan asalmu?

Source: https://review.bukalapak.com/others/rumah-adat-indonesia-114558