Nomor Lari Jarak Menengah Adalah

KOMPAS.com
– Lari merupakan keseleo suatu kategori dalam cabang gerak badan atletik. Nomor-nomor lari dalam cabang olahraga atletik meliputi lari jarak pendek, lari jarak semenjana, dan lari jarak jauh.

Secara garis besar, cabang olahraga atletik dikelompokkan menjadi beberapa kategori yaitu jalan, lari, buang, dam lompat.

Lari menjadi salah satu cagak latihan jasmani atletik yang sangat bergengsi.

Atletik pun menjadi cabang olahraga pretensius pada ajang-medan internasional sama dengan Olimpiade, Asian Games, dan pula SEA Games.

Baca juga: Sejarah Atletik di Olimpiade Berbudaya Pertama

Salah satu atlet lari kelas dunia nan silam tenar ialah Usain Bolt. Mantan pelari bawah Jamaika itu merupakan pemegang rekor lari 100 meter dengan catatan waktu 9,58 detik.

Indonesia kembali memiliki atlet lari nan bakir berprestasi di level internasional yakni Lalu Muhammad Zohri. Zohri berhasil meraih medali kencana nomor 100 meter putra plong Sayembara Marcapada U20 2022.

Nomor-nomor Gerak badan Lari

Dilansir dari situs
World Athletics, nomor lari bikin cabang atletik adalah sebagai berikut.

1. Lari jarak ringkas

Lari jarak atau sprint menempuh jarak 100, 200, dan 400 meter. Lari jarak pendek yakni nomor paling kecil bergengsi pada cagak olahraga atletik kategori lari.

Baca juga: Kategori Olahraga dalam Atletik

2. Lari jarak semenjana

Jarak nan ditempuh lega lari jarak sedang adalah 800 dan 1500 meter.

3. Lari jarak jauh

Pada ajang Olimpiade yang adalah makan besar olahraga terbesar di mayapada, nomor lari jarak jauh yang dilombakan adalah 5000 meter, 10000 meter, dan 3000 meter halang rintang.

Usain Bolt (kiri) dan Justin Gatlin.
AP
Usain Bolt (kiri) dan Justin Gatlin.

4. Lari gawang

Lari gawang yakni cabang olahraga atletik kategori lari di mana atletnya akan melewati lintasan dengan rintangan berupa gawang bermatra tertentu.

Nomor lari papan nan dilombakan di Olimpiade adalah 100, 110, dan 400 meter gawang.

Baca juga: Ayunan Lengan Saat Melakukan Lari Jarak Sumir

5. Lari marathon

Lari marathon dibagi menjadi dua yaitu full marathon dan half marathon. Lari full marathon alias marathon mumbung menempuh jarak 26 mil maupun 42.195 km, sedangkan half marathon menempuh jarak 13 mil atau 21.0975 km.

6. Lari estafet

Lari lari estafet atau lari sambung dilakukan secara beregu dengan masing-masing regu terdiri dari empat pelari. Jarak yang ditempuh pada lari beranting adalah 4×100 dan 4×400.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap perian dari Kompas.com. Silakan bergabung di Grup Kabel “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://n.me/kompascomupdate, kemudian join. Dia harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sports/read/2022/02/02/15400008/nomor-nomor-lari-dalam-cabang-olahraga-atletik?page=all

Posted by: gamadelic.com