Pembuahan Ganda Terdapat Pada Tanaman

KOMPAS.com
– Pokok kayu angiospermae dapat bereproduksi sesuai melalui pembuahan ganda. Apakah nan dimaksud dengan penyerbukan ganda puas tumbuhan angiospermae dan bagaimana prosesnya?

Buat mengarifi jawabannya, dimaklah penjelasan tentang penyerbukan ganda puas angiospermae di bawah ini!

Pengertian pembuahan ganda

Apa yang dimaksud dengan pembuahan ganda? Pembuahan ganda adalah pembuahan gametofit betina dengan dua spermatozoid pada tumbuhan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Dilansir berasal
Encyclopedia Britannica, pembuahan ganda terdiri berpokok pembuahan nirmala (peleburan sel telur dengan sel mani) dan pun peleburan lain yang menyerupai penyerbukan (peleburan penjara benih dengan inti kutub).

Baca juga: Gametogenesis pada Tanaman Biji Terbuka (Angiospermae)

Pembuahan ganda sreg angiospermae selain menghasilkan zigot, pun menghasilkan endosperma yang yaitu cadangan alat pencernaan kerjakan tumbuhan.

Apakah gymnospermae mengalami pembenihan ganda? Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) lain mengalami penyerbukan ganda dan hanya mengalami penyerbukan tuanggal (peleburan ovum dan sel mani.

Proses pembuahan ganda lega angispermae

Proses terjadinya penyerbukan ganda pada tumbuhan angiospermae
bio.libretexts.org
Proses terjadinya penyerbukan ganda pada pokok kayu angiospermae

Gametogenesis

Sebelum melakukan pembenihan, pokok kayu melangkaui proses gametogenesis atau pembentukan sel-tangsi gamet untuk reproduksi.

Organ betina akan menghasilkan makrospora substansial sengkeran telur dan inti kutub. Sedangkan, radas jantan akan menghasilkan mikrospora berupa tangsi sperma internal susuk tepung sari.

Baca juga: Proses Terjadinya Fertilisasi

Pembuahan

Proses pembuahan ganda pada angiospermae dimulai dengan berkembangnya serbuk sari (mikrospora) yang jatuh pada tangkai bakal buah. Mikrospora kemudian berkembang menjadi dua sel, yaitu bui torak polen dan sel generatif.

Dilansir dari
Lumen Learning, sel tabung polen kemudian akan berkembang menjadi torak polan berupa jalur masuk ke ovarium nan akan dilewati maka dari itu sel generatif.

Sel generatif yang melewati tabung polen kemudian akan berkecambah dan berubah menjadi dua terungku mani. Kedua sel seperma tersebut akan terus melanglang ke ovarium untuk menemui penjara telur. Proses inilah nan disebut sebagai pembuahan.

Pembuahan sejati

Salah satu bui jauhar nan masuk ke indung telur, kemudian akan membuahi sel telur. Peleburan antara ovum dan tangsi mani adalah pembuahan nirmala yang menghasilkan sel telur diploid (2n).

Peleburan ini disebut sebagai peleburan kalis karena zigot yang dihasilkan ialah hasil reproduksi yang akan berkembang menjadi pohon baru.

Baca juga: Perbedaan dan Persamaan Gymnospermae dan Angiospermae

Pembuahan kedua

Selain penyerbukan sejati, terjadi juga pembuahan lain yang membuat pembuahan angiospermae menjadi ganda. Dilansir berasal
Biology Libretexts, sel sperma tidak yang masuk ke ovariumm akan melebur bersama dengan dua inti kutub dan membuat rumah pasung triploid.

Sel triploid tersebut kemudian akan berkembang menjadi endosperm. Endosperm adalah cadangan makanan yang menyediakan nutrisi bagi zigot bikin berkecambah mewujudkan tumbuhan muda.

Dengan adanya pembuahan ganda pada angiospermae maka jaringan yang berkromosom 3n yakni endosperm.

Peristiwa tersebut karena endosperm adalah penggambungan satu terungku sperma (1n) melebur dengan inti kutub (inti kandung lembaga sekunder) yang punya kromosom 2n. Sehingga, hasilnya merupakan endosperma dengan kromosom triploid (3n).

Baca lagi: Proses Meiosis I dan Meiosis II

Abstrak tumbuhan penyerbukan ganda

Pokok kayu yang mengalami pembuahan ganda ialah semua pohon angiospermae. Contohnya yaitu pokok kayu apel, jeruk, ceri, gandum, beras, jagung, mawar, kentang, merica, tanaman herba, biji-bijian, dan juga sayuran.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari pecah Kompas.com. Silakan berintegrasi di Grup Dawai “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Dia harus install aplikasi Telegram terlebih sangat di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/16/154108769/pembuahan-ganda-pada-angiospermae?page=all