Perbedaan Antara Haji Dan Umroh

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi beban jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  • Haji Mabrur Takdir Surga

Salah satu hadist Rasullulah SAW yg mengungkapkan selang ibadah haji & jua umroh, mengomong: “Dan haji mabrur nir terwalak balasan yg pantas baginya selain surga.” (HR Bukhari & Muslim). Tujuan hadist ini yaitu bagi seorang yg mabrur ibadah hajinya akan diganjar menggunakan surga. Pelecok satu cap mabrur atau tidaknya seorang merupakan bila sudah mengerjakan semua kondisi & rukun haji menggunakan baik, & mempunyai budi yg makin baik masa memencilkan ke tanah air.

  • Menjawab Panggilan Allah SWT

Berbuat ibadah haji ataupun umrah dimana seseorang menjawab panggilan Allah SWT dan menjadi peziarah di Kapling Suci. Sebaiknya menjadi hikmah haji nan paling utama.

  • Amalan yang Minimum Baik

“Berpunca Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW ditanya: ‘Kebajikan apakah yg minimal utama?’. Maka dia menjawab: ‘Iman puas Allah & Rasul-Nya,’. Ditanyakan lagi: ‘Kemudian apa?’. Beliau menjawab, ‘Jihad pada jalan Sang pencipta,’. Ditanyakan lagi: ‘Kemudian barang apa?’. Engkau menjawab: “Haji yg mabrur’.” (HR Bukhari, Mukminat, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah). Hadist tadi menyebutkan bahwa ibadah Haji & Umroh adalah keliru satu amalan yg minimum baik.

  • Menghapus Dosa

Dengan kita menjalankan ibadah Haji & Umroh maka dosa-dosa yg sudah lalu diperbuat akan diampuni sang Allah SWT. Dalam sebuah perbuatan nabi nabi muhammad, menurut Abu Hurairah RA, dia berkata: “Sepatutnya ada Rasulullah SAW bersabda, ‘Umrah satu ke umrah lainnya yakni penebus dosa antara keduanya, & haji nan mabrur nir terletak pahala baginya selain surga’.” (HR Bukhari & Muslim).

  • Menguatkan Iman

Hikmah haji dan umrah secara tidak langsung sudah lalu mempersatukan umat Islam di seluruh manjapada. Umat Islam ini tentunya berpunca dari plural negara, warna indra peraba dan bahasa. Hal ini menunjukkan validitas Al-Qur’an dan dimaksudkan kerjakan meningkatkan keyakinan karena boleh mengintai secara simultan bukti-bukti kerelaan Yang mahakuasa SWT di Tanah Suci.

  • Meningkatkan Kwalitas Diri dalam Beribadah

Orang yang merasa sangat bersalah seringkali merasa terbang arwah. Namun Allah bertaki akan membasuh apa dosa yang kita lakukan ketika kita mau menjalankan ibadah kita dengan kalis dan polos. Hal ini akan memerosokkan kita lakukan makin konstan menjalankan ibadah lain selain haji dan umrah.

  • Melahirkan Rasa Solidaritas dan Kekeluargaan

Dengan berkumpulnya banyak orang berasal berjenis-jenis negara dan distrik akan menciptakan nyawa kekompakan yang tahapan di antara orang-orang tanpa memandang inferior maupun ras. Perbedaan tersebut tidak sewaktu bersangkak belah, melainkan akan memperintim persaudaraan antar umat Islam di seluruh mayapada.

  • Mendapat Tarbiah Langsung pecah Allah

Mereka yang pernah menunaikan ibadah haji mengatakan bahwa ibadah haji merupakan puncak testing untuk Allah SWT. Memang, jumlah orang yang berbuat layanan tersebut terlalu tingkatan hingga hingga ke jutaan, yang tentunya menjadi tantangan singularis.

  • Diberi Pahala yang Besar

Hikmah haji dan umrah adalah akan suka-suka pahala yang besar untuk mereka yang melaksanakan semua amalan haji dengan baik. Peristiwa ini bahkan akan dirasakan sebatas orang tersebut kembali ke negaranya masing-masing dan ini telah dijanjikan maka dari itu Allah SWT. Nabi SAW berujar:”Produk siapa nan menunaikan haji di Ka’bah dan lain mengatakan kebaikan dan lain melakukan kejahatan, maka engkau akan kembali ke negaranya sebagaimana ia dilahirkan berbunga ibunya. (HR Boukhari).

  • Syiar Perpaduan Umat Islam

Ini juga yakni salah satu hikmah haji, karena makhluk yang menunaikan ibadah haji di Kapling Suci tujuannya semata-mata satu, ialah menjalankan perintah Allah SWT. Saat tampil, cucu adam mengikuti gerakan, kostum, dan aturan yang selevel. Hal ini mengilustrasikan persatuan dan kesatuan di hati umat Islam. Dan, gambaran ini adalah hal nan wajib dilakukan internal keseharian umat Islam saat kembali ke negara asalnya.






Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya



Beri Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar seutuhnya menjadi beban jawab pembahas seperti diatur dalam UU ITE


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk menerimakan komentar!

Lihat Semua Komentar (1)



Video Pilihan

Source: https://www.kompasiana.com/anita42947/639b15044addee0ef52848e2/hikmah-ibadah-haji-dan-umrah

Posted by: gamadelic.com