Perang Uhud Terjadi Pada Bulan

Kompas TV

religi

berengku islami

Kisah Perang Uhud di Wulan Syawal, Berakhir dengan Kekalahan Umat dan Rumor Nabi Wafat


Rabu, 25 Mei 2022 | 12:39 WIB

kisah-perang-uhud-di-bulan-syawal-berakhir-dengan-kekalahan-umat-dan-rumor-nabi-wafat

Ilustrasi perang kerumahtanggaan Islam. Berikut ini lagi merupakan kejadian perang Uhud yang terjadi internal bulan Syawal (Sumber: Kompas.com )

Penulis :
Dedik Priyanto
| Editor :

Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV
– Wulan Syawal dalam sejarah Islam akan bosor makan dikenang sebagai salah satu bulan nan menyendatkan dada. Betapa tidak, di bulan ini terdapat sebuah perang di bukit Uhud nan menciptakan menjadikan Utusan tuhan Muhammad terluka parah, sampai-sampai dirumorkan wafat.

Sejarah menyadari, perang dahsyat ini disebut sebagai perang Uhud, merujuk pada argo Uhud. Jaraknya sekitar 4,5 KM semenjak Madinah.

Perang Uhud pecah pada 15 Syawal, merupakan tiga tahun sehabis hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah nan mengikutsertakan sebanyak 700 pasukan Mukminat berhadapan dengan selingkung 3.000 pasukan gabungan Quraisy.

Jalannya Perang Uhud

Dikisahkan oleh Martin Lings kerumahtanggaan
Mohammed
perang Uhud awalnya dimenangkan umat Selam. Rasulullah sendiri yang memimpin perang ini.

Pasukan umat Islam mendominasi jalannya pertentangan dan musuh tertekan. Legiun seri umat Islam berjejer rapi di puncak ancala dan cecar musuh dengan panah hingga kocar-kacir.

Ketika tertekan n partner lari, Ghinamah atau harta rampasan perang pula banya ditinggalkan di jabal itu. Ghanimah sendiri galibnya berbentuk perak atau emas.

Pasukan muslim mengira sudah memenangi, lantas pergi ke dolok-bukit yang ditinggalkan musuh. Padahal, instruksi berpunca Utusan tuhan jelas.

Pasukan umat Islam disuruh buat tetap tetap di ancala tersebut sampai datang instruksi berikutnya. Tapi, apa lacur, bisikan ghinimah tersebut begitu besar dan membentuk lalai.

Baca Kembali: Asal-usul Perang Badar, Perang Dahsyat Umat Selam di Bulan Ramadan

Kalah di Perang Uhud, Cak bimbingan Disiplin Kepada Nabi

Khalid bin Walid, momen itu masih di angkatan Quraisy sebelum ikut Islam dan jadi salah satu pahlawan paling terkenal dalam sejarah Islam. Engkau melihat ada terali, pos pemanah ditinggalkan oleh pasukan muslim.

Ia pun merangsek dengan pasukannya yang licah untuk mengendalikan Uhud hingga bakal umat Selam yang awalnya menang berubah jadi kocar-kacir.

Dari sinilah, rumor wafatnya Nabi menyebar dengan cepat.

“Rasululllah mutakadim pergi, anda kena panah,” ujar berita hari itu. Isu itu berhembus dan dikisahkan, banyak orang

Faktanya, Rasulullah tidak wafat, tapi Rasulullah terluka parah dan mendapatkan pelajaran terdepan, yakni nyata ketaatan dan strategi perang.

Kejadian ini tersurat alam QS.  Ali Imran: 121.

Firman Allah SWT: “…
Dan (ingatlah), detik kamu (Muhammad) berangkat pada pagi hari meninggalkan keluargamu untuk mengatur bani adam-orang beriman pada pos-pos perdurhakaan. Allah Maha Mendengar, Maha Mencerna. Puas ayat ini Allah mengingatkan Umat Islam akan kisah Perang Uhud.”

Perang Uhud adalah salah satu perang yang disebut-tutur dalam Al-Qur’an andai pelecok tentamen ketaatan umat kepada Utusan tuhan Muhammad.

Sumber :
Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK Kamu

Powered by

Video Saringan

BERITA LAINNYA

Source: https://www.kompas.tv/article/292404/kisah-perang-uhud-di-bulan-syawal-berakhir-dengan-kekalahan-umat-dan-rumor-nabi-wafat

Posted by: gamadelic.com