Perbedaan Berjalan Dengan Lari Adalah

KOMPAS.com
– Lari dan jalan adalah dua rancangan aktivitas jasad yang menyehatkan raga. Meski demikian, antara lari dan jalan memiliki sejumlah perbedaan.

Berlari dan melanglang yaitu olahraga nan mudah dilakukan dan memiliki banyak kelebihan bagi kesehatan tubuh dan kebugaran raga.

Saat ini, jalan dan lari menjadi pilihan sport banyak orang karena mudah dilakukan dan lain membutuhkan biaya mahal.

Sebagai olah tubuh, lari dan jalan sekali lagi menjadi bagian dari cabang latihan jasmani atletik.

Baca juga: Sejarah dan Neko-neko Nomor Lari di Olimpiade

Dilansir dari situs web
World Athletics, nomor lari nan dilombakan menutupi lari jarak sumir, menengah, jauh, lari halang rintang, dan lari maraton.

Mengenai nomor gerak badan kronologi cepat yang dilombakan pada ajang olimpiade menuntut ganti rugi jarak 20 dan 50 km untuk putra serta 20 km putri.

Lantas, pada perbedaan antara olahraga lari dan jalan cepat?

Perbedaan Lari dengan Jalan Cepat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB), pengertian lari merupakan melangkahkan kaki dengan cepat yang plong setiap langkahnya kedua tungkai lain menjejak tanah.

Sementara itu, signifikasi jalan cepat adalah nomor sport atletik, dengan mandu melangkah cepat ke depan, kaki tak pergaulan terputus dari menyentuh tanah.

Atlet jalan cepat Indonesia, Hendro (kedua kiri), bertanding pada final jalan cepat 20.000 meter putra SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8/2017). Hendro berhasil pecahkan rekor dan menyabet emas dengan catatan waktu satu jam 32 menit 11 detik.
ANTARA FOTO / SIGID KURNIAWAN
Atlet urut-urutan cepat Indonesia, Hendro (kedua kiri), bertanding pada final jalan cepat 20.000 meter putra SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8/2017). Hendro berhasil pecahkan rekor dan menyabet kencana dengan coretan waktu satu jam 32 menit 11 momen.

Baca juga: Lari Jarak Jauh bagi Putra Usia 13-15 Musim

Pecah dua signifikasi tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan lari dan jalan cepat terletak pada korespondensi kaki dengan tanah.

Ketika berlari, ada saat kedua tungkai tak hingga ke tanah. Sedangkan, pada gerakan berjalan ataupun jalan cepat, tungkai lain pernah kotong dari mencecah lahan.

Selain kontak tungkai dengan kapling, perbedaan antara lari dan urut-urutan cepat juga terdapat pada kecepatannya.

Perkembangan cepat tampak lebih lapangan dibanding lari. Sebab, saat berlari seseorang akan mengaryakan kepantasan maksimal.

Baca juga: Kemustajaban Gerakan Ayunan Lengan pada Jalan Cepat

Perbedaan antara lari dan jalan juga bisa dilihat plong tumpuannya.

Momen berjalan atau melakukan olah tubuh jalan cepat, seluruh bagian telapak kaki dijadikan tumpu.

Adapun bagian kaki yang dijadikan tumpuan saat berlari adalah ujung jari kaki depan.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap tahun dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://lengkung langit.me/kompascomupdate, kemudian join. Beliau harus install permohonan Telegram lebih-lebih terlampau di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sports/read/2022/01/13/15410038/apa-perbedaan-antara-lari-dan-jalan-cepat?page=all

Posted by: gamadelic.com