Nama Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Daftar Isi

  • Mengenal Pakaian Adat Tradisional Kewedanan Sulawesi Selatan
  • Jenis dan Macam Gaun Adat Sulawesi Selatan
    • 1. Baju Seppa Tallung
    • 2. Baju Pokko
    • 3. Pattuqduq Towaine
    • 4. Busana Tutu
    • 5. Baju Bodo
    • 6. Pakaian Pengantin
  • Intiha

Setiap pakaian adat tersebut tentunya memiliki ciri khas dan karakteristik saban seperti mana corak dan motif yang tentunya menampilkan budaya masyarakatnya. Tak terkecuali denagn pakaian adat tradisional Sulawesi Daksina yang memiliki keunikan tersendiri.

Sulawei Selatan yakni daerah yang mempunyai bermacam suku. Berbagai kaki tersebut tentu sekadar memiliki latar budaya nan berbeda, maka tak ayal pakaian aturan yang menunjuk-nunjukkan identitas budaya merekan pun berbeda-beda.

Oleh, dalam kesempatan kali ini Pinhome akan membahas pakaian rasam provinsi Sulawesi Selatan yang cukup beragam dimulai dari keberagaman, ciri khas, filosofi dan tidak sebagainya.

Mengenal Baju Adat Tradisional Provinsi Sulawesi Selatan

Mengenal Pakaian Adat Tradisional Provinsi Sulawesi Selatan
(Celebes)

Provinsi Sulawesi Kidul mempunyai kultur yang cukup dikenal makanya sebagaian masyarakat Indonesia seperti seni tari, rumah adat dan upacara sifat yang masih awet dan terbimbing seperti Upacara Rasam Tungkai Bugis.

Tentu saja pakaian kebiasaan Sulawesi Kidul juga adalah salah satu budaya yang masih sangat terlatih seperti kebudayaan tak yang mutakadim disebutkan.

Gaun tersebut memiliki motif khas ketimur-timuran dengan rona partikular awam lokal.

Baju rasam negeri Sulawesi Daksina juga bisa dibedakan berusul kemustajaban atau kegunaannya pada suatu program yang berbeda-beda.

Gaun ini lagi memiliki makna dan kredit-angka filosofis pada corak yang digunakan pada baju adat tersebut seperti martabat sosial sesorang pemakainya.

Baca Lagi: Pakaian Sifat Banten

Jenis dan Macam Pakaian Adat Sulawesi Kidul

Kita sempat provinsi Sulawesi Selatan yaitu rumah dari berbagai kaki adat yang pas banyak dan bermacam-macam. Oleh karena itu terletak beragam macam dan jenis pakaian aturan yang dimiliki maka itu suku-tungkai tersebut.

Jenis dan jenis pakaian rasam area Sulawesi Kidul antara tidak yakni :

No Stempel Baju Adat Sulawesi Daksina
1 Rok Seppa Tallung
2 Rok Pokko
3 Pattuqduq Towaine
4 Rok Tutu
5 Baju Bodo
6 Pakaian Pengantin

1. Baju Seppa Tallung

pakaian adat Sulawesi Selatan
(Kompasiana)

Pakaian seppa tallung yakni busana adat tradisional yang berasal berbunga salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan, yakni suku Toraja.

Rok ini di khususkan hanya buat pria yang memiliki ciri singularis pakaian nan cukup tangga hingga lutut. Terletak aksesoris yang dikenakan sreg busana ini seperti
kandaure,
lipa,
gayang
dan tidak sebagianya.

Busana ini pernah ditampilkan di tempat sejagat dan menggelandang perhatian dunia sreg acara Manhut Internasional di masa 2022 yang digelar di Korea Selatan.

Lega gelanggang tersebut baju seppa talung dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti sayap dan tanduk yang menunjukan kebesaran kebudayaan Indonesia.

Baca Pula: Pakaian Adat Maluku

2. Baju Pokko

pakaian adat Sulawesi Selatan
(Yuksinau)

Seperti halnya baju seppa tallung, pakaian pokko ialah pakaian adat spesial nan berpunca bersumber suku Toraja.

Busana ini di khususkan sekadar untuk wanita, dengan ciri khas yang punya lengan pendek dan warna yang cukup radikal seperti dandan asfar, merah dan putih.

Terletak aksesoris dan perhiasan yang disandingkan pada pakaian ini seperti manik-manik yang dipakai di dada, gelang, ikat pinggang dan berkas kepala yang disebut
kandure.

Dapat dibilang baju pokko adalah baju menggambar buat publik provinsi Sulawesi Kidul.

Baju pokko merupakan baju sah dan digunakan pada acara-programa resmi semata-mata.

Bahkan sebagai salah suatu upaya pelestarian pakaian adat ini pemerintahan kabupaten Tana Toraja mewajibkan pendayagunaan baju pokko setiap hari sabtu makanya setiap PNS di daerah tersebut.

Tidak hanya kaum pemudi saja belaka kaum laki-laki disana diwajibkan menyarungkan pakaian rasam sebagai pendamping rok pokko merupakan baju seppa tallung.

Baca Pula: Baju Adat Nanggroe Aceh Darussalam

3. Pattuqduq Towaine

Pattuqduq Towaine
(adat-tradisional.blogspot.com)

Pattuqduq towaine adalah pakaian resan yang mulai sejak berbunga Suku Mandar yang seringkali dikenakan puas program pernikahan maupun saat goyang badan pattiqtuq.

Pada ketika digunakan lakukan meronggeng rok pattuqduq nan digunakan ialah sebanyak 18 potong, sementara yang digunakan pada saat acara pernikahan sebanyak 24 cucuk.

Terdapat berbagai jenis yang dimiliki oleh pakaian pattuqduq yaitu gaun rawang boko atau pakaian pokok.

Tentunya terdapat motif bermacam rupa yang merias busana tersebut yang disandingkan dengan berbagai aksesoris dan pelengkap seperti riasan pada kepala, jasmani, tangan, dan sarung pada fragmen bawah.

Setiap perlengkapan yang dikenakan yakni keseleo satu media yang mencermikan budaya di suku Mandar.

Baca Pula: Pakaian Rasam Sumatera Lor

4. Rok Tutu

Baju Tutu
(mahligai-indonesia.com)

Pakaian tutu yakni busana adat yang berasal berpangkal tungkai Bugis. Baju ini terdiri semenjak jas yang punya merek jas tutu, disandingkan dengan serawal dan cemping sarung atau
lipa garusuk.

Terdapat penaung kepala yang perlu dikenakan seandainya memakai baju tutu nan bernama
songok.

Busana tutu punya bentuk lengan panjang, berkerah dan dihiasi sosi nan terbuat terbit (bahan/warna) emas atau perak.

Sedangkan untuk cemping sarung atau
lipa
terbuat bersumber bahan pangkal perca polos tetapi memiliki dandan yang cukup mencolok seperti warna merah ataupun hijau. Semua ciri singularis tersebut terkesan nekat dan mempesona pada sang pemakai baju tersebut.

Baju tutu digunakan plong seremoni adat alias acara bermakna begitu juga acara pernikahan atau penantian tamu penting yang bersifat biasa dan konvensional.

Baca Pun: Baju Adat Sumatera Barat

5. Baju Bodo

Baju Bodo
(Pinterest @Sitti Rohani)

Baju bodo merupakan versi wanita dari baju tutu yang berasal berpunca suku Bugis. Baju bodo memiliki rencana persegi catur dengan fragmen lengan yang cukup pendek. Adegan lengan tersebut memiliki ukuran setengah atas dari bagian kelukan lengan.

Busana bodo sudah ada dari zaman dahulu dan tersohor andai pelecok suatu baju ataupun baju adat yang memiliki semangat tertua di Indonesia.

Pada perkembangannya sendiri baju bodo awalnya memperalat tiras membayang, tetapi setelah masuknya agama Islam baju bodo lambat laun berubah menunggangi perca yang pas tebal.

Plong pewarnaannya sendiri rok bodo memiliki manfaat dan makna individual yang dapat menunjukan usia dan martabat atau gengsi sosial seseorang, diantaranya ialah :

  • Jingga, warna ini memiliki manfaat pemakai ialah momongan perempuan yang mempunyai nasib sekitar 10 hari.
  • Jingga
    dan
    Ahmar, warna ini memiliki kebaikan pemakai yaitu anak perempuan yang memiliki usia sekeliling 10 sebatas 14 perian.
  • Merah, warna ini memiliki maslahat pemakai yaitu anak perempuan yang memiliki hidup sekitar 17 sebatas 25 periode.
  • Putih, warna ini n kepunyaan keefektifan yang berlainan diantara warna di atas, warna putih menunjukan status sosial seseoriang. Warna putih berharga bahwa pemakai yaitu anak perawan yang bermula bersumber kalangan ajudan dan sinse.
  • Hijau, corak ini n kepunyaan kurnia pemakai merupakan perempuan yang berasal dari kalangan bangsawan.
  • Ungu, corak ini punya arti pemakai merupakan perawan yang berstatus janda yang tinggal di distrik Sulawesi Selatan.

6. Busana Merapulai

Pakaian Pengantin
(IDNTimes)

Pada masyarakat Sulawesi Selatan, acara pernikahan pada umumnya menggunakan pakaian sifat buat pengantin pria maupun pengantin wanita.

Plong mempelai laki-laki dapat menggunakan baju tutu atau model rok adat lain yang dapat menyetarafkan dengan gaun yang dikenakan maka dari itu pengantin wanita.

Sedangkan bakal raja sehari wanita penggunaan gaun bodo yakni pilihan terbaik dengan berbagai warna yang boleh menyesuaikan dengan gaun nan dikenakan oleh raja sehari adam.

Gaun bodo dapat disandingkan dengan aksesoris atau perhiasan yang dimulai dari kepala sampai pergelangan tangan.

Seperti mahkota atasan, kalung bersambungan, kerokot keroncong bersusun dan perhiasan yang ditempelkan plong lengan rok.

Baca juga:
Pakaian Adat Sulawesi Utara

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai busana adat traidisonal provinsi Sulawesi Selatan. Ada banyak keadaan yang bisa kita pelajari dari pakaian adat tersebut.

Keseleo satunya adalah kita akan belajar mengenai sejarah dan aset budaya Indonesia khusunya Sulawesi Kidul dari periode ke masa.

Seyogiannya tulisan ini dapat menjadi pelajaran, informasi dan penambah wawasan serta andai salah satu konservasi kebudayaan Indonesia.


Temukan beragam seleksian rumah terlengkap seperti pada perumahan Situ Golf di daftar peruntungan & iklankan milik kamu di Bisnis Hoki Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau kantor cabang maktab hak.

Beliau juga boleh membiasakan seterusnya mengenai Properti di Property Academy


by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melewati App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan fasilitas intern membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli carter properti.

Source: https://www.pinhome.id/blog/pakaian-adat-sulawesi-selatan/

Posted by: gamadelic.com