Pendiri Kerajaan Mataram Islam Adalah

Sobat Zenius, ada orang Yogyakarta di sini? Atau elo pernah ke Yogyakarta? Gue kepingin coba tanya secara umum nih. Kalau elo tangkap suara daerah tingkat Yogyakarta dan disuruh tutur satu label terkenalnya, kira-tebak cak bagi ujar kali?

Yap! Mungkin kebanyakannya sih bakal ucap Sri Raja Hamengkubuwono, ya? Terlebih, Puri Yogyakarta yang jadi istana resminya Sultanat Yogyakarta aja sekarang sering dikunjungi sama wisatawan pecah dalam dan luar negeri.

Duh, ngobrolin Keraton Yogyakarta jadi pengen kesana deh lihat-lihat nilai separas aset sejarahnya.

Eh, hingga lupa …. Gue di sini kepingin bahas mengenai Kekaisaran Mataram Islam nan nanti ada hubungannya setolok Yogyakarta. Yuk, langsung aja kita terjun!


Sejarah Kerajaan Mataram Islam

Bendera Kesultanan Mataram
Umbul-umbul Kesultanan Mataram Islam (Dok. Wikimedia Commons oleh Prawiroatmodjo)

Sebelum bahas lebih jauh, gue mau kasih tau memori Kekaisaran Mataram Islam lalu secara awam. Dimulai dari benderanya yang udah terkenal banget.

Umbul-umbul di atas kembali n kepunyaan artinya sendiri, lho. Nah, di bendera itu ada bagan wulan cerut sama keris. Menurut elo, artinya apa? Sederhananya nih ya, itu tuh melambangkan perpaduan budaya nan ada di tanah Jawa dan Islam.

Takdirnya warna abang yang dipakai sebagai latar benderanya, elo udah adv pernah kan apa arti corak sirah? Yap! Kewiraan. Bagus banget kan, kemustajaban benderanya?

Kerajaan Mataram Islam atau nan biasa dikenal juga dengan Kesultanan Mataram Islam ini kabur berusul perian 1586 sampai 1755, lho! Wow! Elo udah lahir belum? Pastinya belum lah, ya. Kita mah “anak mentah
brojol” nih ibaratnya kalau dibandingin setinggi tahun berdirinya kerajaan ini.

Siapa sih pendirinya? Padalah, elo mungkin udah nggak terlalu asing sama salah satu nama yang suka disebut di pelajaran Sejarah. Bintang sartan, Kerajaan Mataram Islam didirikan maka dari itu Sutawijaya atau Panembahan Senopati. Nih, elo bisa lihat fotonya di bawah ini.

Sutawijaya, pendiri Kerajaan Mataram Islam (Dok. Wikimedia Commons)
Sutawijaya, pembangun Kerajaan Mataram Islam (Landasan. Wikimedia Commons)

Terus, lokasinya dimana
sih? Kerajaan Mataram Selam centung cak semau sejauh 169 tahun ya. Nah, selama itu tuh lokasinya bermigrasi-mengimbit tiba dari Kotagede, Karta, Plered, sampai ke Kartasura. Masih di sekitaran kawasan Jawa Tengah aja kok.

Baca Juga:
Alur Kerajaan Samudera Pasai dan Masa Kejayaan – Materi Sejarah Kelas 10

Kalau elo cak hendak penjelasan makin jelas adapun atlas wilayahnya, bisa banget nih ditonton pelecok suatu video penjelasan dari tutornya Zenius nan keren. Tinggal klik aja buram di dasar ya.

belajar materi pelajaran sejarah di zenius


Alur Kekaisaran Mataram Islam

Silsilah Kerajaan Mataram Islam
Alur Kerajaan Mataram Selam (Arsip Zenius)

Gambar di atas itu alur singkat dari Kerajaan Mataram Islam yang perlu elo ketahui. Biar lebih jelas, gue coba jabarkan sedikit ya di sini.

Jadi, Ki Ageng Pemanahan ini mempunyai anak adalah Sutawijaya yang memimpin imperium. Lampau, Sutawijaya menikah dengan Raja Hadi. Berpokok pernikahannya tersebut, mereka punya anak bernama Panembahan Hanyakrawati.

Terus, Panembahan Hanyakrawati punya anak lagi nih namanya Raden Mas Rangsang atau lebih dikenal dengan nama Ratu Agung Hanyokrokusumo. Hasilnya, sira menikah sejajar Putri Cirebon dan memiliki momongan bernama Amangkurat I.

Bermula situ, silsilahnya masih lanjut terus nih mengaras Amangkurat IV nan mempunyai beberapa anak. Dua di antaranya bernama Sultan Hamengkubuwono I dan Pakubuwono II.

Ayo … elo merasa nggak asing sama namanya? Yap! Soalnya, Yang dipertuan Hamengkubuwono I ini makara Sultan Yogyakarta. Sedangkan Pakubuwono II ini termaktub ke Kerajaan Surakarta.

Padalah, gimana? Nggak sesak susah buat dihafal, kan? Biar elo makin gampang nih hafalannya, gue saranin coba deh elo buat silsilahnya sendiri ditulis tangan ke buku.

Biasanya nih, seandainya elo “menulis kembali” informasi yang udah didapat, bakal lebih cepat turut ke otak pula. Atma, ya!

Ngomong-ngomong alur, ini jadi salah satu bahasan yang seru deh. Ibaratnya nih, kita bisa tahu urutan dari cikal bakal ke cucu di era sejarah. Penasaran setolok galur kerajaan tak? Boleh di cek Silsilah dan Hari Kejayaan Kerajaan Demak – Materi Sejarah Kelas 10 ini ya.

Kalau gue dapat deskripsiin satu kata aja mengenai kehidupan di masa Kerajaan Mataram Islam bermula
arah kemasyarakatan, kelihatannya gue bakal bilang sekiranya toleransi tuh cak semau banget. Kenapa?

Soalnya, dahulu tuh supremsi petunjuk agama Hindu-Buddha ke Imperium Mataram Islam emang tampak. Contohnya, corak-corak bangunannya aja terlampau mirip sama candi, dan ada beberapa warisan yang memadukan atom agama lain pun di pembahasan fragmen warisan jemah.

Kalau dari
sisi kebijakan, kerajaan ini dipimpin selaras sendiri prabu. Tapi setelah kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusumo, ki kesulitan internal kerajaan nggak belaka diurus setimpal “turunan kerumahtanggaan” aja. Tapi, ada keikutsertaan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) dari Belanda yang mau turun tangan juga sama masalah dalam kerajaan.

Kehidupannya gimana? Nah, berusul
sisi ekonomi, habis tuh beras selalu melimpah makanya kalau ditanya indra penglihatan pencaharian utamanya sangat apa? Yap! Jawabannya ialah peladang.

Sampai sini kebayang, ya? Kayaknya kehidupannya baik-baik aja nih dari gambaran yang gue kasih, tapi cak kenapa boleh jadi terban kerajaannya?

Kerajaan Mataram Islam udah menginjak melemah sejak Sultan Agung gagal merebut Batavia atau Jakarta dari VOC. Terus, si anaknya Sultan Agung nan bernama Amangkurat I juga memihak ke VOC. Jadi, mulai dari tasik rakyat pas khawatir deh karenanya.

Hasilnya, terjadi pemberontakan yang dimenangkan VOC dengan keputusan membagi provinsi Mataram, serta mengakhiri Mataram Islam di Jawa.

Baca Kembali:
Silsilah dan Pusaka Imperium Kutai – Materi Sejarah Kelas 10


Perigi Sejarah Kerajaan Mataram Selam

Udah jelas sejauh ini? Materi gue untuk waktu ini udah hampir mau selesai, nih. Tapi sebelum gue tutup, gue mau kasih tau kalau sepanjang 169 musim berdirinya, sampai sekarang masih ada sumber ki kenangan Kerajaan Mataram Islam atau peninggalannya, lho.

Mari… agak-asa, elo udah bisa nebak belum segala peninggalannya?

  1. Surau Kotagede
Masjid Kotagede
Masjid Gedhe Mataram Kotagede (Dok. Wikimedia Commons oleh Fandy Aprianto Rohman)

Buat elo yang tinggal di Yogyakarta, pertalian dengar nama Surau Gedhe Mataram Kotagede yang terserah di Bantul? Padalah, itu tuh salah suatu sumber sejarahnya. Oleh, surau ini dikenal dengan musala tertua di Yogyakarta.

  1. Buku Sastra Gendhing

Peninggalan lainnya nan “barangkali” masih bisa elo temui sekarang yaitu Taktik Serat Sastra Gendhing yang dibuat maka dari itu Sultan Agung sendiri.

  1. Kalender Jawa

Hah? Penanggalan Jawa? Yap! Kalender Jawa ini jadi sumber sejarah Kerajaan Mataram Selam pun, tahu. Bahkan, nama lainnya aja nih dikenal sebagai Almanak Sultan Agung.

Oh iya, gue lagi mempunyai
fun fact

yang perlu elo ketahui. Sampai sekarang, beberapa daerah di Jawa yang perikatan menjadi tanah Kerajaan Mataram Islam masih pakai kalender jawa.

Dan uniknya nih, dahulu penanggalan ini dibuat dengan perpaduan antara budaya agama Hindu dan Islam didalamnya. Waduh, ini sih definisi farik-cedera doang kukuh satu banget nggak, sih? Keren!

Baca Pula:
Hidup Imperium Aceh dan Silsilahnya – Materi Rekaman Kelas 10

  1. Pertapaan Kembang Lampir

Terimalah, takdirnya Kembang Lampir ini lokasinya suka-suka di Gunungkidul, Yogyakarta. Dulunya, bekas ini dikenal seumpama gua di mana Ki Ageng Pemanahan (ayah Sutawijaya) mendapatkan petunjuk.

Tempatnya masih cak semau sampai sekarang, jika elo mau berkunjung, seharusnya ikuti beberapa kebiasaan yang ada ya. Oh iya, cak semau tukang kuncinya juga lho di sana. Kaprikornus, elo bisa nanya-nanya nih kalau kasmaran.

  1. Kober Raja-Raja Mataram

Sumber ki kenangan Kekaisaran Mataram Selam yang nggak kalah naik daun yaitu makam raja-paduka tuan Mataram itu sendiri yang lokasinya terserah di Yogyakarta.

Di sini, elo dapat ngeliat makamnya Sutawijaya sebagai pendiri kerajaan dan juga ayahnya yang bernama Capuk Ageng Pemanahan. Eits, nggak sahaja pemrakarsa di Kerajaan Mataram Islam aja. Elo bahkan bisa ketemu nih sama makamnya Joko Tingkir dan Sri Sultan Hamengkubuwono II.

Selain Kerajaan Mataram Islam, elo juga boleh cari sempat tentang Silsilah dan Berdirinya Kerajaan Gowa Tallo – Materi Sejarah Kelas 10 yang demen muncul nih di eksamen.


Contoh Tanya dan Pembahasannya

Seru, ketel materinya? Ternyata nih, galur Kerajaan Mataram Islam itu bersambung banget sama paduka tuan-sri paduka di Yogyakarta. Terus peninggalannya juga masih ada sebatas saat ini.

Menarik banget nggak sih, menurut elo? Ambillah, sebelum elo sparing lagi, coba nih jawab beberapa teladan soal dari gue biar mempertajam daya ingat elo selama belajar.

Paradigma Soal 1

Sutawijaya adalah… dari Sultan Agung Hanyokrokusumo.

a. Paman

b. Poyang

c. Ayah

d. Buyut

Jawaban:

Sultan Agung adalah putra dari Raden Mas Jolang alias Panembahan Hanyakrawati. Raden Mas Jolang merupakan anak berpokok Sutawijaya alias Panembahan Senopati. Hal ini membentuk Sutawijaya menjadi cikal bakal dari Sunan Agung Hanyokrokusumo. Makara, jawabannya yaitu
b.

Contoh Soal 2

Kalender Sinuhun Agung merupakan Kalender yang memadukan almanak agama…

a. Islam dan Hindu

b. Hindu dan Kristen

c. Islam dan Serani

d. Hindu dan Buddha

Kalender Jawa merupakan Kalender hasil asimilasi dari Penanggalan Selam dan Hindu. Almanak ini diciptakan pada masa pemerintahan Baginda Agung (1613-1645), maka dari itu karena itu pula seringkali disebut umpama Kalender Paduka Agung. Jadi, jawabannya adalah
a.

Ayo… bener semua nggak nih, jawaban elo bersumber kamil soal yang gue anugerah? Gapapa cak kenapa, kalo salah. Yang terdepan, elo responsif sama materi di atas ini.

Selain Imperium Mataram Selam, imperium apa lagi sih yang sering disebut di tentamen? Yap! Kerajaan Majapahit jadi pelecok satunya. Cak agar elo makin siap buat ujian, bisa banget dibaca artikel Zenius adapun Memfaalkan Rekaman Kekaisaran Majapahit – Materi Album Kelas bawah 10.

Oh iya, Zenius mempunyai riuk suatu konten mengganjur yang elo dapat tonton nih, tentang album budaya dan adat istiadat di Indonesia. Dijelasin sama tutornya yang kece, elo boleh menambah wawasan sangat video ini. Gas aja marilah, tonton waktu ini!

Source: https://www.zenius.net/blog/kerajaan-mataram-islam

Posted by: gamadelic.com