Novel Laskar Pelangi Menceritakan Tentang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pasukan Pelangi

Laskar pelangi sampul.jpg
Pengarang Andrea Hirata
Negara Indonesia
Bahasa Indonesia
Genre Roman
Penerbit Bentang Pustaka
(Yogyakarta)

Tanggal terbit

2005
Halaman xiv, 529 halaman
ISBN ISBN 979-3062-79-7


Armada Pelangi

adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Buka Pustaka plong tahun 2005. Novel ini mendongeng akan halnya spirit 10 momongan terbit keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang mumbung dengan keterbatasan.

Mereka bersekolah dan belajar pada kelas yang sama berasal kelas 1 SD hingga kelas 3 SMP, dan menamai diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Puas bagian-bagian intiha kisah, anggota Laskar Pelangi kian satu anak asuh perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Keterbatasan yang terserah lain membuat mereka putus asa, tetapi terlebih menciptakan menjadikan mereka terpacu untuk bisa mengerjakan sesuatu nan lebih baik.

Pasukan Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya yakni Sang Pengkhayal, Edensor dan Maryamah Karpov. Sentral ini termasuk umpama rahasia sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Kisah terjadi di desa Gantung, Belitung Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau lain mencapai siswa baru bilang 10 momongan. Ketika itu baru 9 momongan yang menghadiri upacara perkenalan awal, akan sekadar tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak bersyarah menutup sekolah, Harun dan ibunya hinggap untuk mendaftarkan diri di sekolah katai itu.

Mulai sejak sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penaruhan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang asing biasa di mana A Kiong nan malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya maka itu hawa mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Burik, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, situasi ditemukannya pembawaan luar jamak Mahar, pengalaman comar pertama Berombak, sampai nasib-nasiban nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi berbunga rumahnya ke sekolah.

Mereka, Laskar Pelangi – logo yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi – pun sempat memasyhurkan nama sekolah dengan bervariasi cara. Misalnya pembalasan kejijikan Mahar yang bosor makan dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya pada okultisme yang membuahkan keberuntungan manis puas parade 17 Agustus, dan kegeniusan luar absah Lintang yang menantang dan cundang Drs. Zulfikar, guru sekolah fertil PN nan berijazah dan tenar, dan memenangkan adu cerdas hemat. Legiun Pelangi menjelajahi hari-musim menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berjauhan dengan mortalitas ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat merawankan, dan dilanjutkan dengan keadaan 12 tahun kemudian di mana Berkeluk-keluk yang berjuang di asing pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisahan sani ini diringkas dengan kocak dan mengibakan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan hayat masa kecil anggota dasa Bala Pelangi ini.

Pentolan-dedengkot

[sunting
|
sunting sumber]

Anggota Laskar Pelangi

[sunting
|
sunting perigi]

  • Patah mayang : Tokoh ‘aku’ dalam cerita ini. Patah mayang yang kerap menjadi peringkat kedua memiliki teman sebangku bernama Lintang, Ia merupakan anak terpintar privat Laskar Pelangi. Ia berminat lega sastra, terlihat berpunca kesehariannya yang demen batik puisi. Ia menyukai A Ling, sepupu dari A Kiong, yang ditemuinya mula-mula kali di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Pamrih. Lega risikonya korespondensi mereka berdua terdesak berjauhan makanya jarak akibat kepergian A Ling ke Jakarta bagi menggauli bibinya.
  • Lintang : Padanan sebangku Ikal nan luar sahih genius. Ayahnya bekerja sebagai pengail miskin yang tidak n kepunyaan arombai dan harus menanggung kehidupan 14 jiwa anggota keluarga. Lintang telah menunjukkan minat samudra bagi bersekolah terbit masa purwa berada di sekolah. Ia sering aktif di intern kelas dan memiliki cita-cita sebagai ahli matematika. Sekalipun ia luar biasa pintar, pria kecil berambut bangkang keriting ini pernah salah mengapalkan peralatan sekolahnya. Cita-citanya terpaksa ditinggalkan agar ia dapat bekerja bakal membiayai kebutuhan semangat keluarganya semenjak ayahnya meninggal.
  • Sahara : Suatu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi. Sahara adalah nona keras kepala berpendirian kuat yang sangat setia kepada agama. Ia adalah gadis nan ramah dan pandai, ia baik kepada siapa pun kecuali pada A Kiong yang berasal mereka masuk sekolah sudah ia basahi dengan air privat termosnya.
  • Mahar : Pria talam bertubuh kurus ini memiliki bakat dan minat segara sreg seni. Pertama kali diketahui momen minus sengaja Bu Muslimah menunjuknya untuk bernyanyi di depan kelas momen kursus seni suara minor. Adam yang menyenangi okultisme ini belalah dipojokkan antitesis-temannya. Ketika dewasa, Mahar sempat menganggur menunggu nyawa menyapanya karena lain dapat ke manapun lantaran ibunya nan sakit-sakitan. Akan tetapi, hayat baik menyapanya dan ia diajak petinggi untuk membuat pengarsipan permainan anak tradisional sesudah membaca artikel nan ia tulis di sebuah majalah, dan akhirnya ia berhasil meluncurkan sebuah novel tentang pertemanan.
  • A Kiong : Anak Hokian. Baka Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas bawah satu. Baginya Maskawin yaitu suhunya nan agung. Kendatipun lelaki kecil ini berwajah buruk rupa, dia n kepunyaan rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati, serta demen menolong lega siapapun kecuali Gurun. Namun, supaya mereka selalu ki bentrok, ternyata mereka berdua saling mencintai satu sama tak.
  • Syahdan : Momongan nelayan nan polos ini tak ikatan menonjol. Kalau suka-suka segala apa-apa anda karuan yang paling tidak diperhatikan. Misalnya ketika bermain drama, Syahdan hanya kedapatan kaprikornus tukang kipas nona dan itupun masih banyak kesalahannya. Syahdan adalah saksi buruk perut mula-mula Ikal, ia dan Keriting bertugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan berpunca Ikal jatuh cinta pada A Ling. Syahdan ternyata memiliki cita-cita yang tidak rangkaian terkenang oleh Laskar Pelangi lainnya adalah menjadi aktor. Dengan memeras tenaga pada akhirnya dia menjadi aktor betulan meski doang mendapatkan peran kecil begitu juga tuyul atau jin… Setelah bosan, ia menjauhi dan kursus komputer. Setelah itu engkau berhasil menjadi network designer.
  • Kucai : Ketua papan bawah sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Ia menderita rabun jauh karena invalid gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jika dia menatap marah ke arah Borek, maka akan tertumbuk pandangan ia sedang mengecap Trapani. Lanang ini sejak kecil kelihatan dapat menjadi politikus dan kesudahannya diwujudkan saat ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong.
  • Capuk : Maskulin samudra maniak otot. Borek selalu menjaga citranya perumpamaan laki-laki macho. Momen dewasa sira menjadi kuli di toko milik A Kiong dan Sahara.
  • Trapani : Lelaki tampan yang tukang dan palamarta ini lampau mencintai ibunya. Apapun yang sira lakukan harus selalu didampingi ibunya, seperti misalnya ketika mereka akan tampil misal band yang dikomando oleh Mahar, engkau tidak kepingin tampil jika tidak ditonton ibunya. Perjaka yang bercita-cita menjadi guru ini akhirnya bercerai di kondominium linu spirit karena ketergantungannya terhadap ibunya.
  • Harun : Pria yang memiliki keterbelakangan mental ini memulai SD (sekolah pangkal) ketika engkau berusia 10 waktu. Adam mengelakkan ini senantiasa bercerita adapun kucingnya nan berbelang tiga dan beranak tiga momongan yang tiap-tiap berbelang tiga plong terlepas tiga kepada Sahara dan senang sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu Muslimah. Ia menyetor 3 biji pelir jambang kecap momen disuruh mengumpulkan karya seni inferior enam.

Dedengkot-tokoh Bukan

[sunting
|
sunting mata air]

  • Bu Muslimah: Bernama pola Cakrawala.A Muslimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid. Dia adalah Ibunda Temperatur kerjakan Barisan Pelangi. Wanita lembut ini merupakan pengajar mula-mula Legiun Pelangi dan adalah suhu nan minimal berharga bagi mereka.
  • Kelongsong Harfan: Nama lengkapnya K.A. Harfan Efendy Noor bin K.A. Fadillah Zein Noor. Kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyah. Ia adalah orang nan dahulu baik hati dan penyabar meski murid-murid awalnya takut melihatnya.
  • Flo: Floriana, seorang anak tomboi yang berasal dari tanggungan berharta. Anda merupakan murid gusuran dari sekolah PN yang kaya dan sekaligus motor ragil yang unjuk sebagai bagian dari laskar pelangi. Mulanya pertama kali masuk sekolah, beliau luang membuat keruwetan dengan mengambil alih tempat duduk Trapani sehingga Trapani yang malang terdesak tergusur. Engkau melakukannya dengan alasan ingin duduk di sebelah Mahar dan lain mau didebat.
  • A Ling: Cinta mula-mula Ikal yang merupakan uri sepupu A Kiong. A Ling yang cakap dan tegas ini terdesak berparak dengan Ikal karena harus menemani bibinya nan tinggal seorang.

Gambar hidup orientasi

[sunting
|
sunting sumber]

Skenario Laskar Pelangi diadaptasi menjadi sebuah komidi gambar tahun 2008 yang berjudul sekelas. Film Barisan Pelangi diproduksi oleh Miles Films dan Mizan Production, dan digarap oleh sutradara Riri Riza. Naskah habituasi ditulis oleh Salman Aristo dibantu oleh Riri Riza dan Mira Lesmana. Menurut Andrea Hirata, dengan diadaptasi menjadi sebuah bioskop, pesan-pesan yang terkandung di bukunya diharapkan dapat makin menyebar ke khalayak makin luas.

Film ini penuh dengan nuansa lokal Pulau Belitong, dari penggunaan dialek Belitung sampai aktor-aktor yang menjadi anggota Tentara Pelangi juga adalah anak asuh-anak ceria Belitung. Lokasi syuting juga di Pulau Belitung dan biaya produksinya mencapai Rp 8 Miliar.+10 milyar

Sandiwara Musikal b

[sunting
|
sunting sumber]

Dibulan Februari 2022, semarak ini ditampulkan versi drama musikal yang berlangsung di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Indonesia.

Serial Televisi

[sunting
|
sunting sumber]

Kerumahtanggaan varian serialnya, kisah yang disajikan lebih kaya karena memunculkan babak-penggalan internal novel yang tidak sempat terjamah di bioskop layar lebarnya. Meski abnormal berbeda dengan varian layar lebarnya, namun serial ini teguh mempertahankan putaran-bagian penting dan monumental dalam film dan novelnya. Tayang saban hari mulai sungkap 26 Desember 2022 di SCTV, dengan 15 episode.

Logo penerbit dan negara yang menerbitkan Laskar Pelangi

[sunting
|
sunting sumur]

  1. Amerika Maskapai (Penerbit :Farrar, Straus and Giroux)
  2. Australia (Penerbit :Random House, Australia)
  3. New Zealand (Penerbit :Random House, Australia)
  4. India (Penerbit :Penguin)
  5. Pakistan (Penerbit :Penguin)
  6. Bangladesh (Penerbit :Penguin)
  7. Sri Lanka (Penerbit :Penguin)
  8. Nepal (Penerbit :Penguin)
  9. Jepang (Penerbit :Sunmark Publisher)
  10. Jerman (Penerbit : Hanser-Berlin)
  11. Belanda (Penerbit :Atlas- Contact)
  12. Spanyol (Penerbit :Temas de Hoy)
  13. Italia (Penerbit :Rizzoli)
  14. Turkey (Penerbit: Butik Yayinlari)
  15. Brasil (Penerbit :Editora Sextante)
  16. Korea (Penerbit : Theory and Praxis Publishing Co)
  17. Malaysia (Penerbit : PTS Malaysia)
  18. China (Penerbit :Yilin Press)
  19. Taiwan (Penerbit :Solo Press)
  20. Vietnam (Penerbit :Nha Nam Publishing)
  21. Portuguese (Publisher: Presenca),
  22. Hungary (Publisher: Geopen),
  23. Indonesia (Publisher: Buka Bacaan)
  24. Spain (Publisher: Ediciones Planeta, Madrid),

Tatap sekali lagi

[sunting
|
sunting sumur]

  • Sang Pemimpi
  • Edensor
  • Maryamah Karpov

Pranala asing

[sunting
|
sunting sendang]

  • (Indonesia)
    Buku Laskar Pelangi di Khatulistiwa.serok Diarsipkan 2022-02-12 di Wayback Machine.
  • (Indonesia)
    Website pribadi Andrea Hirata Diarsipkan 2022-04-01 di Wayback Machine.
  • (Indonesia)
    Resensi di Ingatan Rakyat Diarsipkan 2007-10-12 di Wayback Machine. Tautan ini enggak berfungsi.
  • (Indonesia)
    Resensi di Republika Tautan ini lain berfungsi.
  • (Indonesia)
    Ulasan Film di Warung Fiksi



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Laskar_Pelangi

Posted by: gamadelic.com