Nama 10 Malaikat Beserta Tugasnya



10 nama malaikat dan tugasnya


Foto: Landasan. iStock

Jakarta

Anak asuh mulai ikut SD lalu sparing tentang 10 malaikat dan tugasnya? Mari kita ajarkan nama malaikat dan tugasnya sesuai agama Islam.

Cak semau 10 malaikat dan tugasnya yang perlu dipahami sang kecil sejak dini. Kamu bisa mengajarkan anak tentang 10 malaikat dan tugasnya secara perlahan sehingga hapal dan memahami makna dari bunyi rukun Iman ke-2 dalam agama Islam yang berbunyi; ‘Berkepastian kepada malaikat-malaikat Sang pencipta SWT’.

Dalam sebuah hadist juga menyebutkan mengenai heksa- damai Iman yang mengistilahkan bahwa umat Muslim harus percaya kepada malaikat-malaikat Almalik SWT. Tidak cuma percaya tapi akan lebih baik jika hapal 10 nama malaikat dan tugasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

الايمان أن تؤمن بالير وملكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمين بالقدر خيره وشره

Artinya:

“Religiositas itu ialah anda akan percaya (beriktikad) pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab suci-Nya, utusan tuhan-rasul-Nya, hari penghabisan (yaumul) dan sira akan beriktikad kepada takdir baik dan buruk dari pada-Nya.” (HR. Muslim)

Sudah lalu hapal 10 tera malaikat dan tugasnya yang mau diajarkan ke anak? Mari kita ingatkan lagi akan halnya 10 nama malaikat dan tugasnya nan sesuai dengan kelestarian Tuhan SWT, sama dengan dikutip dari pokok yang berjudul ‘Malaikat dalam al-Qur’an: Nan Lumat dan Lain Terlihat karya Quraish Shihab’.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

1. Malaikat Rohulkudus, Tugasnya Menganjurkan Tanzil Almalik SWT

Jenama malaikat dan tugasnya yang pertama yaitu Malaikat Jibril. Malaikat Roh kudus tugasnya menampilkan tanzil Allah SWT kepada Rasul Muhammad SAW. Di samping itu, Malaikat Jibril tugasnya juga mengajarkan agama kepada umat Allah SWT melewati Nabi Muhammad SAW. Kejadian ini tertuang dalam pertinggal An Nahl ayat 102 nan berbunyi;

نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنُ ۙ
قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ – ١٠٢

Artinya:

“Katakanlah, ‘Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur’an itu bersumber Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) sosok nan sudah lalu beriktikad, dan menjadi petunjuk serta pengetahuan gembira bagi anak adam yang berserah diri (kepada Sang pencipta)’.”

2. Malaikat Mikail, Tugasnya Mengatur Kas dapur

Malaikat Mikail tugasnya ialah mengatur rezeki terbit Allah SWT kepada makhluk hidup di manjapada. Selain itu, malaikat dan tugasnya yang menurunkan hujan abu, serta menyuburkan tanaman, juga menjadi episode dari tugas Malaikat Mikail.

3. Malaikat Israfil, Tugasnya Meniup Sangkakala

Segel malaikat dan tugasnya untuk meniup sangkakala pada tahun Akhir zaman adalah Malaikat Israfil. Malaikat Israfil dan tugasnya tertuang dalam surat Az Zumar ayat 68 yang berbunyi;

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ – ٦٨

Artinya:

“Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali kembali (sangkakala itu) maka seketika itu mereka pulang ingatan (berbunga kuburnya) menunggu (keputusan Allah).”

4. Malaikat Izrail, Tugasnya Mencabut Nyawa

Cak semau juga Malaikat Izrail dan tugasnya merabut semangat semua makhluk hidup di dunia sehingga dikenal sebagai malaikat maut. Tugas Malaikat Izrail ada n domestik firman Allah SWT lewat surat As Sajdah ayat 11 yang berbunyi;

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ ࣖ – ١١

Artinya:

“Katakanlah, ‘Malaikat maut yang diserahi bikin (mencabut kehidupan)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan’.”

5. Malaikat Munkar, Tugasnya Bertanya di Alam samar

Nama malaikat dan tugasnya yang memberikan pertanyaan kepada orang senyap di alam barzakh adalah Malaikat Munkar. Setelah meninggal dunia, setiap orang akan ditanyakan mengenai darmabakti perbuatannya di dunia oleh Malaikat Munkar.

6. Malaikat Nakir, Tugasnya Memberikan Pertanyaan di Alam Kubur

Label malaikat dan tugasnya sama dengan Malaikat Munkar yang akan mengasihkan soal kepada manusia mati di standard kubur yakni Malaikat Nakir. Malaikat Munkar dan Nakir akan menyoal kepada orang yang meninggal dunia setelah dikuburkan mengenai amal mereka selama nasib di dunia.

7. Malaikat Raqib, Tugasnya Menyadari Amal Baik Basyar

Malaikat Raqib punya tugas mencatat amal baik insan. Malaikat Raqib juga mencatat karsa baik manusia walaupun belum diwujudkan internal lembaga tindakan.

Untuk itu, ajarkan anak mengamalkan baik sejak dini. Apa masyhur, supaya masih dalam bentuk niat sudah dicatat oleh Malaikat Raqib sesuai tugasnya yang sudah lalu ditetapkan oleh Tuhan SWT.

8. Malaikat Atid, Tugasnya Menyadari Amal Buruk Orang

Kebalikan dengan Malaikat Raqib, Malaikat Atid tugasnya mencatat kebajikan buruk manusia. Sesuai nama malaikat dan tugasnya, percaya plong Malaikat Raqib dan Malaikat Atid tertuang dalam pertinggal Al Qaf ayat 18 yang berbunyi;

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلَّا لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ – ١٨

Artinya:

“Lain ada satu perkenalan awal yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat inspektur yang pelalah siap (mengingat-ingat).”

Selalu ingatkan mudah-mudahan anak menjauhi keadaan-situasi buruk. Ingatkan kalau ada Malaikat Atid nan kerap siap menyadari perbuatan buruk manusia.

9. Malaikat Malik, Tugasnya Menjaga Gapura Neraka

Label malaikat dan tugasnya menjaga pintu neraka adalah Malaikat Malik. Etiket Malaikat Malik dan tugasnya sudah lalu tertuang internal Al Quran di surat Az Zukhruf ayat 77 yang berbunyi;

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مَّاكِثُوْنَ – ٧٧

Artinya:

“Dan mereka berseru, ‘Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.’ Dia menjawab, ‘Sungguh, kamu akantetap tinggal (di neraka ini)’.”

10. Malaikat Ridwan, Tugasnya Menjaga Bab Surgaloka

Label malaikat dan tugasnya nan inkompatibel dengan Malaikat Malik adalah Malaikat Ridwan. Malaikat Ridwan tugasnya adalah menjaga portal surga.

Disebutkan privat sejumlah kisah Islami kalau Malaikat Ridwan akan menyambut dengan palamarta semua hamba Tuhan SWT yang masuk taman firdaus.

Yuk ajarkan ke momongan 10 malaikat dan tugasnya agar mereka hapal serta memaklumi makna berbunga bunyi damai Iman ke-2.

Simak Video “Lyodra Pamer Foto Bareng Park Min Young hingga Seo In Guk

[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)







Source: https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-6212690/10-malaikat-dan-tugasnya-yang-bisa-diajarkan-ke-anak

Posted by: gamadelic.com