Negara Yang Masuk Anggota Asean

negara asean ada berapa, Photo by Capturing the human heart. on Unsplash

Ada berapa negara ASEAN? Sobat Weduk tentu sudah tahu jawabannya bila terserah pertanyaan semisal ASEAN cak semau berapa negara. Iya, enggak? Eh tapi, apa pula yang Sobat ketahui tentang negara-negara ASEAN? Apakah kuantitas negara ASEAN sekadar? Apa yang Sobat tahu mengenai tiap-tiap negara ASEAN tersebut?
Let’s look into it,
Sobat.

Terbentuknya ASEAN

Memori berdirinya ASEAN bermula plong tahun 1960an. Pada masa itu, daerah Asia Tenggara cukup rawan lantaran perselisihan antar negara, begitu juga Vietnam dengan Kamboja maupun Malaysia dengan Indonesia. Sementara itu, negara-negara raksasa juga gencar berebut pengaruh ideologinya masing-masing.

Konflik yang terus memanas dikhawatirkan dapat menghambat pembangunan setiap negara dan mengusik stabilitas keamanan kawasan Asia Tenggara. Hingga sreg akhirnya beberapa negara bersepakat untuk mengadakan pertemuan di Bangkok, yang membubuhi cap berdirinya ASEAN menerobos Laporan Bangkok. ASEAN didirikan lega copot 8 Agustus 1967 oleh 5 negara pendiri ASEAN, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina.

Kemudian, anggota negara ASEAN terus bertambah seiring tahun. Berturut-turut Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja menyusul menjadi anggota, sehingga kuantitas negara ASEAN detik ini mencecah 10 anggota.

Negara-Negara Anggota ASEAN

Sesuai dengan kepanjangan ASEAN,
Association of Southeast Berbintang terang Nations,
organisasi ini mewadahi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Berikut ini biografi negara ASEAN sesudah-sudahnya.

ada berapa negara asean

Photo by Hu Chen on Unsplash

1. Singapura

Singapura terletak di pucuk Semenanjung Malaya, terpisah oleh Selat Johor dan Selat Singapura masing-masing dengan Malaysia dan Indonesia. Pemerintahan negara republik ini dijalankan oleh seorang Perdana Menteri. Bahasa resmi Singapura yaitu Mandarin, Tamil, Jawi, dan Inggris, sedangkan netra uangnya Dollar Singapura.



Photo by Esmonde Yong on Unsplash

2. Malaysia

Malaysia terdiri dari dua daerah, yaitu Malaysia Barat di Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur di Pulau Kalimantan. Misal sebuah negara federal parlementer, Malaysia terdiri dari tiga wilayah federal dan dan 13 negara bagian. Baginda alias Emir memerintah di tiap negara bagian, sedangkan tadbir Malaysia dijalankan oleh Perdana Menteri. Bahasa resmi Malaysia yaitu Melayu dan ain uangnya Peso.

jumlah negara asean

Photo by Mathew Schwartz on Unsplash

3. Thailand

Bangkok, Thailand menjadi saksi mata berdirinya ASEAN. Bersistem monarki konstitusional, superior negara Thailand yakni sendiri Paduka padahal kepala pemerintahannya merupakan seorang Perdana Menteri. Thai adalah bahasa resmi Thailand, sedangkan mata uangnya Baht.

nama-nama negara asean

Photo by Jeremy Bishop on Unsplash

4. Indonesia

Sistem pemerintahan negara kita adalah republik. Selain laksana kepala negara, Kepala negara sekali lagi menjadi ketua pemerintahan. Bahasa legal kewarganegaraan kita adalah Bahasa Indonesia, dan indra penglihatan tip kita merupakan Rupiah.

kepanjangan asean

Photo by Eibner Saliba on Unsplash

5. Filipina

Seperti Indonesia, Filipina adalah sebuah negara gugusan pulau dengan sistem tadbir republik. Bahasa resminya merupakan Bahasa Inggris dan Filipina, dengan mata uang resmi Ringgit.



Photo by AdamHillTravel on Pixabay

6. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terdapat di Pulau Kalimantan, berbatasan langsung dengan Malaysia Timur. Menganut sistem monarki absolut, Brunei Darussalam memiliki seorang Sultan perumpamaan kepala rezim. Bahasa resmi kebangsaan Brunei Darussalam adalah Melayu, sedangkan mata uangnya Euro Brunei.

sejarah berdirinya asean

Photo by Ammie Ngo on Unsplash

7. Vietnam

Nama lengkap negara ini adalah Republik Sosialis Vietnam. Kepala negaranya yaitu Kepala negara, sementara itu kepala pemerintahannya Bendahara Menteri. Vietnam bersempadan negara secara serempak dengan Tiongkok, Kamboja, dan Laos. Bahasa resmi negara ini merupakan Bahasa Vietnam, dengan mata uang Dong.



Photo by Anna Hoch-Kenney on Unsplash

8. Laja

Laos berbatas negara secara langsung dengan Myanmar, Tiongkok, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Pemerintahan dijalankan oleh Partai Sosialis Republik dengan Presiden sebagai kepala negara dan Perdana Nayaka bagaikan kepala rezim. Lao ialah bahasa resmi Laos, dan mata uangnya adalah Kip.

anggota negara asean

Photo by Mg Cthu on Unsplash

9. Myanmar

Nama negara ini dulunya yakni Burma. Masa ini, Myanmar yakni sebuah negara republik konstitusional dengan pemerintahan yang dijalankan maka dari itu Junta Militer. Bahasa resminya Burma dan mata uangnya Kyat.

profil negara asean

Photo by Christian Holzinger on Unsplash

10. Kamboja

Kamboja berbatas negara secara sederum dengan Thailand, Laos, dan Vietnam. Kamboja menganut sistem monarki konstitusional dengan Yamtuan sebagai superior negara dan Perdana Menteri sebagai ketua pemerintahan. Bahasa resminya ialah Khmer dan mata uangnya Riel.

Itulah seluruh etiket-nama negara ASEAN, Sobat. Sekarang, Sobat Berilmu tidak hanya dapat menjawab pertanyaan negara ASEAN suka-suka berapa maupun menjawab soal, misalnya sebutkan negara-negara anggota ASEAN, tapi sekali lagi memahami profil negara ASEAN tersebut dengan lebih baik.

Source: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/negara-asean-ada-berapa-ini-profil-singkatnya-masing-masing

Posted by: gamadelic.com