DokterSehat.Com- Penyakit kelamin adalah keberagaman penyakit nan disebabkan oleh penyebaran patogen melampaui relasi seksualitas maupun jarum suntik yang mutakadim terkontaminasi penyakit tersebut. Jika mendengar penyakit kelamin maka akan timbul hal-hal yang macam-macam dalam pikiran kita. Sudah lalu bukan rahasia awam juga jika sebagian besar penyakit kelamin sangat berbahaya dan sukar disembuhkan. Selengkapnya simak neko-neko ki aib kelamin berikut.

10 Jenis Penyakit Kelamin Pria dan Wanita (No. 9 Paling Berbahaya)

Aneh-aneh Ki kesulitan Kelamin

Penyakit kelamin lanang ataupun perempuan menumpu ditularkan melangkahi hubungan syahwat bebas tanpa pengaman dan pola hidup yang tidak sehat seperti malas merawat diri. Berikut ini adalah berbagai jenis penyakit kelamin pria dan wanita yang paling kecil umum diderita:

1. Gonorrhea

Jenis masalah kelamin ini disebabkan makanya bakteri
neisseria gonorrhea, biasanya dikenal dengan sebutan berkemih nanah. Infeksi dimulai sejumlah hari sampai beberapa minggu setelah koneksi rapat persaudaraan dengan cucu adam nan terjangkit penyakit kelamin ini. Gejala spesial pada ki aib ini adalah keluarnya cairan berwarna kudus ataupun kuning kehijauan sebagaimana nanah lega ujung penis dan vagina.

Ketika campakkan air kecil dapat terasa sakit, namun gejala penyakit kelamin ini terkadang tidak boleh dirasakan. Sedangkan gejala-gejala gonorrhea pada wanita lazimnya lalu ringan atau bukan terasa sama sekali, cuma kalau tidak diobati penyakit kelamin ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan.

2. Chlamydia

Yakni penyakit menjangkit genital yang disebabkan maka itu bakteri
Chlamydia trachomatis. Penyakit ini biasanya mengenai wanita dan pria berumur muda yang aktif secara seksual.

Gejala yang boleh dialami berupa nyeri atau rasa gosong momen lempar air mungil, remai saat berbimbing genital, keluarnya enceran berwarna putih dari kelamin dan jarang hamil. Hanya, seringkali penderita yang terkena tidak mengalami gejala yang spesifik sehingga pengobatan biasanya tidak dimulai sejak dini.

3. Herpes genitalis

Penyakit kelamin ini disebabkan maka itu Herpes Simplex Viruses(HSV), gejala herpes kelamin keluih antara 3 sampai 10 waktu setelah berhubungan hampir dengan penderita penyakit kelamin ini.

Timbulnya lepuh ampuh cairan nan berkelompok disertai dengan ruam kemerahan pada daerah kelamin. Penjamin umumnya mengalami nyeri, sakit perut, terasa terbakar, disertai dengan bengkaknya kelenjar beras ketan bening pada selangkangan, dalam 5 sampai 10 waktu gejala akan hilang.

Herpes bersitegang dalam tubuh dan dapat timbul lagi suatu saat. Wanita kerap kali lain sadar bahwa ia menderita herpes karena lecet terjadi di dalam vagina.

4. Infeksi baja kelamin

Penyebab infeksi jamur yg paling sering mencela kelamin yakni jamur jenis Candida albicans ataupun disebut juga Candidiasis, nan menyebabkan rasa gatal dan bercat merah di bawah kulit kalamin pria yang tidak disunat. Pada wanita, akan keluar cairan ikhlas kental seperti mana keju nan menyebabkan rasa mengerinyau. Infeksi jamur ini boleh disembuhkan dengan obat bertentangan pupuk topikal (oles) ataupun verbal (minum).

5. Sifilis

Penyakit ini disebabkan maka itu kuman
treponema pallidum. Penyakit kelamin sakit sabun muncul antara 3 pekan sebatas 3 wulan setelah berhubungan dekat dengan penjamin kebobrokan kelamin ini.

Keburukan sifilis mempunyai 4 stadium:

  • Pada stadium primer (pertama). Gejala klinis berupa adanya lesi tukak seperti guam dengan perabaan keras yang tidak lindu sreg wilayah kelamin. Lesi ini umumnya sembuh dengan sendirinya sonder pengobatan, namun bakteri tersebut sepatutnya ada tidak hilang, melainkan kebobrokan akan berlangsung ke stadium kedua.
  • Sreg stadium kedua. Muncul bercak kemerahan seluruh awak, lazimnya tidak disertai dengan rasa gasang dan adanya bercak kecokelatan pada kedua telapak tangan. Lesi ini juga akan sembuh koteng tetapi apabila tidak diobati, penyakit akan berlanjut, makin parah dan masuk ke n domestik stadium yang lebih parah.
  • Tahap laten kencing nanah ialah ketika tidak cak semau tanda-nama maupun gejala sifilis nan tampak. Jika tidak segera diobati, penderita sifilis bisa terus memiliki gonore di tubuh selama bertahun-tahun minus-tanda atau gejala.
  • Tahap Tersier. Biasanya penderita raja singa nan tidak diobati tidak mengalami raja singa tersier. Sekadar, ketika terjadi, itu dapat memengaruhi banyak sistem organ yang berlainan. Ini terjadwal jantung dan tenggorokan pembawaan, dan dedengkot & sistem saraf. Sifilis tersier sangat serius dan akan terjadi 10-30 waktu sehabis infeksi dimulai. Pada sifilis tersier, masalah ini subversif organ internal dan boleh menyebabkan mortalitas.

6. Punuk kelamin

Kutil disebabkan maka dari ituHuman papillomavirus
(HPV), unjuk berupa satu ataupun banyak bkutil atau benjolan antara sebulan setakat setahun setelah berhubungan dekat dengan penderita problem kelamin tersebut.

Pada galibnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di intern vagina, atau pada adam karena terlalu kecil.

Gejalanya aktual benjolan yang muncul seperti kembang kol maupun jengger ayam aduan pada penis atau anus. Kutil kelamin ini Dapat diuji dengan lapisan cuka. Keberagaman ki kesulitan kelamin ini boleh berbuntut serius pada wanita karena bisa menyebabkan tumor ganas serviks. Kabar baiknya, tonjol pada kelamin ini dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear sekejap-sekejap berganti pasangan intim.

7. Kutu kelamin

Kutu kelamin ini disebabkan Pedikulosis pubis. Ukuran kutu kelamin sangat kecil (makin mungil alias sama dengan 1/8 inch), berwana kelabu kecokelatan, menetap pada surai kemaluan. Kondisi ini dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin.

8. Tungau

Mirip dengan kutu kelamin, doang ukurannya lebih kecil dan bersemayam di bawah kulit. Keburukan kelamin ini disebabkan tuma
sarcoptes scabies, nan menyebabkan jejas-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh.

Biasanya sinse akan memberikan krim atau lotion yang mengandung Permethrin atau Sulfur yang harus digunakan seminggu sekali.

Sementara itu, pakaian, seprei dan handuk harus dicuci setelah terapi, karena kutu dapat menetap pada cemping-kejai terebut.

9. HIV/AIDS

Penyakit kelamin akibat hubungan intim nan paling serius, menyebabkan tak bekerjanya sistim kekebalan jasad.

Ini merupakan penyakit menjalar seksual yang minimum berbahaya karena menyebabkan kebinasaan pada kekebalan tubuh, sehingga raga rentan terhadap segala tipe keburukan. Tak terserah gejala nan aktual tanpa studi pembawaan. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian sesudah sepuluh tahun meradang virus HIV.

HIV/IDS ditularkan melampaui aliansi dempang dan pemakaian jarum menyemprot secara bersamaan.

10. Trichomoniasis

Trichomoniasis yaitu penyakit menulas genital (PMS) publik yang dapat memengaruhi lanang maupun wanita. Namun, wanita lebih cenderung mengalami gejala. Infeksi ini disebabkan maka itu benalu protozoa bersel istimewa, Trichomonas vaginalis.

Buat wanita, vagina adalah tempat infeksi yang paling umum, sedangkan pada pria terjadi lega saluran kemih. Penularan dapat terjadi baik melintasi asosiasi seksual maupun kontak vulva-ke-vulva.

Sementara wanita dapat terinfeksi berpokok pasangan seksual pria maupun wanita, adam akrab selalu terinfeksi dari bersambung seks dengan wanita.

Gejala-gejala trikomoniasis menutupi:

  • Bau tak sedap
  • Jirian berwarna asfar kehijauan
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan sejauh wasilah seksual
  • Nyeri momen lempar air kecil

Sendiri wanita dengan trikomoniasis lebih kali terkena HIV pasca- kejangkitan virus. Seorang wanita dengan trikomoniasis dan HIV kembali lebih siapa menularkan virus HIV ke pasangan seksual lainnya.

Itulah jenis-varietas penyakit kelamin nan berguna bikin Anda ketahui. Bila mengalami gejala nan disebutkan di atas, taajul periksakan ke dokter ya, Teman Cegak!

_

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia.

DokterSehat
|
© 2022 PT Alat angkut Kesehatan Indonesia. Oktroi Dilindungi