Nama Pakaian Adat Jawa Barat Laki Laki

Home » Materi » Seni Budaya & Prakarya » Pakaian Adat Sunda atau Jawa Barat

Pakaian Kebiasaan Sunda atau Jawa Barat

– Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:36 WIB

Pakaian Adat Sunda atau Jawa Barat

Keseleo satu pakaian adat yang sepan populer dan terkenal karena keunikannya adalah pakaian sifat berasal Jawa Barat.

Gaun adat Jawa Barat kebanyakan didominasi maka dari itu busana adat bersumber tungkai Sunda. Peristiwa ini dikarenakan rata-rata penduduk di Jawa Barat yakni Kaki Sunda.

Keunikan baju adat Jawa Barat adalah terletak sreg pencatuan pakaian berdasarkan tinggi sosialnya.

1. Baju Bedahan

Busana Bedahan merupakan salah suatu rok adat Jawa Barat. Baju ini digunakan oleh Kaki Sunda yang memiliki status sosial menengah. Baju Bedahan berbentuk gaun pengarah untuk kabilah pria.

Di masa penjajahan Belanda, baju ini galibnya dipakai pegawai negeri dan pamongpraja. Baju bedahan berwarna putih dipadukan dengan kain balut batik, sabuk, ikat kepala, jam tangan bersambungan emas, alas kaki dan ikat pinggang. Ketika dipakai, gaun ini akan terlihat seperti jas takwa dengan kerah di leher.

2. Kebaya Sunda

Kalau kaum pria mengenakan Gaun Bedahan, maka bikin suku bangsa wanitanya akan mengenakan Kebaya Sunda. Kebaya ini berfungsi andai penasihat, layaknya kebaya bersumber daerah lain.

Perbedaan antara Kebaya Sunda dengan Kebaya Jawa terwalak pada desain kerahnya. Jika kebaya Jawa berkerah V (V-neck), maka Kebaya Sunda berdesain kerah U (U-neck).

Kebaya Sunda lagi didesain panjang sebatas meliputi pinggul dan pukang. Bahkan di beberapa desain boleh lebih jenjang dari itu. Corak Kebaya Sunda umumnya cerah, seperti sirah, ungu muda, atau putih.

3. Busana Pangsi

Baju Pangsi adalah pakaian resan yang dikenakan kaum pria Sunda. Baju Pangsi Sunda hanya didesain dengan satu warna merupakan hitam. Desain Baju Pangsi dibuat dengan sangat primitif. Pakaian ini terdiri berpangkal lancingan pangsi hitam longgar dan pemimpin yang disebut dengan Salontreng.

Desain yang tertinggal tersebut menunjukkan bahwa Rok Pangsi ini diperuntukkan bagi lanang Sunda dengan tingkatan sosial rendah. Di masa lepas, baju ini dipakai oleh petani maupun buruh. Namun seiring berjalannya perian, Gaun Pangsi start dipakai untuk masyarakat luas.

4. Mojang Jajaka

Busana Mojang Jajaka merupakan salah satu baju resan Jawa Barat solo untuk pria dan perempuan yang masih lajang. Dilihat berasal namanya, pakaian kebiasaan Jawa Barat yang satu ini diperuntukkan kerjakan pemuda dan pemudi Sunda yang belum menikah alias lajang.

N domestik bahasa Sunda, mojang berarti gadis maupun perawan. Temporer jajaka berarti pemuda atau laki-laki yang belum perantaraan menikah.

Baju Mojang Jajaka didesain lakukan setelan lanang dan wanita. Gaun pria faktual jas terpejam sseperti beskap lengan panjang. Bawahannya substansial serawal panjang dengan warna senapas dengan atasan.

Sementara pakaian wanita berwujud kebaya dengan warna sesuai dengan gaun prianya. Buat antek, para mojang Sunda mengenakan kain berkas bermotif batik yang dililitkan di pinggang. Namun warna bisa tidak senada dengan kebaya.

5. Pakaian Mempelai

Baju adat Jawa Barat buat kemantin kebanyakan dipengaruhi maka dari itu pakaian putra-upik Kerajaan Sunda lega masa silam.

Gaun pengantin pria terdiri atas jas beber Prangwedana. Bikin ki pionir, pengantin pria akan mengenakan perca bermotif batik yang dililitkan di pinggang dengan pajang hingga mata tungkai.

Sementara pengantin wanita mengenakan atasan berwujud kebaya dari bulan-bulanan brokat dengan warna cuaca, seperti putih, krem, kuning, dan sebagainya. Bidak yang dikenakan pengantin wanita sama dengan pengantin pria, yaitu kain menulis yang dililitkan di pinggul dengan panjang sampai pangkal mata kaki.

Selain itu, pengantin wanita juga menggunakan kelat pundak di penggalan lengan, cincin permata, kalung, dan gelang permata. Selain itu lagi cak semau mahkota yang dikenal dengan Siger.



Cari Kata sandang Lainnya

Source: https://www.utakatikotak.com/Pakaian-Adat-Sunda-atau-Jawa-Barat/materi/detail/24501