usus besar, saluran pencernaan

Dalam sistem pencernaan anak adam banyak organ-perkakas penting yang mengolah makanan, menjadi nutrisi buat diserap dan disalurkan ke seluruh tubuh. Salah satu organ yang sepan vital ialah usus samudra. Dimana, tali perut raksasa merupakan bagian akhir dari sistem pencernaan atau sebagai “pintu keluar” dari zat sisa proses pencernaan.

Usus besar merupakan gawai pencernaan yang mengelilingi seluruh sinus lambung dan membuat huruf “U” terbalik di selingkung tali perut halus nan berlipat-lipat. Tali perut besar ataupun usus besar memiliki panjang kurang lebih 1 meter dan terdiri atas fragmen usus besar (mendatar) asenden, usus besar (menurun) transversum, kolon desenden, dan berakhir sreg anus. D

Diantara usus halus dan usus besar terwalak usus buntu (sekum). Plong ujung sekum terletak aksen kecil yang disebut jurai cacing (apendiks) yang berisi sejumlah sel pembawaan masif  yang bermain dalam imunitas.

Plong dasarnya usus besar n domestik sistem pencernaan manusia memiliki fungsi yang lampau berharga dalam proses pencernaan manusia. Dimana, zat-zat makanan yang bukan diserap usus halus seterusnya akan masuk kesini. Di usus inilah terjadi penghirupan air dan pembusukan sisa-endap-endap makanan maka dari itu bakteri Eschericia Coli.

Dalam prosesnya, zat-zat cirit berada internal usus besar selama 1-4 hari. Sedangkan pungkur makanan yang tak terpakai oleh tubuh beserta asap-gas yang berbau disebut cerih (residu) akan dikeluarkan melalui anus atau melalui proses lempar air besar (BAB).

Bagian Usus Besar

Disamping itu, usus besar dibagi menjadi empat bagian utama dan memiliki fungsinya masing-masing. Adapun, anatomi atau babak perut muda ini antara enggak sekum, usus besar, rektum, dan anus.

Baca juga: Usus Halus Laksana Saluran Pencernaan Terpanjang

  • Sekum

Bagian ini berbentuk begitu juga saku yang menghubungkam bagian intiha perut muda kecil dengan kolon. Keistimewaan babak ini yakni membantu penghirupan kembali nutrisi dan cirit air dari chyme, yaitu sisa makanan berbentuk bubur cairan dari usus kecil yang ikut ke dalam sekum.

  • Usus besar

Kolon merupakan bagian terpanjang dari usus besar. Dimana memiliki keistimewaan untuk mencampur chyme dengan enzim pada kanal cerna. Campuran ini akan membuat berak yang nantinya akan di lepaskan oleh tubuh.

  • Rektum

Rektum merupakan bagian dari usus besar nan terhubung dengan kolon sigmoid. Fungsi perut muda besar pada episode ini merupakan memufakati dan menggudangkan limbah berusul kolon. Penyimpanan terjadi sepanjang menunggu waktu awak bakal mengeluarkan limbah melangkahi anus. Proses pengeluaran limbah mulai sejak tubuh terjadii ketika otak menerima rangsangan sehingga menghasilkan sinyal pada saat limbah tersurat gas atau tinja harus dikeluarkan dari awak.

  • Anus

Bagian minimal akhir alias ujung dari usus besar ialah anus. Ketika rektum sudah munjung terisi dan sempelah siap dikeluarkan, maka disinilah anus mengamnil peran. Cerih ataupun kotoran/ feses akan dikeluarkan melalui anus dan ditandai dengan sensasi sakit perut serta dorongan untuk keluarkan air samudra. Dalam kondisi normal proses pengolahan dan pencernaan makanan membutuhkan periode sampao alhirmya menjadi feses dan boleh dikeluarkan berusul awak.

Please follow and like us: