Nama Nama Tarian Yang Ada Di Indonesia

Jakarta

Tari adalah salah satu kesenian nan banyak berkembang di Indonesia. Jumlah tarian tradisional asal Indonesia kembali mencapai ratusan. Namun, dansa segala apa saja yang paling populer?

Dikutip mulai sejak kancing ‘Saya Cak hendak Terampil & Produktif’, tari tradisional adalah tari yang sudah ada secara turun-temurun. Adapun, gerakan dan pakaian tari ini sudah baku dan tidak dapat diubah-ubah lagi.

Berikut daftar tarian tradisional asal Indonesia yang populer:

1. Tari Topeng Betawi

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tarian ini terbit berpangkal DKI Jakarta. Dalam tariannya, terdapat gerakan-propaganda yang harus dilakukan, yakni bersampingan nindak, selancar, kewer, cindol, selancar blang tur, dan gibang.

Bagi memainkannya, para penari tari Topeng Betawi biasanya dilengkapi dengan selendang, masker, dan juga topi berkemas superior pernak-pernik.

2. Tari Piring

Ratusan anak-anak di Kampung Berseri Astra Jorong Tabek menampilkan kesenian tari piring dan silat dalam acara Festival Kampung Berseri Astra bertema Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Kearifan Lokal di Kabupaten Solok, Sumatra Barat (28/4).
tarian negeri tradisional asal indonesia Foto: Tersendiri

Tari inai semenjak dari Sumatera Barat. Dansa yang menggunakan piring sebagai propertinya ini mempunyai kemustajaban syukur masyarakat kepada si Produsen atas rahmatnya.

Awalnya, ajojing ini digunakan oleh mahajana sebagai tanda terima kasih panen nan meluap. Tetapi seiring perkembangan zaman, tarian ini absah digunakan bikin acara penyambutan hingga pernikahan.

3. Tari Reog Ponorogo

Sesuai dengan namanya, dansa ini berasal berpunca Ponorogo, Jawa Timur. Para penarinya arus menggunakan topeng dadak merak yang besar.

Gambar berpokok dadak merak sendiri berkepala singa sahaja memiliki surai-bulu merak. Tarian Reog Ponorogo jamak dimainkan sebagai hiburan.

4. Tari Gantar

Joget ini protokoler dimainkan maka dari itu Suku Dayak berpunca Kalimantan. Makna di pencong tarian ini yakni memohon keberkahan kepada Dewi Sri atau Dewi Padi.

Pada zaman dulu, setelah memainkan dansa ini mahajana akan mengamalkan penyembelihan seekor kerbau. Bila mana darah kerbau keluar rimbun maka hasil panen yang dipedulikan akan subur.

5. Tari Saman

Tari Saman Kolosal di Gayo Luwes, Aceh
Tari-dansa Daerah Tradisional Asal Indonesia Terpopuler Foto: (Agus Setyadi/detikTravel)


Selain menari, mereka juga mericau dengan memuji kebesaran Allah SWT. Tarian ini pada dasarnya dimainkan makanya pria dan bukan perempuan. Tari Saman ialah tari tradisional berpunca Aceh yang dibuat oleh seorang ulama bernama Syekh Saman. Usaha tarian ini berfokus pada kecepatan sehingga menciptakan aliran yang indah.

6. Tari Jaipong

Tarian Kawasan Tradisional asal Indonesia lainnya adalah tari Jaipong yang dari mulai sejak Jawa Barat. Joget ini sepantasnya perpaduan pecah persuasi tari ketuk tilu, ronggeng, dan pencak kuntau.

Cak bagi memainkannya, para penari lumrah menunggangi kostum substansial sinjang, apok, dan sampur. Selain itu, mereka juga akan diiringi musik berpangkal goong, kecrek, dan juga rebab.

7. Tari Kecak

Bali, Indonesia - June 5, 2022: Traditional Ritual Balinese Kecak dance with elements of trance performed by men artists in traditional costumes  at Uluwatu Temple in the evening.
ajojing wilayah tradisional sumber akar indonesia Foto: Getty Images/dislentev

Tari nan berasal dari pulau Dewata ini terinspirasi dari ritual tradisional nan dilakukan publik Bali. Kemudian, tarian ini diadaptasi cak bagi mengiringi kisah Ramayana dan Shinta.

Galibnya, disko ini dimainkan oleh bertambah bersumber 50 manusia laki-laki. Persuasi tarian start dari menggerak-manuver tangan diikuti dengan suara ‘kongkalikong’ berulang kelihatannya.

Selamat belajar tarian daerah tradisional asal Indonesia!

Simak Video “Tari Kecak Uluwatu Bali yang Sarat dengan Filosofi Mistis

[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)





Source: https://travel.detik.com/travel-news/d-5177540/tarian-tarian-daerah-tradisional-asal-indonesia-terpopuler-ini-daftarnya