Pengertian Ilmiah Menurut Para Ahli




Menurut Munawar Syamsudin (1994), tulisan ilmiah adalah naskah nan mengomongkan suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penguraian tertentu secara utuh, teratur dan patuh.

Menurut Yamilah dan Samsoerizal (1994 : 90)
memaparkan bahwa ulah karya ilmiah terdiri atasbeberapa keberagaman berdasarkan fungsinya. Menurut pengelompokan itu , dikenal kelakuan karya ilmiahseperti ; referat, skripsi, tesis, dan disertasi.

Menurut sikumbang (1981), sekurang-kurangnya ada enam kebaikan nan diperoleh dari kegiatan tersebut.
1. Penulis boleh terdidik mengembangkan kecekatan membaca yang efektif karena sebelum menulis karya ilmiah, ia mesti membaca habis kepustakaan nan ada relevansinya dengan topik yang hendak dibahas.
2. Penyadur dapat terlatih menggabungkan hasil referensi berbunga bermacam-macam sumber, mengambil sarinya, dan
mengembangkannya ke tingkat pemikiran yang bertambah menguning.
3. Penulis dapat bertahuan dengan kegiatan perpustakaan sebagaimana mengejar bahan bacaan dalam katalog pengarang atau katalog judul buku.
4. Perekam dapat meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasi dan melayani data dan fakta secara jelas dan sistematis.
5. Panitera dapat memperoleh kepuasan cendekiawan.
6. Carik ikut memperluas cakrawala ilmu pengetahuan masyarakat.

Menurut Eko Susilo, M. (1995:11)
Suatu garitan maupun tulisan yang diperoleh sesuai dengan adat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, eksplorasi dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/ keilmiahannya.

Dalam anak kunci yang di tulis
Drs.Totok Djuroto
dan
Dr. Bambang Supriyadi
disebutkan bahwa karya ilmiah merupakan serangkaian kegiatan penulisan beralaskan hasil studi, yang sistematis berpegang puas metode ilmiah, untuk mendapatkan jawaban secara ilmiah terhadap permasalahan yang muncul sebelumnya.


Brotowidjoyo (1985: 8-9)
mengatakan bahwa “karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis
menurut metodologi penulisan yang baik dan benar”.


Wahyu (2001: 61)
mengatakan bahwa “suatu coretan bisa dikatakan ilmiah seandainya ia mengungkapkan suatu persoalan dengan metode ilmiah”.






Maryadi intern Harun, dkk (2001: 14)
mendefinisikan karya ilmiah yaitu “suatu karya yang memuat dan mengkaji suatu permasalahan tertentu dengan menggunakan prinsip-kaidah keilmuan”



(Dwiloka dan Riana, 2005:1-2)

Karya ilmiah ataupun tulisan ilmiah adalah karya seorang ilmuwan( yang berwujud hasil pengembangan) yang ingin mengembangkan ilmu informasi, teknologi, dan seni yang diperolehnya melangkahi kepustakaan,kumpulan pengalaman, investigasi, dan pengetahuan oranglain sebelumnya.

Pelecok satu bawah penggolongan karangan disebut makanya jones(1960), yang membagi garitan ilmiah dan catatan non-ilmiah, berdasarkan fakta yang disajikan kerumahtanggaan karangan itu, yaitu fakta umum dan fakta pribadi.(
H
aryanto dkk,


2000:7)


Pengelompokan dapat pula dilakukan berdasarkan metodologi penulisanya, menjadi garitan ilmiah dan karangan tidak ilmiah. Bila karangan menyajikan fakta umum maupun pribadi, hanya disajikan lain dengan metoda yang baik dan benar maka disebut karangan nan tidak ilmiah


(Haryanto dkk,


2000:7)

Karakteristik Karya Tulis Ilmiah Menurut pandai

  1. Tatang (2006:1) sifat-sifat karya tulis yang membedakannya dengan karya non-ilmiah yaitu:
  • karangan atau tulisan,
  • dalam permukaan aji-aji tertentu,
  • beralaskan fakta-fakta obyektif dan atau hasil penalaran
  • berupa hasil penelitian, kajian literatur, dan atau pemikiran,
  • yang disusun secara sistematis,
  • intern perbuatan gubahan ilmiah atau ilmiah terkenal,
  • disajikan dengan bahasa yang baik dan benar.

Source: http://edrianosmoy.blogspot.com/2014/09/definisi-karya-tulis-ilmiah-menurut-ahli.html

Posted by: gamadelic.com