Planet Yang Dekat Dengan Matahari

Serampak.CO.ID –Simak 8 nama bintang siarah di tata surya kita, urut dari yang terdekat dari Matahari sampai yang paling kecil jauh. Utarid menjadi planet yang terdekat dengan Mentari, sebaliknya Neptunus adalah yang terjauh.

Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah medali dan semua sasaran yang terpaut maka dari itu gaya gravitasinya.


Objek atau benda langit yang terwalak di tata surya nan tidak dapat terlewat ialah planet. Ya, di bimasakti kita terdapat empat bintang siarah yang masuk n domestik bagian dalam dan empat planet lainnya bagian luar.

Meskipun pengetahuan mengenai satelit dan galaksi cukup umum, lain ada salahnya cak bagi mengetahui lebih detail mengenai stempel-nama bintang beredar  berdasarkan jarak berpangkal Matahari.

Seberapa jauh jarak planet-satelit di sistem solar kita dengan Matahari? Berikut 8 tera satelit, urut berpokok yang terdekat dari Matahari:

Planet di tata surya


Baca Juga:
NASA Berencana Mengunjungi Asteroid Berpotensi Berbahaya yang Mencecah Marcapada 2029

1. Merkurius

Utarid merupakan planet yang terdekat dengan Mentari. Kendatipun pas dekat, jarak Merkurius-Matahari ternyata hingga ke 57,9 juta km.

Bintang beredar terdekat dari Matahari ini juga yakni nan terkecil, sekitar 0,055 komposit Mayapada. Fakta lainnya menyebutkan, Merkurius lain punya satelit alami.

2. Venus

Plane ke-2 nan terdamping berasal Mentari ini berukuran mirip Manjapada, yakni 0,815 massa Bumi. Jarak antara Venus-Matahari yaitu 108 miliun km.

Meskipun Venus bukanlah yang minimal sanding dengan Matahari, ternyata guru di bintang siarah ini yaitu yang terpanas.

Suhu di latar Bintang timur dapat menyentuh 400 derajat Celcius. Ini kemungkinan raksasa disebabkan besaran gas apartemen kaca yang terkandung di privat atmosfer.

3. Marcapada

Planet yang dihuni heterogen insan hidup ini yaitu nan ke-3 terhampir dengan Matahari. Jarak antara Matahari-Bumi adalah 150 juta km.

Fakta akan halnya satelit Dunia sepertinya sudah pas umum diketahui. Termasuk satelit alami yang kita kenal dengan Bulan.


Baca Juga:
12 Cap Rasi Bintang yang Digunakan dalam Zodiak, Lengkap dengan Tanggalnya

4. Mars

Mars merupakan planet ke-4 terdekat dari Matahari. Bintang siarah yang punya julukan Red Planet ini berjarak 228 juta km bermula Matahari.

Rona berma planet Mars ini berasal dari karat tanahnya yang kaya akan besi. Marikh juga punya satelit alami katai nan bernama Deimos dan Fobos. Menariknya, satelit ini diduga merupakan asteroid nan terperangkap gaya berat planet tersebut.

5. Jupiter

Satelit raksasa ini merupakan yang ke-5 terdekat berasal Mentari. Jarak antara Jupiter-Matahari yakni 779 juta km.

Jupiter lagi memiliki planet dengan jumlah yang masa ini diketahui 63. Catur satelit Jupiter yang terbesar bernama Ganimede, Kalisto, Io dan Europa.

Bahkan, satelit yang bernama Ganimede merupakan yang terbesar di tata surya kita, lebih besar dari satelit Utarid.

6. Zohal

Zohal merupakan suatu-satunya planet nan paling kecil mudah dikenali. Kenapa demikian? Sebab, planet ke-6 terdekat berasal Mentari ini merupakan nan amung n kepunyaan cincin. Jaraknya dengan Matahari hingga ke 1.430 juta km.

Saturnus memiliki 60 bintang siarah nan diketahui setakat momen ini, dan 3 nan belum dipastikan. Salah satu satelit Saturnus yang bernama Titan lagi memiliki ukuran yang lebih osean dari Merkurius.


Baca Juga:
Suhu Bintang siarah Neptunus Fluktuatif, Para Sarjana Keresahan Mengapa Demikian

7. Uranus

Uranus yaitu planet terdekat ke-7 berbunga Matahari. Jarak antara Matahari-Uranus mengaras 2.880 miliun km.

Fakta menjujut dari Uranus ini adalah planet yang paling ringan di antara planet-planet asing.

Uranus mempunyai 27 bintang beredar yang telah diketahui, beberapa di antaranya yang terbesar adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel, dan Miranda.

8. Neptunus

Neptunus adalah bintang beredar ke-8 terhampir yang serta merta menjadi terjauh dari Matahari. Jarak antara Syamsu-Neptunus adalah 4.500 juta km.

Karena jaraknya yang minimal jauh berusul Matahari, Neptunus mendapatkan gelar sebagai wadah terdingin di penyelenggaraan surya kita. Suhu terdingin di Neptunus diketahui sampai ke minus 218 derajat Celcius.

Neptunus pula punya satelit, sebanyak 13 nan diketahui momen ini. Planet terjauh berpokok Matahari ini lagi didampingi beberapa planet minor puas orbitnya, nan disebut laksana Tojan Neptunus.

Itulah 8 nama bintang siarah di bimasakti kita, urut terbit yang terhampir pecah Matahari sampai yang terjauh.

Cek Berita dan Artikel yang tak di Google News





  • Indeks BERITA







Source: https://lifestyle.kontan.co.id/news/8-nama-planet-di-tata-surya-urut-dari-yang-terdekat-dengan-matahari-sampai-terjauh

Posted by: gamadelic.com