Pembuatan Patung Dari Bahan Lunak Menggunakan Teknik

Salah satu karya seni yang minimal estetik adalah patung, berikut ini ialah beberapa teknik pembuatan patung sebagai embaran asal bagi Sedulur. Agar lebih mengarifi karya seni dan dapat menikmatinya lebih baik lagi. Arca merupakan karya matra karena matra lebar, panjang dan tangga. Sehingga bisa dinikmati dari segala sisi.

Seni patung seorang dapat digunakan dari bahan lunak, seperti tanah liat, bubur kertas dan adonan tapioka. Bisa pula menggunakan sabun colek balok dan parafin mainan. Terdapat beberapa teknik pembuatan patung nan lazim digunakan oleh para seniman. Seperti apa semata-mata informasinya? Yuk, simak ulasannya di sini.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Botol Bekas, Jadi Peluang Usaha & Bisa Cuan!

Segala itu Seni Reca?

teknik pembuatan patung
grid.id

Sebelum mengomongkan teknik pembuatan reca, kian baik kita bahas lebih-lebih dahulu apa itu seni patung. Seni patung merupakan karya seni trimatra yang dapat diraba dengan tangan keberadaannya. Darurat itu, berdasarkan KBBI, seni patung merupakan tiruan berusul rencana orang, hewan, yang dibuat dengan tatahan.

Puas dasarnya, seni patung merupakan seni tiga format yang bisa diraba oleh tangan dan disaksikan langsung oleh alat penglihatan. Dengan bentuk tiga dimensi yang dapat diukur hierarki, lebar dan tingginya.

Bentuk-bentuk Seni Patung

studentterpelajar

Sementara itu, teknik pembuatan patung seorang dapat dipisahkan berdasarkan bentuknya. Rancangan-rancangan dari seni patung itu sendiri yakni:

  • Naturalis: Bentuk yang merupakan peniruan berpangkal duaja, di mana wujud gambarannya hampir menyerupai apa yang ditirunya.
  • Figuratif: Bagan reca yang ialah intisari dari alam, ada yang disederhanakan (deformasi) dan diperumit (stylir).
  • Abstraksi: Terdiri dari tanwujud murni, geometris, non geometris, lengkap simbolis, dan konseptual filosofis.

Aliran Seni Patung

puntalan

Setiap karya seni memiliki bilang aliran, semacam itu pula dengan seni patung. Peristiwa ini pun akan mempengaruhi bentuk dari teknik pembuatan patung itu sendiri. Berikut ini adalah revolusi seni patung itu sendiri, adalah:

  • Simbolisme: Tulangtulangan patung yang bermanfaat perlambangan.
  • Robot Art: Bentuk patung nan divisualisasikan secara preskriptif dan statis.
  • Kontruktivisme: Gambaran patung dengan bentuk geometris.
  • Mobile Sculpture Art: Reca yang bisa digerakkan atau bergerak.

Lantas apa saja teknik pembuatan patung? Berikut ini akan di jelaskan empat teknik pembuatan patung dengan beberapa teknik lainnya. Silakan langsung kita simak!

1. Teknik Tatah

tirto.id

Teknik tertua dalam pembuatan arca yang kita kenal yakni teknik pahat. Selain menggunakan korban dasar kayu, teknik ini sekali lagi biasa menggunakan gangguan dan incaran berkanjang lainnya. Namun, teknik ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang sangat panjang. Karena teknik ini dahulu cukup bikin diaplikasikan.

Bukan selesai dengan mengukir, setelah pahatan selesai dan reca terbentuk, finasilasi adalah amplas kiranya patung bisa lebih lumat dan lembut cak bagi dinikmati. Teknik tatah merupakan teknik tertua dalam seni arca. Di Indonesia seorang teknik ini sudah dikenal sejak lama, bajak prasasti dan candi nan merupakan hasil pecah karya pahat refleks menjadi salah satu pusaka mayapada.

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

2. Teknik Cor

teknik pembuatan patung
wira

Teknik pembuatan patung dari bahan keras adalah teknik cor. Saat ini, teknik ini ialah yang paling kerap digunakan maka dari itu para seniman. Namun, sebelum membuat patung, kita sebagai seniman harus lebih-lebih sangat membuat cetakan. Entah itu membeli alias takhlik cetakan sendiri.

Namun agar patung kian orisinal, bertambah baik Sedulur membuat gemblengan seorang. Teknik ini digunakan dengan menggunakan mangsa cair nan akan membeku. Bisa menunggangi adonan tepung ubi kayu alias adonan semen. Penekanan pada teknik ini terletak pada proses gemblengan itu sendiri.

3. Teknik Cetak

wix

Teknik pembuatan patung dengan mencetak dapat menggunakan bahan lembut, sebenarnya teknik ini mirip dengan teknik cor, yang membutuhkan cetakan. Cuma biasanya pada teknik cetak, bahan lepa yang digunakan yakni incaran subtil yang lain sesak keras.

Selain itu, internal teknik cetak juga umumnya dilakukan bilang sentuhan terakhir seperti pahatan atau amplas. Teknik ini biasanya menghasilkan karya seni yang tak begitu unik, karena berbasis gemblengan yang umum dan bisa digunakan dengan banyak bakal keistimewaan nan lain ekslusif.

4. Teknik Modeling

teknik pembuatan patung
kompas

Korban dan teknik pembuatan patung modeling ini ialah sahih menunggangi tanah liat. . Teknik yang satu ini dilakukan dengan membuat arketipe apalagi tinggal sebelum patung khusyuk dibentuk. Lega teknik ini rata-rata ideal dituangkan dalam rencana. Dalam teknik modeling, mangsa nan digunakan kerumahtanggaan membuat reca berbeda berasal teknik cor dan teknik cetak, ialah dengan memperalat bahan elastis seperti belet alias plastisin.

Biasanya teknik ini dibuat untuk memenuhi karya-karya untuk kebutuhan interior rumah atau perkantoran. Banyak patung nan dijadikan seumpama interior, nan biasanya dihasilkan dari teknik modeling.

BACA JUGA: 15+ Ide Pencahanan Sambilan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

5. Teknik Membentuk

quizizz

Teknik pembuatan patung bersendikan jenisnya ini dibenakan dengan cara pembuatannya nan dibentuk, biasanya teknik ini membutuhkan objek seperti lahan liat. Internal melaksanakan teknik ini membutuhkan ketelitian dan ingatan yang lestari. Dibutuhkan kepekaan dan insting sebagai seniman nan jenjang.

Rata-rata, teknik ini menghasilkan hasil nan bagus dengan kualitas yang tahapan. Kualitas yang tinggi dihasilkan dari teknik dikarenakan ketelitian dan tingkat kesulitannya. Banyak penikmat seni dan kolektor patung yang mencari patung yang terbuat dari cara membuat. Karena detail yang jelas dan baik.

6. Teknik Butsir

grid.id

Teknik pembuatan patung dari bahan lunak adalah teknik butsir. Bahan lukan seperti tanah liat atau gips. Teknik nan satu ini dilakukan dengan menambahkan atau mengurangi bahan puas babak-fragmen bawah reca sehingga hasil arca terbentuk suntuk cantik. Selaras dengan teknik lainnya, teknik butsir juga perlu dilakukan dengan ketegaran dan ketelitian yang ekstra.

Selepas patung terbentuk, lazimnya patung akan dijemur di radiks mentari hingga benar-benar berpadu. Sehabis reca mengeras, Sedulur dapat melakukan finishing dengan mengambai-ambaikan pewarna ataupun pernis agar patung terlihat lebih rupawan lagi. Selain itu episode luarnya juga akan tahan lama dan dapat dinikmati dengan eksemplar

Itulah daftar teknik pembuatan beserta dengan keberagaman, bentuk dan aliran dari reca itu sendiri. Agar penjelasan ini dapat kondusif Sedulur untuk lebih mengarifi marcapada seni. Mudahmudahan saat menikmatinya Sedulur makin dapat memahaminya pula. Sepatutnya juga penjelasan di atas bisa memasrahkan inspirasi untuk Sedulur Super sekalian.

Source: https://superapp.id/blog/tips/teknik-pembuatan-patung/