Musim Hujan Di Indonesia Terjadi Antara Bulan

Kompas TV

nasional

hal





Waspada, Periode Hujan abu di Indonesia Tahun Ini Datang Lebih Awal, Ini Penjelasan BMKG



Jumat, 9 September 2022 | 06:24 WIB

waspada-musim-hujan-di-indonesia-tahun-ini-datang-lebih-awal-ini-penjelasan-bmkg

Ilustrasi waktu hujan. BMKG memprakirakan periode hujan di Indonesia datang lebih awal yakni pada bulan September hingga Oktober 2022. (Perigi: Kompas.com)

Penulis :
Nadia Intan Fajarlie
| Editor :

Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV –
Bodi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan waktu hujan angin tahun 2022 di Indonesia kelak plong bulan September hingga November, kian tadinya daripada lazimnya.

BMKG juga memprakirakan puncak musim hujan abu terjadi pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Selain itu, curah hujan di Indonesia sekali lagi diprakirakan akan meningkat seiring dengan Fenomena La Nina yang terus melemah mendekati independen lega periode Desember 2022 – Januari 2023 serta fenomena Indian Ocean Dipole yang akan tetap negatif setakat November 2022.

“Kombinasi berusul kedua fenomena tersebut (La Nina dan IOD Negatif) diprakirakan akan berkontribusi plong meningkatnya curah hujan abu di Indonesia,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam Konferensi Pers Prakiraan Musim Hujan 2022/2023 di Jakarta, Peparu (31/8/2022) dilansir berpangkal laman BMKG.

Baca Juga: Hujan Rimbun Mulai Melanda Jakarta, BMKG Peringatan Potensi Petir dan Angin di Awal Tahun Hujan

Ia sekali lagi mengatakan, prakiraan awal musim hujan angin ini merupakan hasil dari kajian zona musim terupdate (ZOM9120) yang telah dilakukan BMKG untuk menjamin dan memastikan prakiraan musim penghujan di Indonesia menjadi lebih akurat dan tepat.

Zona perian terupdate (ZOM9120) ini, kata sira, merupakan hasil bersumber kegiatan Pemutakhiran Zona Musim berdasarkan Protokoler Curah Hujan angin periode 1991-2020.

Sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Maluku, dan Papua diprakirakan akan mengawali tahun hujan bulan September 2022. Peristiwa ini berlandaskan pernyataan Dwikorita yang menerangkan, dari kuantitas 699 ZOM di Indonesia, sebanyak 114 ZOM (16,31 uang) mengawali hari hujan sreg bulan September 2022.

Adv amat, sebanyak 175 ZOM (25,03 persen) akan memasuki waktu hujan lega bulan Oktober 2022, meliputi sebagian Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sementara itu, sebanyak 128 ZOM (18,31 uang) akan memasuki Musim Hujan pada rembulan November 2022, membentangi Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sementara itu bakal ZOM lainnya, awal Musim Hujan abu tersebar pada rembulan Juli – Agustus 2022, Desember 2022 serta Januari – Mei 2023.

Baca Juga: Jawa Tengah Masuki Hari Hujan Makin Cepat, Beberapa Distrik Menginjak September 2022

Saat ini, terletak 60 ZOM (8,6 uang jasa) yang sudah mengalami perian hujan menghampari Riau penggalan daksina, sebagian Sumtera Selatan, Bengkulu babak selatan, dan Jawa Barat penggalan daksina.

Kemudian Kalimantan Barat episode selatan, Kalimantan Tengah adegan timur, Kalimantan Daksina babak selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Lor adegan utara, sebagian Maluku dan sebagian Papua Barat.

Selain itu, terdapat sebanyak 113 ZOM yang mengalami musim musim hujan sejauh hari.

BMKG, lanjut Dwikorita, mengimbau seluruh kementerian/rajah, Pemerintah Daerah dan stakeholder serta awam cak bagi tunak mewaspadai wilayah-kawasan nan akan memasuki perian hujan bertambah awal alias modern dibanding normalnya dan provinsi yang diprakirakan akan mengalami musim hujan kian basah dari normalnya. Utamanya terhadap probabilitas dampak musim hujan dengan menyiapkan penanganan dan mitigasi kemungkinan terjadinya bisikan, terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana banjir.

“Pemerintah daerah dapat lebih optimal melakukan pemeliharaan, restorasi, dan normalisasi aliran sungai, daerah tampungan air, dan drainase beserta fasilitas penunjang lainnya. Selain itu, pemerintah dapat melakukan penyuluhan pembuatan wilayah dan sumur resapan di seputar pemukiman rawan terdampak batu banjir,” pungkasnya.






Sumber :
Kompas TV, BMKG

REKOMENDASI Bakal ANDA

Powered by








Video Sortiran

BERITA LAINNYA




Source: https://www.kompas.tv/article/326705/waspada-musim-hujan-di-indonesia-tahun-ini-datang-lebih-awal-ini-penjelasan-bmkg