Nama Ibu Kota Kalimantan Selatan

Purbakala pada masa zaman es (glasial), bumi hanya memiliki satu benua yang disebut Pangea. Benua tersebut seiring berjalannya waktu membelah menjadi 2, yakni Laurasia dan Gondwana. Membelahnya Pangea dikarenakan lempeng tektonik selimut bumi bergerak dengan kecepatan 16 mm saban tahun. Pergerakan tersebut didorong oleh faktor gerak tektogenesa dan epirogenesa.

Tahun berjalan tanpa ada yang mampu menghentikannya. Rempak pergerakan lempeng tektonik semakin lain terhindarkan. Sehingga terbentuklah 5 tanah raya yang ada di mayapada yaitu Asia, Afrika, Amerika, Afrika, dan Eropa. Suka-suka satu lagi benua di mayapada nan bernama Antartika. Beberapa para tukang berpendapat bahwa Antartika bukan tertera tanah raya dikarenakan populasi khalayak yang minim bahkan damping tidak terserah.

Salah satu tanah raya adalah Asia, ialah yang terluas di marcapada. Jajaran tertinggi pulau besar yang terserah di dunia bisa ditemukan di Asia. Negara di Asia yang memiliki banyak pulau besar yaitu Indonesia. Di negara ini 5 pulau besar menempati kedudukannya, yakni Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Papua. Terdapat situasi meruntun yang asyik dibahas bersumber salah satu pulau tersebut, yakni Kalimantan.

Kalimantan

Sreg kenyatanya bahwa fakta pulau kalimantan ini dahulu disebut Borneo, bahkan hingga waktu ini nama tersebut masih berlaku. Secara administrasi, Pulau Kalimantan terdapat 3 negara merupakan Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darrussalam. Luas Pulau Kalimantan hingga ke 743.330 km². Dengan angka tersebut maka Kalimantan merupakan pulau terluas nomor 3 di marcapada setelah Papua. Bersabda mengenai pulau tidak terlepas dari bahasan administrasinya.

Sedikit ulasan di atas telah disinggung bahwa terdapat 3 negara nan merembah di tanah Borneo. Indonesia mendapatkan hoki terluas atas tanah Borneo ±73%. Administrasi provinsi atas Negara Ketunggalan Republik Indonesia yang rani di Pulau Kalimantan memiliki 5 wilayah.

Antara lain Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Paruh, dan Kalimantan Barat. Segala apa saja Ibukotanya? Topik tersebut akan diulas lega jabaran materi bak berikut.

Sejarah Kalimantan

Kalimantan merupakan keseleo satu Pulau di Indonesia yang dikenal juga dengan nama Borneo. Jenama Borneo diberikan makanya kolonial Inggris dan Belanda pada musim kolonialisme. Secara demografi (aji-aji yang membahas tentang penghuni), Pulau Kalimantan n kepunyaan populasi sebesar 21.258.000 arwah tiap-tiap tahun 2022.

Dengan besaran tersebut ditemukan kepadatan 21,52/km². Kepadatan pemukim dihitung dari jumlahnya masing-masing luas wilayah.

Turunan salih Kalimantan galibnya mengonsumsi sagu perumpamaan bahan makanan pokok. Hal ini dikarenakan beras rumit ditanam. Kerajaan nan pernah berjaya di Pulau Kalimantan yakni Kutai Kartanegara.

Bukti hadirnya kerajaan tersebut merupakan ditemukannya Prasasti Yupa. Hutan di Pulau Kalimantan merupakan habitat alami bagi orangutan, landak, menjangan, tapir, gajah borneo, badak borneo, dan bilang spesies jenggala lainnya.

Lalu etiket Kalimantan sendiri dibentuk makanya penduduk setempat yang berasal dari Mempelam Klemantan. Yaitu biji pelir endemik yang cuma boleh ditanam di Pulau Kalimantan. Negeri seribu kali besar juga merupakan sebutan bagi Pulau Kalimantan. Sungai terbesar dan terluas nan terletak di Indonesia letaknya di Pulau Kalimantan, merupakan Kali besar Kapuas. Kalimantan sendiri terbagi atas 5 provinsi dengan penjelasan ibarat berikut.

Ibukota di Kalimantan

Ibukota adalah sendi rezim dan administrasi kawasan tingkat provinsi. Kemajuan daerah bisa dilihat mulai sejak pesatnya kemenangan ibukota provinsi. Maka tak heran jika daerah tersebut pelalah dikaitkan dengan surganya infrastruktur dan muslihat perdagangan. Hingga kini, terbentuklah 5 provinsi di Pulau Kalimantan.

Area selalu mempunyai ibukota bikin menggampangkan pemerintahan di bervariasi daerah. Berikut beberapa ibukota provinsi di Kalimantan.

Samarinda, Kalimantan Timur

Kalimantan Timur terasuh pada tahun 1959. Awalnya, ibukota provinsi ini terwalak di Daerah tingkat Balikpapan. Namun karena kurangnya syarat administrasi, pada musim 1971 ibukota Provinsi Kalimantan Timur dipindahkan ke Kota Samarinda.

Provinsi tersebut mempunyai mata air devisa yang seksi lakukan pemerintah daerah maupun Indonesia. Yakni kehadiran PLTU yang menyumbang 40% setrum di seluruh penjuru negeri.

PLTU yaitu Pengobar Listrik Tenaga Uap. Munculnya uap terjadi karena pembakaran batubara. Provinsi Kalimantan Timur tenar dengan persediaan batubara yang melembak. Kondisi ini bagai biji pelir simalakama yang memiliki 2 sisi.

Sisi jihat menyatakan bahwa batubara menyumbang energi untuk PLTU sehingga menyempatkan listrik bagi kebutuhan umum Indonesia.

Arah lain mengklarifikasi bahwa kehadiran PLTU dan tambang batubara membawa dampak negatif bagi masyarakat sekitar. Tambang batubara meninggalkan tamatan makdan nan gado korban terutama anak-anak.

Lulusan galian tersebut berbentuk kobak air dengan kedalaman terbilang ekstrim. Niat bikin bersiram atau bermain air berujung murka alam karena dalamnya genangan tersebut. Hingga waktu ini, banyak bulan-bulanan berluruhan akibat mantan galian yang dibiarkan serupa itu cuma.

Tidak saja bekas galian galian, PLTU juga merugikan masyarakat seputar. Uap feses pembakaran tersebut mengandung zat ilmu pisah berbahaya yang mengancam kesehatan manusia terutama episode fotosintesis. Tak saja sosok, lahan dan pokok kayu pun terancam kualitasnya akibat paparan asap sisa pembakaran.

Disamping itu, Samarinda merupakan kota yang berjasa karena merupakan tempat persediaan produksi setrum negara.

Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Ibukota Kalimantan Kidul

Kalimantan Selatan ibukota provinsi tersebut terdapat di Banjarmasin. Penetapan Banjarmasin sebagai ibukota Daerah Kalimantan Selatan sudah terjadi sejak Indonesia belum terbentuk, tepatnya tahun 1937.

Kala itu, Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Di daerah tingkat ini banyak ditemukan basyar jawi, sampit, dayak, sebagai suku asli penghuni Pulau Kalimantan. Minyak Sawit ialah sumberdaya alam terbesar yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Baca juga; Pasar di Banjarmasin di Kalimantan Selatan

Pontianak, Kalimantan Barat

Ibukota Kalimantan Barat

Pontianak adalah ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Penetapannya terjadi setahun setelah Indonesia merdeka tepatnya periode 1946. Pontianak merupakan kewedanan nan istimewa, sebab disini dilalui garis khatulistiwa.

Bukti tersebut ditandai maka dari itu monumen khatulistiwa. Di Pontianak pelalah dijumpai orang etnis Tionghoa. Hal ini disebabkan sejak masa kolonial Belanda, Pontianak menjadi tujuan bagi para bani adam Tiongkok lakukan berjualan.

Di Pontianak banyak ditemukan kebun durian. Bisa dibilang bahwa Kalimantan Barat merupakan kewedanan yang menyempatkan durian sepanjang waktu. Takdirnya berkunjung disini, pastikan membawa tabir syamsu. Sebab bilamana musim kering, suhu di Pontianak dapat mencapai 42°C pada siang hari.

Selain itu, Pontianak yaitu ii kabupaten terbesar se-Pulau Kalimantan. Jadi enggak heran jika beberapa artis-artis di Indonesia merupakan khalayak asli Pontianak.

Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Palangkaraya merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Perdua. Penetapannya terjadi plong tahun 1957. Di Kalimantan Perdua terdapat rahat minyak yang menjadi bahan biasa pembuatan BBM (Mangsa Bakar Minyak).

Badan Propaganda Milik Negara (BUMN) PT Pertamina Persero Tbk membangun kilang petro di Wilayah Kalimantan Tengah, sebab disana merupakan tambang yang memberahikan.

Tarakan, Kalimantan Paksina

Fakta Kalimantan Lor mengistilahkan bahwasanya wilayah inilah yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Provinsi ini menjadi yang termuda diantara nan tidak. Ibukota Daerah Kalimantan Lor terwalak di Tarakan. Penetapannya terjadi sreg musim 1997.

Netra uang Indonesia merupakan peso tidak menjadi yang utama disini. Hal ini disebabkan mata persen ringgit milik Malaysia juga berlaku. Hingga sekarang, Tarakan digunakan bagaikan praktek Guru Garis Depan (GGD) dalam mengemban amanah mengajar di perbatasan.

Baca pun;

  1. 34 Provinsi dan Ibukotanya di Indonesia
  2. 122 DAFTAR Daerah 3T di Indonesia
  3. Bahasa Daerah di Indonesia 34 Provinsi

Bumi ini memang ladangnya ilmu, maka berusul itu kita harus senantiasa mencari sumber wawasan dan edukasi agar menjadi turunan yang berguna bagi nusa dan bangsa. Sekian artikel siapa ini semoga berharga bagi pembaca. Salam sukses!

Source: https://www.faktadaerah.com/2019/06/ibukota-provinsi-di-kalimantan.html

Posted by: gamadelic.com