Nama Rumah Adat Sunda Adalah

Sumber: Pinterest

Kaki Sunda yakni salah satu tungkai yang terbesar dari nan ada di Indonesia. Sebagian besar masyarakat tungkai Sunda mendiami area provinsi Banten dan Jawa Barat.Sama sebagaimana suku bangsa lainnya, tungkai Sunda juga memiliki
flat adat
yang unik.

Lain doang satu, rumah adat Sunda ternyata terdiri dari beberapa jenis. Setiap bentuk rumah aturan terebut adalah terapan dari semangat masyarakat suku Sunda yang sayang melestarikan embaran dari sukma tradisional dan keharmonisan dengan kalimantang.

Ruparupa Banner

Hal ini terlihat terbit pemanfaatan bahan-bahan alami, seperti batu, bambu, papan, hingga dedaunan.

Contents

  • Apa Saja Varietas Rumah Adat Sunda?
    • 1. Capit Gunting
    • 2. Perahu Kumureb
    • 3. Jubleg Nangkub
    • 4. Rino Heuay
    • 5. Tagog Anjing
    • 6. Jolopong
    • 7. Beber Pongpok
    • 8. Julang Ngapak


Apa Saja Varietas Apartemen Adat Sunda?

Karena tersebar di bermacam-macam daerah di Jawa Barat, apartemen adat Sunda koteng punya beberapa jenis dengan rencana bangunan yang berbeda. Lakukan memafhumi selanjutnya, kami akan membahasnya satu-satu satu, seperti berikut ini.


1. Capit Gunting

Varietas rumah resan Sunda permulaan dan ialah yang tertua berusul rumah resan Sunda lainnya adalah kondominium adat Capit Gunting. Konstruksi ini telah ada sejak ratusan periode dan dapat ditemukan di daerah Tasikmalaya.

Rumah ini diberi label Capit Gunting karena bagian atap kondominium kebiasaan ini maupun dikenal dengan undagi memiliki bentuk seperti mana leter ‘X’ atau gunting.

Tarup bangunan rumah adat Capit Gunting pun terbilang cukup tingkatan. Lazimnya, atap kondominium ini terbuat dari dedaunan gersang untuk menjaga suhu kolom tetap sejuk.

rumah capit gunting
Sumber: yuksinau.id


2. Kano Kumureb

Nama bangunana rumah adat Sunda satu ini terinspirasi bermula bentuk perahu yang terbalik. Kaprikornus, tidak mengherankan apartemen adat ini bernama Perahu Kumureb.

Bentuk rumah Perahu Kumureb ini cukup khas karena menggabungkan heterogen bentuk, seperti bentuk trapesium pada di bagian depan dan belakang flat, serta bentuk segitiga setimpal sisi di fragmen kiri dan kanan kondominium.

Rumah adat provinsi Perahu Kumureb sendiri banyak dijumpai di distrik Garut, Cimahi, dan Tasikmalaya.

rumah adat sunda perahu kumureb
Sendang: gardencenter.co.id


3. Jubleg Nangkub

Rumah aturan Sunda berikutnya adalah Jubleg Nangkub, yang mengandung filosofi andai fon kepribadian masyarakat Sunda yang bersusila, ramah, dan bersahaja. Flat ini juga pelalah dilambangkan perumpamaan lahan yang berbenda, indah, dan berlimpah.

Dengan ciri khas memiliki rencana tarup bertajuk dan dinding yang terbuat mulai sejak awi, rumah ini dapat sira temukan di daerah Sumedang.

rumah adat
Sendang: Pinterest


4. Badak Heuay

Bagian landau dan dinding rumah adat Badak Heuay terbuat bahan bawah tiang. Sedangkan, bagian tatap tersusun atas genteng persil liat.

Kelebihan nama Badak Heuay sendiri yaitu warak lucut. Bintang sartan, jika kamu perhatikan, susuk atap rumah menyerupai warak yang sedang pupus.

Fungsi kondominium ini koteng kebanyakan untuk menerima tamu suami-laki. Rumah adat Sunda satu ini bisa kamu temukan di kawasan Sukabumi.

rumah adat sunda badak heuay
Sumber: yuksinau.id


5. Tagog Kera

Nama Tagog Anjing sendiri berasal dari lembaga flat  yang menyerupai posisi seekor anjing sedang duduk. Masih mengadaptasi bentuk kondominium panggung, flat rasam Sunda suatu ini memiliki bentuk yang lebih rendah dari rumah kancah kebanyakan.

Ciri khas dari apartemen aturan Tagog Kunyuk memiliki rang persegi panjang yang memulur ke arah belakang, serta sengkuap yang ganti menyambat.

Keadaan ini berguna lakukan mencegah sinar surya ikut antara jeruji atap rumah. Rumah adat Tagog Anjing akan banyak anda temukan di daerah Garut.

rumah adat sunda
Sendang: aminama.com


6. Jolopong

Rumah adat Sunda satu ini masih banyak ditemukan di kewedanan Jawa Barat. Rumah adat Jolopong memiliki bentuk tarup nan menyerupai sela. Memiliki nama Jolopong karena babak teras kondominium sengaja dibiarkan kosong, tanpa adanya peranti.

Namun, detik ada tamu yang nomplok, baru bagian teras akan terpampang kasah perumpamaan alas untuk duduk. Jenis rumah ini masih bisa kamu temukan di daerah Garut.

rumah adat sunda
Sumber: Pinterest


7. Urai Pongpok

Mempunyai pintu nan menyentuh salah satu sisi atap alias suhunan, membentuk kondominium ini mendapat stempel Beber Pongpok.

Jika kamu lihat berpunca area depan, rumah adat Buka Pongpok hanya tertumbuk pandangan pada bagian sengkuap karena bagian samping kondominium sengaja dibuat mengot atau horizontal.

Kondominium ini terbangun mulai sejak pondasi berupa tiang, dinding dari anyaman awi, serta genteng yang terbuat bersumber kapling liat.

rumah adat sunda
Sumber: borneohouse.com


8. Julang Ngapak

Jenis flat adat Sunda nan bungsu, yaitu rumah Julang Ngapak. Rumah ini memiliki makna laksana penis yang semenjana mengepakkan sayap. Kejadian ini terlihat dari bentuk atapnya yang melebar ke samping.

Untuk episode atap, Julang Ngapak terbuat berpunca bahan ijuk, lalang, dan daun rumbia. Padahal bagian rangka dinding, terbuat bermula sampurang buluh dan kusen. Apartemen rasam Julang Ngapak banyak kamu jumpai di daerah Tasikmalaya dan Kuningan.

julang ngapak
Sumber: gardencenter.co.id

Itu sira sejumlah keberagaman kondominium rasam Sunda yang banyak kamu temukan di provinsi Jawa Barat. Cak agar berada di era berbudaya, tetapi peradaban harus tetap lestari.

Sudahlah, kamu memiliki kerinduan lakukan n kepunyaan
desain rumah, seperti mana
rumah panggung
dengan material serba kayu, kami mempunyai berbagai pusparagam furnitur yang bisa menjadi dekorasi sempurna kerjakan kondominium anda, seperti berikut ini.

kursi bambu
Marta Bangku Bench Rotan – Natural

Beli di sini

kursi teras
Marta Kursi Berlengan Rotan – Cokelat

Beli di sini

meja kayu
Myria Kenap Tamu – Cokelat

Beli di sini

rak tv kayu
Myria Rak Tv Bianco – Cokelat

Beli di sini

Semua komoditas di atas bisa kamu temukan di
Ruparupa.com.
Situs belanja
online
ini menyenggangkan berbagai kebutuhan rumah tangga dari
brand-brand

ternama kepunyaan Serikat dagang Lama group, sebagai halnya ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Selamat membuat kondominium terlihat lebih menawan.

Source: https://www.ruparupa.com/blog/macam-rumah-adat-sunda-dan-keunikannya/

Posted by: gamadelic.com