Presiden Yang Lahir Bulan Juni

Sejak merdeka Indonesia telah dipimpin oleh tujuh kepala negara. Empat di antaranya lahir di bulan Juni yakni Sukarno, Soeharto, BJ Habibie dan Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. (Foto: Lukas – Biro Pers)

Jakarta, CNN Indonesia

Bulan Juni memang bukan bulan bersejarah bagi Indonesia. Namun, bagi para Kepala negara nan koalisi maupun yang sedang menyandang, rembulan Juni yaitu bulan yang idiosinkratis kerjakan mereka.

Sedikitnya catur berusul sapta Presiden Indonesia lahir pada bulan Juni. Soekarno, Presiden pertama Indonesia tercatat lahir di Peneleh, Surabaya pada 6 Juni 1901.

Soekarno merupakan presiden yang memproklamasikan independensi Indonesia bersama Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945. Sejak saat itu, Soekarno memimpin Indonesia selama 22 tahun sebelum alhasil posisinya digantikan oleh Soeharto pada 12 Maret 1967.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Soeharto yang menggantikan Soekarno pula termuat lahir pada rembulan Juni, tepatnya 8 Juni 1921 di Bantul, Yogyakarta. Soeharto lahir dari pasangan Kertosoediro dan Soekirah.

Kamu merupakan presiden terlama yang memimpin Indonesia, 32 tahun. Selama kepemimpinannya, Soeharto dianggap sebagai pemimpin yang diktator dan nan paling korup di mayapada.

Sejarawan Bonnie Triyana mengatakan bahwa Perserikatan Bangsa-Nasion (PBB) jalinan menyorongkan, Soeharto masuk n domestik daftar 10 kepala negara paling korup di dunia.

Selain itu, Soeharto juga dikenal sebagai pemimpin yang antikritik. Pasalnya, selama rezim Orde Plonco, tidak sedikit oposisi alias mereka nan mengkritik politik Soeharto berangkat-berangkat hilang tanpa pernah lagi.

Runtuhnya tadbir Orde Baru bintang sartan catatan sejarah singularis internal politik nasional. Ia mundur sesudah demonstrasi samudra-besaran berbunga di Jakarta dan di berbagai ragam daerah lain puas tahun 1998.

Soeharto mundur pada 21 Mei 1998. Dia kembali digantikan oleh wakilnya ketika itu, Bacharudin Jusuf Habibie. Yang menghela, Habibie merupakan presiden ketiga yang juga lahir pada bulan Juni.

Habibie juga merupakan presiden Indonesia pertama yang berusul dari luar Pulau Jawa. Terjadwal, Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan sreg 25 Juni 1930.

Sebelum menjejaki karier perumpamaan eksekutif, Habibie lebih dikenal sebagai teknokrat. Ia mentah timbrung ke pemerintahan pada tahun 1978 ketika diangkat Soeharto umpama Nayaka Negara Riset dan Teknologi.

Dia kembali menjabat posisi itu sejauh catur hari, dari perian 1978 sebatas 1998 sebelum hasilnya diangkat menjadi Pemimpin Tim Keputusan Presiden (Keppres) 35 dan Wakil Presiden 1998.

Selain tiga nama itu, presiden yang juga lahir pada wulan Juni merupakan Presiden Joko Widodo. Jokowi lahir pada 21 Juni 1961 di Surakarta Jawa Tengah.

Mulanya, Jokowi merupakan seorang pengusaha mebel di kota kelahirannya sebelum karenanya terjun ke politik. Tiang penghidupan politiknya pun terbilang moncer.

Kiprahnya di dunia politik bermula puas periode 2005, ketika mencalonkan diri andai Wali Ii kabupaten Solo. Saat itu, Jokowi modern bersama FX Hadi Rudyatmo nan diusung maka itu PDI Bantahan dan Organisasi politik Kebangkitan Bangsa.

Ia akhirnya terpilih seumpama Pengampu Kota selepas ulung Pilkada Singularis dengan pemerolehan suara sebesar 36,62 persen.

Di dasar kepemimpinannya plong musim pertama, Solo dapat berubah menjadi lebih baik. Akhirnya, pada Pilkada 2022, ia kembali tersortir perumpamaan Wali Kota Solo dengan pemerolehan suara melebihi 90 persen.

Baru dua perian menjalani perian keduanya, Jokowi kemudian dicalonkan bagaikan calon Gubernur DKI Jakarta berdempetan dengan Basuki Tjahaja Purnama maupun Ahok pada Pilkada 2012. Keduanya berdampak ulung Pilkada 2012 sehabis pada putaran kedua berakibat mengalahkan pasangan petahana, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Karier politik Jokowi semakin cemerlang. Setelah dua waktu menjabat misal orang nomor satu Ibu Kota, ia dicalonkan sebagai Calon Kepala negara puas Pemilu 2022.

Saat itu, Jokowi dipasangkan dengan Jusuf Kalla dan diusung maka itu PDI Penolakan, Puak NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Organisasi politik Hanura.

Pada Pilpres 2022, Jokowi-JK berbuntut menang atas n antipoda Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Uang Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Jokowi-JK menang dengan 53,13 persen suara, sementara Prabowo-Hatta mendapatkan 46,85 komisi.

Lima tahun kemudian, persangkalan antara Jokowi dan Prabowo lagi tersaji pada Pilpres 2022. Saja, bisa jadi ini Jokowi menggandeng Ma’ruf Amin, provisional Prabowo maju bersama Sandiaga Uno.

Semata-mata, lagi-pula Jokowi pula memenangkan Pemilu 2022. Bersama Ma’ruf, Jokowi berhasil mengantongi perolehan suara minor 55,50 persen, sedangkan jodoh Prabowo-Sandi hanya meraup 44,50 persen suara.

(dmi/wis)



[Oyong:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210608151933-20-651755/cerita-tentang-juni-bulan-kelahiran-empat-presiden-ri

Posted by: gamadelic.com