Perbedaan Antara Aqiqah Dan Qurban

Barang apa perbedaan kurban dan akikah ? Dalam agama Islam, ada dua macam ibadah yang dilakukan dengan prinsip menyembelih satwa kurban. Yang pertama adalah qurban, yaitu sembelih hewan kurban plong copot 10 sampai 13 Dzulhijjah. Sedangkan akikah (nasikah) dilaksanakan setelah sosok lanjut umur berputra anaknya. Apa perbedaan berpunca kedua variasi ibadah ini ?

Konotasi Kurban dan Akikah

Secara bahasa pengertian kurban atau qurban adalah dekat. Maksudnya qurban adalah ibadah nan bertujuan bikin mendekatkan diri kepada Sang pencipta Subhanahu Wa Ta’ala. Selain itu, qurban kembali berbunga pecah kata dhaha ataupun perian dhuha. Di mana hewan qurban tiba disembelih plong waktu dhuha.

perbedaan qurban dan aqiqah

Sedangkan menurut bahasa konotasi akikah maupun aqiqah adalah memotong. Ibadah ini dilaksanakan oleh insan tua privat rencana syukuran atas kelahiran momongan mereka. Selain menjagal hewan, mereka kembali memotong surai bayi dan mentahnik bayi tersebut.

Tujuan Kurban dan Akikah

Tujuan bermula qurban adalah untuk memperingati kejadian pengorbanan Nabi Ibrahim dan Utusan tuhan Ismail. Saat itu, Nabi Ibrahim diperintah Sang pencipta untuk menyembelih putra tercintanya Ismail. Meskipun susah, saja berkat ketenangan dan keteguhan hatinya, Utusan tuhan Ibrahim dan Ismail pula melaksanakannya. Saat Nabi Ismail akan akan disembelih, Allah langsung memerintahkan malaikat jatuh bakal mengganti Ismail dengan seekor kambing arab putih besar.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَىٰ فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

Maka tatkala anak itu sebatas (lega umur sanggup) berusaha sekaligus Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat privat mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah barang apa pendapatmu!” Dia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah segala apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-basyar nan kepala dingin”. (QS. As-Saffat: 102)

Sedangkan tujuan aqiqah adalah sebagai rencana rasa syukur basyar gaek setelah bersalin anaknya. Bagi umat Islam nan rani secara keuangan maka disunnahkan untuk melaksanakannya. Bikin yang tidak mampu melaksanakan aqiqah maka tidak berdosa. Adapun dalil kenapa hukum akikah adalah sunnah, bukannya wajib adalah karena hadits berikut.

مَنْ وُلِدَ لَهُ وَلَدٌ فَأَحَبَّ أَنْ يَنْسُكَ عَنْهُ فَلْيَنْسُكْ ، عَنْ الْغُلامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ ، وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Kali nan dikarunia sendiri anak, dan sira ingin menyembelih untuknya, sepatutnya anda menzabah. Cak bagi momongan lelaki dua kambing nan cukup. Dan untuk anak asuh wanita satu kambing. (HR. Albany)

Hukum Kurban dan Akikah

Baik kurban maupun akikah, keduanya sama-sama punya hukum sunnah. Ibadah ini hanya dikerjakan oleh manusia yang mampu saja. Sedangkan untuk orang nan enggak mampu, tidak wajib. Secara syariat, kedudukan hukum sunnah qurban lebih awet dibandingkan akikah. Hukum kurban adalah sunnah muakkad atau sunnah yang ditekankan. Sedangkan, akikah hukumnya sunnah dan doang diselesaikan jika yang berkepentingan berlambak.

perbedaan kurban dan aqiqah

Sreg hadits di atas sekali lagi disebutkan ‘ingin.’ Karena kata ‘mau’ tersebut, maka sebagian ulama memutuskan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah lain wajib.

Mana yang Lebih Utama ?

Sekiranya waktu kurban dan akikah bersamaan. Maka bagi orang yang mewah melaksanakan keduanya diperbolehkan buat melakukannya. Sedangkan untuk nan tidak congah dianjurkan memilih qurban, karena kedudukan hukumnya lebih abadi. Saat berkurban, ayah bunda juga boleh meniatkan qurbannya, untuk keluarganya termasuk anak yang baru dilahirkannya. Ada sebuah riwayat hadits Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam nan mengatakan,

من كان له سِعَةٌ ولم يُضَحِّ فلا يَشهدْ مصلَّانا

Barangsiapa memiliki kelapangan, namun ia tidak berqurban, maka janganlah datangi mushalla kami. (HR. Ahmad 1/312, Ibnu Majah 3123)

Karena perintah yang tegas ini, maka kami simpulkan bahwa qurban bertambah utama dibandingkan akikah.

Jenis dan Besaran Hewan yang Disembelih

Perbedaan kurban dan akikah lebih jauh adalah adapun macam dan jumlah binatang nan disembelih. Jenis hewan yang disembelih saat kurban cak semau 3, yaitu: unta, sapi, dan kambing ataupun domba. Mengenai jumlahnya, satu ekor sapi ataupun unta boleh dijadikan kurban lakukan 7 orang. Namun kambing atau kambing kibas cuma boleh lakukan 1 orang. Namun kehendak dan pahalanya bisa diniatkan lakukan diberi kepada suatu keluarga.

كَانَ الرَّجُلُ يُضَحِّي بِالشَّاةِ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ

Puas masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam cak semau seseorang (laki) menyembelih seekor kambing seumpama qurban bakal dirinya dan keluarganya. (HR. Tirmidzi No. 1505)

Padahal pada akikah, spesies sato nan disembelih hanyalah kambing maupun domba doang. Jumlahnya pun berbeda karena disesuaikan dengan varietas kelamin jabang bayi yang dilahirkan. Jika yang lahir adalah laki-laki, maka disunnahkan menyembelih 2 ekor kambing atau domba. Sedangkan jika perempuan jumlahnya hanya 1 ekor kambing maupun kambing kibas. Sementara itu, kondisi hewan nan dikurbankan relatif sama, yaitu sehat dan tidak terbatas.

وَعَنِ اَلْبَرَاءِ بنِ عَازِبٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَامَ فِينَا رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ: – “أَرْبَعٌ لَا تَجُوزُ فِي اَلضَّحَايَا: اَلْعَوْرَاءُ اَلْبَيِّنُ عَوَرُهَا, وَالْمَرِيضَةُ اَلْبَيِّنُ مَرَضُهَا, وَالْعَرْجَاءُ اَلْبَيِّنُ ظَلْعُهَا  وَالْكَسِيرَةُ اَلَّتِي لَا تُنْقِي” – رَوَاهُ اَلْخَمْسَة ُ . وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ حِبَّان َ

Dari Al Bara’ kacang ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, ia bersuara, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan bersuara, “Terserah catur terbatas yang tidak dibolehkan puas hewan kurban: (1) buta jihat dan jelas sekali kebutaannya, (2) sakit dan tampak jelas sakitnya, (3) pincang dan tampak jelas pincangnya, (4) silam kurus sebatas-hingga tidak punya sumsum benak.” (HR. Abu Daud No. 2802)

Waktu dan Cara Melaksanakannya

Seperti dijelaskan di atas, menyembelih sato qurban hanya dilaksanakan lega tanggal 10 – 13 Dzulhijjah. Selain dari tanggal itu, tidak akan dianggap bak qurban. Ibadah ini dapat dilaksanakan setiap perian. Lakukan yang sudah melaksanakan qurban musim ini, beliau boleh melaksanakannya tahun depan.

perbedaan qurban dan akikah

Sedangkan Akikah dilaksanakan lega hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Ibadah aqiqah hanya dilaksanakan satu kali seumur hidup. Seandainya sudah dilaksanakan, maka tidak perlu melakukannya sekali lagi, kecuali orang lanjut usia itu melahirkan anak kembali. Dalil akan halnya akikah dilaksanakan pada hari ketujuh adalah dari hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, bahwa ia bersabda,

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

Setiap momongan tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya sreg waktu ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama. (HR. Bubuk Daud No. 2838)

Mengenai pendirian melaksanakanya, hewan qurban disembelih mulai hari dhuha sampai selesai. Sedangkan, dabat untuk aqiqah boleh disembelih pron bila saja. Kemudian lakukan daging yang diberikan, saat qurban daging yang diberikan dalam lembaga mentah. Sementara itu saat akikah, lazimnya daging yang dibagikan telah dalam keadaan masak atau matang.

Perbedaan Kurban dan Akikah

Berikut ini kami rangkum apa saja perbedaan kurban dan akikah menurut syari’at.

  1. Pengertian.
    Qurban artinya dekat. Sedangkan Akikah artinya memotong.
  2. Pamrih.
    Qurban tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Akikah tujuannya cak bagi bersyukur sehabis kelahiran anaknya
  3. Hukum.
    Hukum kurban ialah sunnah muakkad (ditekankan). Hukum akikah ialah sunnah jika berbenda
  4. Jenis Hewan nan Disembelih.
    Jenis binatang untuk kurban adalah: unta, sapi, dan embek alias domba. Diversifikasi sato untuk akikah hanya embek atau domba
  5. Besaran Dabat yang Disembelih.
    Bakal kurban yakni 1 ekor, sedangkan akikah 2 ekor untuk adam dan 1 ekor untuk amoi
  6. Waktu.
    Qurban cuma dilakukan setiap tanggal 10 – 13 Dzulhijjah. Kurban boleh dilaksanakan setiap tahun. Sedangkan akikah belaka layak dilaksanakan sekali seumur hidup
  7. Cara Melaksanakan.
    Hewan cak bagi qurban disembelih ketika dhuha. Kemudian untuk akikah, setelah daging diberikan kemudian anak dicukur rambutnya
  8. Pendirian Pembagian.
    Daging qurban dibagikan ke 3 golongan khalayak yang berwajib menerima daging kurban. Daging kurban dibagikan privat bentuk mentah. Darurat itu, daging akikah diberikan kepada tetangga dekat dalam keadaan masak (telah dimasak).

Source: https://islamkita.co/perbedaan-kurban-dan-akikah/

Posted by: gamadelic.com