Rangka Kepala Manusia Dan Fungsinya

3 Macam Bentuk Tubuh Manusia: Rancangan Kepala, Buram Awak, dan Rangka Anggota Gerak

Bobo.id –
Teman-saingan pasti sudah tahu jika badan kita tersusun dari tulang-tulang yang membentuk rencana tubuh.

Tahukah kamu kalau tulang beragangan tubuh n kepunyaan fungsi yang penting di dalam badan kita. Tanpa rangka tubuh siapa kita enggak boleh bergerak.

Baca Sekali lagi: Dapat Kerjakan Kerapuhan Tulang, Jangan Lagi Keseringan Konsumsi 3 Makanan Ini, Salah Satunya Daging

Berikut ini adalah beraneka rupa khasiat buram lainnya:

– Mengencangkan dan menegakkan bodi

– Menentukan bentuk fisik

– Medan melekatnya otot

– Melindungi bagian-adegan tubuh yang utama dan halus

Tulangtulangan awak tersusun dari berbagai jenis tulang. Berikut adalah tiga macam rangka badan manusia dan benak penyusunnya:

1. Gambar pemimpin (tengkorak)

Tulang beragangan kepala berfungsi melindungi bagian bodi kita yang lampau lunak nan disebut otak. Jika kita mengalami kehancuran otak, maka kemungkinan ki akbar kita enggak bisa beraktivitas.

Rencana majikan menutupi tulang-tulang tempurung kepala wajah dan benak pelindung otak.

a. Tulang-lemak tulang kranium wajah terdiri atas: 2 benak hidung, 2 tulang pipi, 2 sumsum rahang atas, dan tulang rahang radiks, 2 benak air indra penglihatan, tulang langit-langit, tulang pisau luku, dan 1 benak indra perasa.

b. Benak penaung otak meliputi 1 sumsum dahi, 1 tulang belakang superior, 2 lemak tulang pelipis, 2 sumsum ubun-ubun, 2 tulang baji, dan 2 tulang filter.

2. Rangka badan

Bagan badan meliputi lemak tulang pantat, tulang rusuk, lemak tulang dada, tulang gelang bahu, dan benak gelang panggul.

a. Tulang birit terdiri atas 7 ruas benak gala, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang selangkang, dan 4 ruas tulang ekor.

b. Lemak tulang rusuk terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang iga palsu, dan 2 pasang benak rusuk melayang,

c. Tulang dada terdiri atas tiga episode, yaitu tangkai atau hulu, bodi, dan taju syamsir. Tulang dada yakni tempat melekatnya iga bagian depan.

d. Lemak tulang gelang bahu tersusun atas sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka.


e. Tulang gelang dukung dibentuk oleh 2 tulang tali perut, 2 sumsum duduk, dan 2 tulang alat vital.

Baca Kembali: Ingin Tulang Fit? Coba Lakukan Kebiasaan Baik cak bagi Menjaga Kesehatan Tulang Ini, yuk!

3. Gambar anggota gerak

Kerangka anggota gerak berbentuk pipa, beruasruas, dan berfungsi untuk mendukung terjadinya pergerakan.

Rang anggota gerak terdiri atas benak-lemak tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (suku).

a. Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan), yaitu: ulna atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, dan tulang telapak tangan, tulang ruas-ruas jari.

b. Tulang-tulang anggota gerak radiks (tungkai), yaitu: tulang pukang, tulang kering, tulang betis, sumsum sayak dengkul, tulang punggung kaki, dan tulang ruas-ruas jari.

Macam-macam Sendi Manusia

Tulang manusia berhubungan satu sama lain. Pernah antara sumsum-sumsum manusia disebut sendi. Terserah sendi yang bisa digerakkan dan ada juga sendi yang tidak boleh digerakkan.

Transendental beberapa siasat nan terdapat sreg cucu adam ialah andai berikut:

a. Muslihat engsel, adalah ki akal nan boleh digerakkan ke satu sisi seperti engsel jendela dan gerbang. Contohnya, sendi plong kelokan, sendi puas dengkul, sosi plong ruas jari tangan, dan resep pada ruas jari kaki.

b. Sendi meninjau, yakni sendi yang memungkinkan persuasi ke semua arah. Keadaan tersebut dapat terjadi karena tulang yang satu dapat bersirkulasi plong sumsum lainnya. Contohnya, sendi puas ruas lemak tulang gala yang minimal atas dan kunci pada kangkang.

c. Ki akal pelana, adalah kiat nan mengalir ke dua arah. Contohnya, kiat antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari.

Baca Kembali: Grafik Jenis-Jenis Otot Manusia: Perbandingan Bentuk, Besaran Inti Interniran, Sifat, Cara Gerak, dan Ketahanan

d. Sendi kaku, yaitu sendisendi nan geraknya abnormal atau abnormal. Contohnya, sendisendi yang terwalak di antara ruas-ruas tulang birit.

e. Sentral lengser, adalah persendian ajang ujung tulang yang satu menggeser ujung sumsum yang bukan. Kiat turun takhta dijumpai puas tulang lengan bawah dan tulang pengumpil.

f) Sendi pencong, yakni buku-buku palagan benak nan satu berputar kerubung lemak tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Sendi pesong terdapat pada hubungan antara tulang atlas (tulang gala nan purwa) dan lemak tulang tempurung kepala. Sumsum denah ikut ke privat gaung yang terdapat pada tulang tulang kepala.

Mata air: Aji-aji Pengetahuan Alam 4, Priyono, Titik Sayekti, musim 2022.

—–

Teman-teman, kalau kepingin adv pernah lebih banyak tentang sains, khayalan fantasi, kisahan misteri, dan deklarasi seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik dihttps://www.gridstore.id

Atau teman-dagi bisa baca varian elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online diebooks.gramedia.com



Cek Berita dan Artikel yang tak di Google News









PROMOTED CONTENT


Video Saringan



Source: https://bobo.grid.id/read/082661503/3-macam-rangka-tubuh-manusia-rangka-kepala-rangka-badan-dan-rangka-anggota-gerak?page=all

Posted by: gamadelic.com