Olimpiade Atletik Pertama Kali Dilombakan Pada Tahun

KOMPAS.com
– Olahraga menjadi salah satu penggalan berfaedah internal menjaga kesehatan. Siapa terka, atletik menjadi cabang latihan jasmani pertama nan cak semau di dunia.

Olahraga terorganisasi menjadi salah satu bagian terdepan bagi hidup individu kuno. Sehingga bangsa Mesir dan Sumeria menciptakan beberapa sport terogranisasi sreg tahun 3000 Sebelum Masehi.

Privat ki akal
The Book Of Origins
(2007) karya Trevor Homer, hal tersebut terbantah berpunca tulisan-gubahan dinding nan kemudian ditemukan oleh ahli ki kenangan dan arkeolog.

Tulisan-tulisan dinding tersebut menggambarkan bahwa bangsa Mesir dan Sumeria pernah berbuat panahan, gulat, tinju, akrobat, adu tongkat, pertandingan kuda, dan permainan bola.

Selain kerjakan memperkuat dan melatih tubuh, olahraga dilakukan untuk rekreasi dan kesenangan. Pada zamamm yuridiksi firaun Zoser (2667-2648 Masehi), dirinya meminta bikin dilukis dalam sebuah mural disalah satu kompetisi puas 2300 Sebelum Masehi.

Baca juga: Alasan Bola kaki Menjadi Olahraga Populer di Manjapada

Kompetisi tersebut yaitu lomba lari jarak jauh, sekadar boleh menggunakan trik apa semata-mata, di antaranya menjorokkan atau menjambak rambut petatar bukan.

Ilustrasi Olimpiade atletik pertama di dunia
History.com
Ilustrasi Olimpiade atletik pertama di dunia

Cabang olahraga purwa di mayapada

Berikut avontur cabang olah tubuh atletik di manjapada, yaitu:

  • Mesir dan Sumeria

Atletik merupakan olahraga purwa di mayapada yang kemudian dibentuk pertandingannya. Permulaan kelihatannya yang menyelenggarakan sayembara atletik terorganisasi adalah Mesir dan Sumeria di penggalan kidul Mesopotamia puas 3000 Serani.

Para peserta nan boleh menyatu privat kompetisi tersebut yaitu para elit nan berhak. Hal ini sekaligus sebagai kegiatan kerjakan mendidik para firaun.

  • Yunani kuno

Bekas sayembara olahraga perian Yunani kuno dimulai sekitar musim 1500 Sebelum Masehi. Pada waktu akhir abad ke-6 Sebelum Masehi, pertandingan olimpiade dilakukan di empat daerah tingkat, yaitu:

  1. Olympia dengan nama Olimpiade
  2. Delphi dengan keunggulan Pythian Games
  3. Nemea dengan nama Nemean Games
  4. Corinth dengan label Isthmian Games

Baca juga: Bank Pertama di Bumi, Banca Monte dei Paschi di Italia

Olimpiade pertama

Olimpiade pertama berlantas pada 776 Sebelum Masehi. Olimpiade dianggap utama dan majuh dilakukan empat tahun sekali. Karena penting bagi orang Yunani, maka arti dari olympiad adalah tahun empat periode.

Di awal olimpiade, periode pesertanya terbatas. Di mana murid nan ikut olimpiade harus bisa bertata cara Yunani dan pesertanya semata-mata boleh maskulin.

Detik itu, perempuan tidak boleh ikut olimpiade dan tidak diizinkan menonton padahal daya produksi stadion saat itu sudah 50 mili orang. Hal ini karena para kontestan bersaing n domestik keadaan telanjang.

Orang pertama nan menjadi juara olimpiade atletis adalah Corobus of Elis, seorang juru menguning. Dirinya memenangkan adu lari dengan jarak lintasan seputar 207 yard ataupun

Olimpiade modern pertama di dunia
History.com
Olimpiade modern pertama di dunia

Olimpiade modern pertama

Dikutip mulai sejak
Encyclopaedia Britannica
(2015) Olimpiade maju purwa dilaksanakan di Athena puas 1896. Pada olimpiade ini sudah cukup banyak peserta yang boleh ikut.

Baca pun: Candi Borobudur: Candi Terbesar di Dunia

Puas Olimpiade musim 1928, perempuan mulai diperbolehkan ikutserta dalam perlombaan. Juara perempuan pertama Olimpiade adalah Betty Robinson berasal Amerika Serikat.

Kombinasi Federasi Atletik Alam semesta

IAAF merupakan badan pengurus atletik tingkat bumi dan dibentuk saat Olimpiade Stockholm pada 1912. Sebekumnya badan ini bernama Federasi Atletik Amatir Antarbangsa.

Di Amerika, fisik tersebut bernama Persatuan Atletik Amatir (AAU) yang dibentuk oleh pelari dan pedayung, William B Curtis pada 1878. Kemudian plong musim 1992, stempel tersebut diubah menjadi USA Track and Field (USATF).

Di Inggris, badan pengurus atletik bernama Perantaraan Atletik Amatir (AAA) dan dibentuk pada periode 1880. Perlombaan AAA permulaan yang berlangsung sreg tahun yang sama.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install permohonan Telegram tambahan pula lalu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2020/09/20/090000369/atletik-cabang-olahraga-pertama-di-dunia?page=all