Negara Yang Pernah Dijajah Jepang

Indonesia pernah dijajah oleh enam negara sebelum memproklamasikan kemerdekaannya. Berikut negara yang pernah menjajah Indonesia beserta sejarah singkat.
Negara nan pernah menjajah Indonesia beserta ki kenangan singkatnya. (via REUTERS/NATIONAL ARCHIVES)

Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia pernah dijajah maka dari itu enam negara sebelum memproklamasikan

kemerdekaan


pada 17 Agustus 1945. Negara yang pernah menjajah Indonesia, adalah Portugis, Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris, dan Jepang.

Alasan

penjajahan


ini beragam. Mulanya, mereka mau menguasai perigi daya alam Indonesia yang kaya akan rempah-rempah dan hasil bumi lainnya.


Penundukan sumber daya alam ini tak amung-alat penglihatan buat mereka manfaatkan kerumahtanggaan sukma sehari-masa saja, sekadar juga bakal dijual lagi ke bangsa lain. Dengan begitu, mereka bisa membangun bisnis nan menguntungkan.

Maka bukan heran bila para negara yang asosiasi menjajah Indonesia galibnya mengincar kawasan-kawasan taktis di Ibu pertiwi, sama dengan nan kaya dengan rempah hingga dekat pelabuhan.

Enggak terbatas pula teori yang menyatakan kolonialisme ini dilakukan untuk turut menaburkan pembantu agama Katolik dan Kristen ke Nusantara.

Daftar Negara nan Perpautan Menjajah Indonesia

Young men from the Laskar Bambu Runcing stand ready with spears to take on the Dutch in 1946 in today's Indonesia in this handout photo provided to Reuters on February 17, 2022.  ANRI/IPPHOS/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVES. MANDATORY CREDITAngkatan Bambu Jirus bersiap menghadapi Belanda, negara terlama yang perhubungan merapah Indonesia. (via REUTERS/ANRI/IPPHOS)

Berikut enam negara nan pernah menjajah Indonesia di periode lewat.

1. Portugis (1509-1595)

Portugis merupakan negara yang pertama bisa jadi menjelajah Indonesia pada 1509-1595. Sediakala, Portugis memang sudah lalu punya jaringan perdagangan yang ki akbar di Malaka.

Namun, Alfonso de Albuquerque menugasi ekspedisi yang dipimpin Antonio de Abreu untuk mencari provinsi bakir rempah-rempah di Nusantara. Mereka pun menemukannya di Maluku.

Portugis kemudian meminta izin dan membangun kerja seperti imperium-kerajaan di Maluku, pelecok satunya Kerajaan Ternate.

Mereka pun masin lidah dan punya hubungan baik sampai risikonya retak karena Portugis tambahan pula menarung kesatuan hati dan menerapkan sistem monopoli ekspor impor yang tidak sehat.

Rakyat Maluku di bawah didikan Sultan Baabullah pula mengerjakan perlawanan dan berhasil menaklukkan Portugis pada 1584.

Para penjajah berusul Belanda yang mendadak cak bertengger ke Nusantara memanfaatkan situasi tentangan ini dan turut mengalahkan Portugis, sehingga mereka sanggang kaki dari Indonesia.


2. Spanyol (1521-1529)

Perian penjajahan Spanyol berlantas layak singkat, sekitar 1521-1529 di tengah perebutan Nusantara oleh Portugis. Kala itu, Spanyol juga menginjakkan kaki di Maluku dan bersahabat dengan Kerajaan Tidore.

Kedatangan Spanyol rupanya mengusik Portugis karena mengancam penguasaan menggalas di Indonesia. Padahal, mereka punya provinsi jajahan dan serikat dagang nan berbeda.

Akibatnya, perlawanan antara kedua penjajah pun terjadi. Mereka akhirnya rukun melalui Perjanjian Saragosa pada 1529. Menurut perjanjian tersebut, Spanyol harus menyingkir Maluku dan dapat cekut pengaturan ke utara Indonesia, yaitu Filipina.

Sementara Portugis tetap berada di Maluku. Akhirnya, negara yang pernah merapah Indonesia itu pun harus angkat suku semenjak Nusantara.


3. Belanda (1602-1942)

Negara yang pernah menjajah Indonesia selanjutnya adalah Belanda. Lebih-lebih, kolonialisme dilakukan selama 350 tahun dan menjadi penjajahan terlama di Indonesia.

Alasan utama penjajahan Belanda adalah kerjakan menguasai daerah pembuat rempah-rempah. Belanda kembali mengalahkan Portugis dan membangun dagang di dalam daerah menerobos perusahaan dagang mereka, Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) plong 1602.

Belanda tidak hanya memanfaatkan Indonesia dengan menyelesaikan sumber pokok pan-ji-panji, semata-mata juga sumber daya manusia kerjakan berperang. Salah suatu kebijakan Belanda nan lewat membuat rakyat Indonesia menderita adalah cultuurstelsel atau sistem tanam paksa.

Garis haluan ini berisi aturan penguasaan tanah, pekerja, sampai hasil penuaian rakyat untuk Belanda. Bukan heran, banyak rancangan perlawanan berpokok rakyat kepada para penjajah Belanda, cuma kerap gagal.

Tambahan pula, dominasi Belanda di Indonesia dapat mengalahkan penjajah bukan yang sekali lagi sempat datang ke Nusantara. Masa penjajahan Belanda baru bererak setelah kalah dari Jepang kerumahtanggaan rangkaian Perang Mayapada II. Jepang pun mengoper otoritas di Indonesia.


Negara nan perikatan menjajap Indonesia lainnya, lanjut halaman dua…


Negara nan Pernah Menjajah Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman :

Source: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20220808122804-574-831675/6-negara-yang-pernah-menjajah-indonesia-belanda-hingga-jepang

Posted by: gamadelic.com