Organ Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya

KOMPAS.com –
Sistem pernapasan berfungsi untuk mendukung manusia menyedot oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

Selama proses pernapasan, parit pernapasan berfungsi misal medan lintasan dan tempat pertukaran udara di internal jasmani orang.

Urutan saluran pernapasan ialah sebagai berikut: rongga cingur – hulu kerongkongan – laring – trakea – bronkus – bronkiolus – alveolus – paru-paru.

Dirangkum berpunca pusat
Biologi
nan disusun oleh Drs. Munawir, berikut yakni organ sistem respirasi anak adam dan fungsinya.

Sistem pernapasan manusia bagian atas
stanfordchildrens.org/Eric Olson
Sistem respirasi manusia penggalan atas

1. Sinus hidung

Peledak ikut ke jasmani manusia lewat rongga cingur. Rongga hidung memiliki selaput gelema yang berfungsi untuk merajut benda asing yang masuk melalui saluran pernapasan.

Baca juga: Pernapasan pada Ikan: Proses dan Organ nan Terlibat

Di privat rongga hidung terdapat beberapa struktur kreator, yakni kelenjar minyak, kelenjar keringat, bulu pendek dan lebat untuk menapis zarah kotoran, dan konka nan berfungsi menghangatkan mega yang masuk.

2. Faring

Faring atau tonsil adalah organ sistem pernapasan yang terdapat di belakang rongga alat pencium dan ucapan.

Faring tersusun dari otot lorek dengan panjang kurang lebih 4 cm. Faring meruupakan persimpangan antara kanal pencernaan dengan saluran pernapasan.

3. Laring

Laring maupun radiks tenggorokan memiliki katup yang disebut epiglotis yang berfungsi mengeset jalannya kandungan dan udara respirasi agar sesuai dengan salurannya saban.

Selain itu, pada pangkal tenggorokan terdapat lin celaan yang merupakan perangkat perakit suara sreg manusia.

Baca juga: 14 Penyakit yang Mengupas Organ Pernapasan

4. Trakea

Trakea atau batang tenggorokan merupakan organ sistem pernapasan riil pipa dengan tataran sekitar 10 cm nan sebagian terdapat di leher dan sebagian lagi di serambi ataupun silinder.

Puas bagian dalam rongga terdapat epithel bersilia atau jaringan. Fungsi jaringan surai ini pada trakea adalah buat menyaring benda-benda asing yang ikut ke terusan fotosintesis.

5. Bronkus

Bronkus atau cabang tenggorokan yaitu saluran penghubung antara rongga hidung, sinus mulut, dan alat pernapasan.

Bronkus terbagi menjadi dua, yakni bronkus kanan dan bronkus kiri. Bronkus bersangkak-cabang lagi menjadi bronkiolus.

Baca pun: Ternyata Seperti ini Arti Tidur Bagi Organ Pernapasan

6. Alveolus

Alveolus yakni struktur berbentuk bola-bola kecil ataupun gelembung peparu yang diliputi makanya pembuluh-rengkung darah.

Epitel pecak yang melapisi alveoli melampiaskan darah di dalam kapiler bakat menambat oksigen berpunca awan dalam rongga alveolus.

7. Paru-paru

Paru-paru terletak di rongga dada, tepat di atas sekat diafragma. Organ ini memiliki dua fragmen, adalah paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Peparu dibungkus maka dari itu dua lapis selaput paru-paru atau pleura. Di bagian intern paru-paru, terdapat gelembung halus nan merupakan ekstensi parasan paru-paru nan disebut alveolus.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap perian dari Kompas.com. Mari menyatu di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.derita/kompascomupdate, kemudian join. Dia harus install tuntutan Benang besi terlebih lampau di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/08/160200523/organ-sistem-pernapasan-manusia-dan-fungsinya?page=all

Posted by: gamadelic.com