Puasa Tanpa Disertai Niat Hukumnya

Salah satu berbaik puasa Bulan pahala yakni membaca niat puasa. Lantas bagaimana hukum puasa jika Moms lupa karsa puasa Ramadan? Simak ulasannya di sini, yuk!

Perlu diketahui bahwa akur puasa itu adalah sebuah hal yang wajib dilakukan oleh umat Islam sebelum bertarak.

Ini karena jika rukun ini tidak ada, maka puasa tersebut tidak sah. Lalu, bagaimana hukumnya sekiranya kamu lupa membaca niat puasa? apakah puasa tidak sah?

Niat merupakan syarat wajib dalam berpuasa, ini karena ibadah akan selalui dimulai dengan adanya niat. Berikut ini lafaz kehendak puasa Bulan puasa:

“Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta ‘aala,”

Artinya:
“Aku berniat puasa kelak hari menunaikan kewajiban Bulan berkat tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Lazimnya niat puasa ini dibacakan malam masa setelah salat Tarawih atau ketika fajar menjelang waktu Imsak tiba.

Namun, manusia enggak luput pecah kata lupa, sehingga bukan jarang seseorang pangling membaca kehendak puasa Bulan mulia.

Simak, syariat dan ulasan akan halnya tengung-tenging niat puasa Bulan rahmat di sini.

Baca Pun:
Ini Rukun Puasa dan Syaratnya agar Ibadah Jamak Dilakukan, Catat!

Hukum Puasa Jikalau Lupa Niat Puasa Ramadan

puasa-yang-diharamkan.jpg

Foto: puasa-yang-diharamkan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seperti ibadah lainnya nan memerlukan niat sebelum melakukan ibadah tersebut, puasa Ramadan maupun puasa mesti lainnya juga diharuskan membaca karsa.

Perlu diketahui bahwa niat adalah keseleo satu damai puasa terpenting internal ibadah puasa. Keadaan ini dikarenakan niat berpuasa wajib disebutkan atau dibacakan.

Anjuran mengaji karsa puasa juga diatur Rasulullah SAW kerumahtanggaan hadist riwayat Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa’i, At-Tirmidzi, dan Ibni Majah:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya:
“Boleh jadi saja yang tidak memalamkan (niat) puasa sebelum subuh, maka tak ada puasa baginya,” (HR Ahmad, Tepung Dawud, An-Nasa’i, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Sehingga secara tidak sekaligus, takdirnya Moms lupa niat puasa Ramadan puasa dianggap menjadi tidak lazim.

Mengutip berpangkal NU Online, kehendak menanggang perut tidak belaka dilafalkan tetapi niat mesti juga tertanam dalam hati.

فصل لا يصح الصوم إلا بالنية ومحلها القلب ولا يشترط النطق بلا خلاف وتجب النية لكل يوم

Artinya: “(Pasal) puasa bukan biasa tanpa niat. Gelanggang niat terletak di hati Pelafalan niat enggak disyaratkan (puas keabsahan puasa). Niat wajib dilakukan setiap hari (lilin batik),”.

Baca Juga:
Ini Hukum Puasa Ramadan dan Syaratnya, Yuk Ajarkan kepada Si Kecil!

Dijelaskan pula melalui Imam Nawawi al-Bantani dalam Kâsyifatus Sajâ, tersendiri sreg puasa di bulan Ramadan, bahwa bila seseorang lupa mengaji kehendak puasa puas lilin lebah periode maka dianggap tidak sah.

Selain itu, para ulama pula mengajurkan pada puasa wajib seperti mana puasa Bulan rahmat disarankan buat membaca niat puasa pada malam perian, manfaat pergi kelupaan membaca niat.

Dulu, jika seseorang yang lupa karsa puasa Ramadan ataupun puasa wajib lainnya diharuskan mengqadha maupun menggaji puasa tersebut.

Hal ini dijelaskan oleh Rohaniwan An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, yang berbunyi:

إذا نسى نية الصوم في رمضان حتى طلع الفجر لم يصح صومه بلا خلاف عندنا لان شرط النية الليل ويلزمه امساك النهار ويجب قضاؤه لانه لم يصمه

Artinya, “Jika seseorang tengung-tenging berniat puasa Ramadhan (pada malam hari) hingga terbit dini hari (waktu subuh), maka puasanya tidak sah minus ikhtilaf ulama menurut kami (mazhab syafi’i) karena niat disyaratkan plong lilin lebah hari.”

“Engkau juga terbiasa menyergap diri pada siang hari (sebagaimana laku orang berpuasa). Kamu juga teradat mengqadhanya karena engkau tidak bertarak pada tahun tersebut,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab).

Selain harus menggaji puasa di kemudian periode, momen Moms lupa membaca niat puasa wajib, Moms perlu menghormati khalayak lain yang berpantang.

Seperti menahan diri untuk tidak bersantap dan minum di medan umum, bersambung badan serta tetap menjalankan ibadah teradat.

Baca Juga:
Bolehkah Sikat Gigi Saat Puasa? Simak Hukumnya di Sini!

Itulah infromasi adapun hukum puasa jikalau lupa niat puasa Ramadan.

Pastikan cak bagi mendaras niat puasa Ramadan di lilin lebah hari, ya Moms moga tidak pangling membaca karsa di pagi hari.


  • https://islam.nu.or.id/ramadhan/solusi-ketika-lalai-niat-agar-puasa-ramadhan-konsisten-sah-nyxNo
  • https://selam.nu.or.id/puasa/beban-qadha-bagi-yang-meninggalkan-niat-puasa-ramadhan-X61Is

Source: https://www.orami.co.id/magazine/lupa-niat-puasa-ramadan

Posted by: gamadelic.com