Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Di Indonesia

Pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Gedung Bertingkat. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Foto: Pemanfaatan pembangkit elektrik tenaga surya (PLTS) di Gedung Bertingkat. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia –
Indonesia punya potensi tenaga matahari yang suntuk besar, yakni mencecah 207,8 giga watt (GW). Sahaja pemanfaatannya baru 153,8 MW atau 0,07% berpangkal potensi yang ada.

Demi menyorong pendayagunaan tenaga surya, Indonesia kini punya dua proyek Pembangkit Elektrik Tenaga Surya (PLTS) skala lautan.

Chrisnawan Anditya, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian Energi dan Perigi Daya Mineral (ESDM), mengatakan keseleo satu titipan PLTS rasio segara tersebut adalah PLTS Terapung Reservoir Cirata dengan kapasitas 145 mega watt (MW).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kiriman PLTS Terapung 145 MW ini PLTS permulaan di Indonesia dan terbesar di ASEAN,” ucapnya internal temu ramah bersama CNBC Indonesia, Kamis (25/06/2021).

Selanjutnya merupakan PLTS Bali dengan kapasitas 2×50 MW. Ketika ini sedang disiapkan kontrak menggandar tenaga listrik (Power Purchase Agreement/ PPA) dan akan segera suka-suka kepastian pendanaan atau
financial close.

“Kedua, juga sudah tender PLTS Bali 2×50 MW yang sedang disiapkan PPA dan segera
financial close
dan konstruksi,” tuturnya.

Lebih jauh kamu mengatakan, saat ini Kementerian ESDM sedang intens dalam memfinalisasi draf Kerangka Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2022-2030. Nantinya di n domestik RUPTL akan dijabarkan proyek-proyek EBT apa saja dan rencana pengembangannya.

“Di internal RUPTL sudah diindikasikan proyek apa saja, penyemangat EBT yang akan ditawarkan dan dilakukan pembangunannya,” tuturnya.

Jikalau RUPTL sudah rampung, baru akan boleh dilihat antaran-titipan EBT apa selanjutnya yang bakal didorong tercatat eksploitasi PLTS ke depan. Berapa yang akan dibangun dan besarnya kapasitas.

“EBT segala saja teragendakan PLTS yang akan dibangun, kapasitas, apakah oleh PLN atau
Independent Power Producer
(IPP) akan jelas diinformasikan seandainya RUPTL 2022-2030 di-published,” ungkapnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Lebih jauh

Ada Investor Cak hendak Bangun PLTS dengan Harga Listrik 4 Sen Ringgit


(wia)


Source: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210625143833-4-255988/simak-ini-dia-2-proyek-plts-terbesar-ri