Nama Pakaian Adat Bali Dan Ciri Khasnya

Ilustrasi gaun adat Melayu, sumber gambar: https://www.unsplash.com/


Riau yaitu suatu provinsi di Indonesia yang n kepunyaan perbuatan kebudayaan, salah satunya






pakaian




adat Melayu

. Keunikan baju sifat ini terletak pada tulangtulangan corak, dan filosofinya.


Pakaian adat Jawi menjunjung poin-nilai keislaman, sehingga enggak heran jika bentuknya mendatangi panjang dan terpejam.


Abstrak berasal pakaian rasam tersebut sederhana dan longgar, sehingga kian nyaman digunakan. Galibnya, masyarakat Riau memperalat pakaian Melayu momen menghadiri program resmi, sebagaimana ritual rasam ataupun pernikahan.



Keunikan Pakaian Kebiasaan Melayu



Rok adat Melayu terdiri berpunca beberapa jenis. Masing-masing dari gaun tersebut mempunyai keunikan tersendiri. Lalu, apa saja keunikannya? Simak ulasan ya lebih abstrak di bawah ini:

Ilustrasi pakaian rasam Melayu, mata air gambar: https://www.unsplash.com/


Rok Kebaya Labuh n kepunyaan gambar yang tidak terlalu sempit, namun juga tidak plus longgar. Panjangnya menyentuh betis, sedangkan panjang lengannya sekitar dua jari dari pergelangan tangan.


Kaprikornus, wanita yang mengenakan gaun ini bisa memperlihatkan perhiasan atau gelang yang dipakainya. lega bagian depan, baju ini dilengkapi dengan empat hingga lima buah kancing.


Rok Teluk Belanga merupakan


baju adat


yang digunakan makanya laki-laki. Keunikan mulai sejak pakaian ini yaitu memiliki kerah, buku tep, kancing berlian, atau kancing emas.


Rata-rata, pakaian ini dipasangkan dengan seluar korban tanpa motif atau polos alias celana dari bahan katun. Sebagai atribut, lega putaran pundaknya disematkan kejai songket atau kejai pelekat. Cara pengusahaan kejai samping yaitu ditarik ke samping kiri pinggang.


Busana Kurung ialah model baju nan longgar, sehingga enggak menampakkan tulang beragangan awak si pemakai. Busana adat ini tidak diperkenankan memakai alamat kejai yang tipis ataupun tembus pandang.


Rok kurung yang rata-rata dipakai sehari-hari memiliki panjang sepinggang. Sedangkan motif kainnya bisa bervariasi, entah itu suci alias motif rente.


Mengutip kiat


Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Bawah oleh Restian (2020),


Pakaian Cekak Kukus adalah baju adat yang digunakan oleh laki-laki.


Dari segi bentuk, Pakaian Cekak Musang tak jauh berbeda dengan Busana Periuk. Baju ini memiliki kerja raya dan episode lehernya terbelah ke bawah dengan panjang sekeliling 5 cm. Tujuannya yakni agar melajukan pemakainya saat mengenakan pakaian tersebut.


Keunikan pakaian adat ini adalah memiliki tiga kantong di bagian muka, merupakan satu di sisi kiri dan dua di bagian sumber akar. Baju cekak musang ini dapat dibeli suatu set dengan serawal tahapan bercorak nirmala.


Itulah penjelasan akan halnya


keunikan baju adat




Melayu



yang elegan. Selain sopan dan terkatup, gaun adat ini sangat nyaman digunakan karena tidak diskriminatif.

Source: https://kumparan.com/berita-terkini/4-macam-pakaian-adat-melayu-dan-ciri-khasnya-1xa0dPmrd87