Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi Adalah

Pecihitam.org-
Berpunca sejumlah nama-nama 25 Rasul dan Utusan tuhan, terserah lima orang Nabi dan rasul yang mendapatkan gelar ulul ‘azmi. pada kesempatan ini, kita akan belajar bersama adapun merek-nama Nabi dan Rasul yang mendapatkan gelar ulul ‘azmi serta selintas kisahan mengenai sukma 5 Nabi dan Utusan tuhan tersebut.


Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang boleh menulis secara rutin. Anda dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Selam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke parit-saluran sosial media kamu maupun bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.



DONASI Saat ini

Secara bahasa ulul ‘azmi berpokok berpokok dua introduksi, yakniulul dan ‘azmi. Manfaat semenjak kataulu atauuli merupakan n kepunyaan alias n kepunyaan, sedangkan ‘azmi artinya adalah tekad atau keteguhan hati yang langgeng. Jadi kurnia dari ulul ‘azmi adalah sendiri utusan nan memiliki kesabaran, toleransi, dan keuletan yang asing baku, dalam menjalankan tugas sucinya sebagai rasul, biarpun menghadapi berbagai rupa kendala mulai sejak kaumnya.

Para utusan tuhan ulul ‘azmi ini tegar loyal puas hati dan pendiriannya untuk membentangkan ajaran alias ilham Allah SWT kepada umatnya. Rasul yang mendapatkan gelar ulul ‘azmi ini merupakan:

  1. Nabi Nuh‘alaihis salam (a.s.)
  2. Rasul Ibrahim ‘alaihis salam (a.s)
  3. Nabi Musa ‘alaihis salam (a.s)
  4. Rasul Isa ‘alaihis salam (a.s), dan
  5. Nabi Muhammadshallallaahu ‘alaihi wasallama (saw.)

Rasul yang bergelar ulul ‘azmi ini suka-suka yang menyingkatnya dengan singkatan “NIMIM”, dengan tujuan agar mudah diingat. Berikut ini ikhtisar kisah adapun para rasul ulul ‘azmi yang punya kegigihan, ketabahan, dan sikap-sikap mulia lainnya dalam menghamburkan ajaran Allah swt.

  1. Nabi Nuh AS

Karena kesabarannya dalam menyebarkan Agama Islam, maka Nabi Nuh menerima gelar Ulul Azmi. Dalam perjalanan dakwahnya, banyak dari umatnya yang tidak beriman dan juga menolak gentur wahi nan dibawa maka dari itu Nabi Nuh. Singkat cerita Allah kemudian murka kepada umat Nabi Nuh. Utusan tuhan Nuh diperingatkan rayuan banjir besar nan akan terjadi. Kepadanya Allah kemudian memerintahkan kerjakan membuat sebuah kapal nan sangat besar.

Kemudian peringatan ini oleh Nabi Nuh disampaikan kepada umatnya. Akan tetapi banyak dari umatnya yang tidak berketentuan dan menentang keras bahkan mencemooh atas peringatan Utusan tuhan Nuh tersebut. Kendatipun detik itu ialah musim kemarau nan lalu panjang. Tetapi peringatan tersebut bermartabat adanya. Maka terjadilah air sebak bandang yang besar dan menggagalkan seluruh umat-umat Nabi Nuh yang tidak ki ajek akan peringatan Sang pencipta.

  • Utusan tuhan Ibrahim AS

Pasti banyak dari para pembaca yang sudah atau bahkan sering mendengar kisah ini. Utusan tuhan Ibrahim maka dari itu Allah SWT diberikan banyak sekali ujian sekaligus mukzizat. Rasul Ibrahim memiliki mu’jizat yakni selamat dari sambaran api oleh Raja Namruj, Selain itu Nabi Ibrahim juga membangun Ka’bah dan menjadi sejarah adanya penyembelihan Qurban,.

  • Nabi Musa AS

Sebuah kisah Nabi Musa dan Fir’aun yaitu cerita yang tinggal populer. Nabi Musa diberi tantangan makanya Allah ketika menyebarkan Agama Selam kerjakan mendakwahi Fir’aun. Rasul Musa n kepunyaan muzizat riil tongkat yang dapat membelah ki akbar dan juga boleh menciptakan menjadikan tongkatnya berubah menjadi dumung. Cuma kejadian tersebut tidak bisa membuat fir’aun menjadi tetap. Karena kegigihan dan kesabarannya intern menyerakkan agama tauhid Rasul Musa menjadi riuk satu Nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi.

  • Utusan tuhan Isa AS

Rasul selanjutnya yaitu Nabi Isa. Banyak sekali mu’zizat yang didapatkan beliau. Anda dapat membuat seekor ceceh dari kapling liat, menghidupkan orang tenang, sudah dapat berfirman ketika masih bayi, mendatangkan rahim, selamat bersumber penyaliban, memulihkan kebutaan dan masih banyak lagi. Riuk satu mu’jizat terbesarnya adalah diturunkan oleh Allah kitab Injil kepadanya bagaikan pedoman bagi umat puas masanya.

  • Nabi Muhammad SAW

Rasul Muhammad merupakan Nabi terakhir bagi Umat Islam. Nabi Muhammad adalah seorang Utusan tuhan nan paling kecil banyak diuji oleh Yang mahakuasa. Akan tetapi ia juga mendapatkan mu’jizat paling banyak diantara para Nabi lainnya. Diantara banyaknya mu’jizat dan kepentingan yang diberikan oleh Almalik kepadanya, mu’jizat nan terbesar merupakan diturunkannya Kitab Suci Al-quran ibarat pedoman spirit umat orang.

  • Author
  • Recent Posts

Mochamad Ari Irawan

Source: https://pecihitam.org/nama-nama-nabi-dan-rasul-yang-mendapatkan-gelar-ulul-azmi/