Pakaian Adat Kalimantan Barat Perempuan

Setiap wilayah atau wilayah punya pakaian resan ataupun pakaian tradisionalnya eksklusif, termasuk provinsi Kalimantan Barat. Pakaian resan dari Kawasan Kalimantan Barat sendiri memiliki ciri khas yang kental dengan budaya 2 kaki yang menghuni wilayah tersebut yaitu suku Dayak dan suku Melayu.

Seperti pakaian adat Indonesia lainnya, rok adat Kalimantan Barat menunggangi material berasal duaja, salah satunya yaitu kayu ampuro. Selain itu, penggunaan aksesoris sebagaimana surai burung enggang dan motif-motif khas Dayak juga menjadi ciri khasnya

Segala apa saja variasi busana adat yang berbunga bersumber Kalimantan Barat? Berikut adalah daftarnya.

Artikel Terkait: Elegan, Ini Makna Mendalam Pakaian Sifat Suku Dayak Kalimantan

6 Pakaian Adat Kalimantan Barat

1. King Baba

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Sumber: Tak Terlihat

N domestik bahasa Dayak, ‘king’ artinya ‘pakaian, temporer ‘baba’ artinya ‘lanang’. Baju adat adam buat suku tersebut disebut King Baba. King Baba terbuat mulai sejak gawang ampuro, pohon ceria Kalimantan nan diambil malah lampau seratnya dengan prinsip dipukul menggunakan pengetuk di intern air.

Kawul pohon tersebut kemudian dijemur di bawah sinar syamsu sampai lentur dan dilukis dengan rona tersendiri kaki Dayak, misalnya ceceh enggang.

Suku Dayak seorang menganggap burung enggang adalah hewan yang sakral dan adalah simbol penguasa bermula alam atas adalah Matahala dan Pahotara. King baba merupakan pakaian kepala tanpa lengan nan dihiasi manik-manik.

Salah satu aksesoris berpangkal king baba adalah ikat ketua yang terbuat dari bulu burung Enggang Gigi anjing dan senjata tradisional yang disebut dengan nama Mandau.

2. Rok Resan Kalimantan Barat, King Bibinge

Berikut 6 Jenis Pakaian Adat dari Provinsi Kalimantan Barat yang Indah Menawan

Perigi: Selasar

Baju adat lakukan suku bangsa laki-laki dan perempuan berbeda, terjadwal di Kalimantan Barat. Jikalau kaum pria menyarungkan king baba, maka pakaian adat upik Dayak diberi nama king bibinge.

Material dan warna dari king bibinge abnormal makin sama dengan king baba, doang ukurannya lebih panjang dan terlayang. Biasanya cewek Dayak mengenakan kain lakukan menutup bagian dada dan stagen, kemudian king bibinge dihias dengan bulu titit enggang dan manik-manik.

Untuk melengkapinya digunakan aksesoris kasatmata gelang dan kalung yang terbuat pecah sasaran-bahan alami, seperti tulang hewan dan akar pohon. Enggak hanya buat estetika, perhiasan maujud kalung ini juga dipercaya sebagai jimat maupun penangkal pasukan.

Gadis suku Dayak juga mengalungkan balut kepala khas suku Dayak nan berbentuk segitiga.

Artikel Terkait: Berpangkal Pulau Seribu Kali besar, Inilah 17 Jenis Perkakas Musik Tradisional Kalimantan

3. King Kabo

Berikut 6 Jenis Pakaian Adat dari Provinsi Kalimantan Barat yang Indah Menawan

Sendang: Imuijo

Pada dasarnya king kabo adalah modifikasi bermula king baba dengan material yang berbeda. Jika king baba terbuat bersumber selerang pohon ampuro ataupun kapur, king kabo terbuat bersumber kain individual Brunei Darusallam yang bernama Sungkit.

Seperti dilansir dari Celebes, King kabo dihias dengan cukilan tradisional nan dilukis di sepanjang bajunya dan dikenakan bersama hiasan kepala bersumber rambut burung

4. Pakaian Rasam Kalimantan Barat, Buang Kuureng

Berikut 6 Jenis Pakaian Adat dari Provinsi Kalimantan Barat yang Indah Menawan

Sendang: Yuksinau

Buang Kuureng adalah baju tradisional suku Jawi dan sering juga disebut rok lingkung. Sececah Campakkan Kuureng mirip dengan baju kurung khas Malaysia dan Brunei, namun yang membedakannya yaitu corak, desain, dan bahannya.

Ada beberapa tipe Campakkan Kuureng, yakni Kuurung Sapek Tangan nan berlengan pendek dan Kuurung Langke Tangan yang berlengan tataran.

Kata sandang Terkait: Kenalkan Perbuatan Budaya pada Anak asuh, Yuk, Kenalkan 36 Susuk Apartemen Adat di Indonesia

5. Teluk Belanga

Berikut 6 Jenis Pakaian Adat dari Provinsi Kalimantan Barat yang Indah Menawan

Sumber: Good Minds

Diperuntukkan eksklusif pria, Teluk Perendangan yakni pakaian tradisional kerjakan pria kaki Melayu nan kebanyakan digunakan pada acara formal. Teluk Periuk yakni pakaian internal nan terbuat bermula cemping satin dan memiliki warna kuning emas.

Anak baju ini dipakai bersama celana panjang atau kain songket khas Kalimantan Barat nan dililitkan lega babak pinggang hingga ke lutut, serta songkok berwarna hitam.

6. Indulu Manik

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Mata air: Tambah Pinter

Indulu Manik adalah busana tradisional Kalimantan Barat yang berasal berpokok suku Dayak dan umumnya digunakan privat formalitas adat atau pertunjukkan kesenian tradisional.

Mengutip berusul Good Minds, Baju tradisional ini dihiasi manik-manik yang memenuhi seluruh bagian pakaiannya, dan lain menggunakan rawak manik-manik yaitu cuma manik-manik dari Pulau Sarawak di Kalimantan Timur.

***
Rok adat Kalimantan Barat tak hanya luhur doang juga kaya akan filosofi dan makna. Meski tak lagi digunakan dalam nasib sehari-hari, jenis-jenis baju tradisional ini masih dikenakan ketika menyelenggarakan formalitas rasam ataupun acara signifikan seperti pernikahan.

Baca Juga:

11 Makanan Khas Kalimantan Bercita Rasa Gurih dan Manis nan Wajib Dicoba

Kaya Budaya! 123 Jenis Tarian Tradisional pecah Berbagai Daerah di Indonesia

Pesona 5 Pulau Terbesar di Indonesia Beserta Destinasi Wisatanya

Parenting bikin pusing? Ayo soal berbarengan dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersaji di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/pakaian-adat-kalimantan-barat

Posted by: gamadelic.com