Pulau Terbesar Kedua Di Indonesia

Inilah 8 Pulau Terbesar di Negara Kepulauan Indonesia

Indonesia merupakan pelecok satu Negara di Asia Tenggara yang kaya di antara benua Asia dan Australia. Indonesia yaitu Negara kepulauan terbesar di dunia nan mempunyai 17.504 pulau terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia mempunyai luas area 1.910.931 km2
dan dikenal dengan nama tidak, yaitu Nusantara.

Negara gugusan pulau yang n kepunyaan makin dari 17 ribu pulau ini terdiri berusul pulau besar sebagai paru-paru Indonesia, pulau terpadat, sebatas pulau kecil bukan berpenghuni yang jumlahnya mencapai 6000 pulau. Negara yang terletak di garis khatulistiwa ini didominasi oleh perairan, dimana luas daratannya namun 1.922.570 km2. Berikut ini 8 pulau terbesar di Indonesia dimana satu diantaranya merupakan pulau terpadat. Simak ulasannya berikut ini!

1.
Pulau Papua (785,753 km2)

Pulau Papua

Papua ialah pulau terbesar di Indonesia dan menjadi pulau terbesar kedua di dunia. pulau nan terletak di lor Benua Australia ini dibagi menjadi dua wilayah. Sisi barat adalah Pulau Papua nan menjadi bagian dari Indonesia, dan sisi timur menjadi fragmen berpunca Negara Papua Nugini. Papua terdiri berusul dua distrik, yaitu Kewedanan Papua Barat dan Kewedanan Papua. Luas Pulau Papua yakni 785.763 km2. Pulau ini juga menjadi tutul tertinggi dari Negara Indonesia Puncak Carstensz nan memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Papua memiliki banyak destinasi tamasya tersohor. Diantaranya Kepulauan Paduka tuan Ampat di Papua Barat yang menjadi apartemen bagi 75% spesies koral di dunia, serta 1.500 tipe iwak. Kemudian ada Drum Baliem yang menjadi palagan bermukim bagi Kaki Dani. Drum Baliem comar mengadakan
event
tahunan Festival Lurah Baliem yang mempertemukan wisatawan dengan Suku Dani.

2.
Pulau Kalimantan (748,168 km2)

Pulau Kalimantan

Kalimantan merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia dan menjadi pulau terbesar ketiga di dunia. Letak Pulau Kalimantan terbilang strategis karena berlambak di perdua-perdua, tepatnya berlambak di jihat timur Sumatera, sisi barat Sulawesi, dan sisi utara Pulau Jawa. Luas besaran pulau ini yaitu 748.168 km2.

Pulau Kalimantan terbagi menjadi tiga bagian, dimana 73% wilayah masuk ke n domestik babak Negara Indonesia, 26% Negara Malaysia, dan 1% Brunei Darussalam. Titik tertinggi Pulau Kalimantan berbenda di Gunung Kinabalu yang memiliki izzah 4.095 meter di atas rataan laut dan masuk ke internal area Negara Malaysia.

Kalimantan terdiri berpokok lima wilayah, diantaranya Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Lor.  Kalimantan mempunyai julukan “Pulau Sewu Batang air” karena dialiri banyak batang air. Sungai terbesar di Kalimantan yaitu Sungai Kapuas yang mengalir sepanjang 1.143 km di Kalimantan Barat.

3.
Pulau Sumatera (473.481 km2)

Pulau Sumatera

Pulau Sumatera menjadi pulau terbesar ketiga di Indonesia, dan terbesar keenam di dunia. Sumatera berada di sisi minimum barat Indonesia dengan luas kewedanan 473.481 km2
nan terpampang berusul Lampung sebatas Sabang yang menjadi bintik kilometer 0 Indonesia. Pulau Sumatera dikenal dengan istilah Suwarnadwipa yang penting “pulau emas” dan Suwarnabhumi yaitu “tanah emas”.

Pulau Sumatera umumnya dihuni oleh Suku Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Rejang, Komering, Besemah, dan Lampung. Pulau Sumatera sangat kaya dengan hasil bumi seperti sugi, kelapa sawit, timah, gangguan bara, gas pataka, bauksit, dan petro bumi.

Pulau Sumatera terdiri bermula 10 provinsi, diantaranya Lampung, Sumatera Kidul, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Paksina, dan Aceh. Titik terala Sumatera cak semau di Giri Kerinci dengan ketinggian 3.805 meter di atas meres laut dan menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia, dan ancala berapi tertinggi.

4.
Pulau Sulawesi (180.681 km2)

Pulau Sulawesi

Sulawesi alias dikenal dengan label Celebes yakni pulau terbesar keempat di Indonesia dan peringkat 11 di bumi. Pulau Sulawesi mempunyai luas wilayah 180.681 km2
dan terdiri mulai sejak heksa- distrik, diantaranya Sulawesi Lor, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Daksina.

Pulau Sulawesi dihuni maka itu mayoritas Suku Makassar, Bugis, Minahasa, Toraja, Gorontalo, Banggai, Balantak, Bajau, Mongondow, Kaili, Mandar, Buton, Pamona, Muna, Mori, dan Saluan. Titik termulia Pulau Sulawesi ialah Rantemario yang merupakan puncak Bukit Latimojong di Sulawesi Kidul.

Pulau Sulawesi mempunyai bagian nan merupakan pulau terluar di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Negara Filliphina, adalah Pulau Miangas nan masuk ke dalam wilayah Kepulauan Talaud di Provinsi Sulawesi Utara.

5.
Pulau Jawa (138.794 km2)

Pulau Jawa

Terakhir, ada Pulau Jawa yang menduduki peringkat ke-5 intern daftar pulau terbesar di Indonesia, dan menjadi pulau terluas ke-13 di dunia. Pulau Jawa memiliki luas daerah 138.794 km2, dan dihuni oleh 60% warga Indonesia. Hal ini membentuk Pulau Jawa dinobatkan ibarat salah suatu pulau terpadat di Indonesia.

Pulau Jawa dibagi menjadi 6 wilayah, diantaranya Provinsi Banten, Kewedanan Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kewedanan Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Pulau Jawa mempunyai dua kota terbesar di Indonesia, adalah Jakarta dan Surabaya di Distrik Jawa Timur. Titik tertinggi Pulau Jawa adalah Mahameru dengan jalal 3.676 meter di atas meres laut.

Source: https://keluyuran.com/pulau-terbesar-di-indonesia/

Posted by: gamadelic.com