Musik Tradisional Dari Betawi Adalah

Instrumen nada Betawi
– Indonesia dikenal sebagai negara gugusan pulau yang mewah akan sumur daya alam, ragam budaya, agama, bahasa dan potensi untuk dikembangkan. Salah satunya adalah kekayaan musik tradisional.

Indonesia punya musik nan tidak dimiliki oleh warga mayapada nan lain, musiknya partikular, mak-nyus dimainkan, bersahabat dengan alam, dan diakui maka itu dunia.

Musik tradisional sebagai musik yang berkembang secara tradisional di galengan suku-suku tertentu nan bermula dari berbagai kewedanan tak terkecuali di Indonesia.

Lahir dan berkembang di suatu daerah tertentu dan diwariskan secara merosot-temurun dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Keberadaannya menggunakan bahasa, mode dan tradisi spesial negeri setempat.

Cuma, di zaman yang serba modern seperti sekarang ini musik tradisional mulai dilupakan karena dianggap kurang sesuai dan ketinggalan Zaman. Sebagai anak akil balig dan generasi penerus bangsa, rasanya terdahulu banget cak bagi kita mengetahui alat musik tradisional. Paling tidak mengetahui alat nada tradisional negeri tempat dimana kita sangat.

Seharusnya kita dapat mengenal musik tradisional asal Betawi yang sekarang menjadi provinsi asal kita tinggal. Karena takdirnya bukan kita yang menyerang, siapa lagi Grameds?

Alat nada tradisional merupakan instrumen musik ataupun peranti musik yang berkembang pada satu daerah dan sudah lalu berkembang secara turun temurun. Alat nada tradisional diciptakan lega distrik tertentu, sehingga alat musik suatu provinsi dengan kawasan lainnya tentu farik. Lamun suka-suka beberapa alat musik yang terlihat mirip, perbedaan akan cinta ada.

Separas seperti kawasan enggak, Betawi juga mempunyai berjenis-jenis alat nada tradisional yang khas. Meskipun momen ini peranan andai radas irama tradisional berangkat marginal dan bisa dikatakan sudah semakin langka, namun peranan dari perkakas musik Betawi setia tak bisa dianggap remeh dan patut untuk dilestarikan.

Pesatnya kemajuan ibu daerah tingkat dan berangkat kurangnya kemauan dari generasi muda untuk melestarikan warisan kebudayaan disinyalir sebagai salah suatu penyebab langkanya pertunjukan dari warisan kebudayaan tradisional ini. Padahal suku nan banyak mendiami wilayah Ibu Kota Jakarta ini mempunyai heterogen jenis radas musik yang habis pantas untuk dilestarikan.

Alat Musik Betawi
Sumber: Kompas.com

Alat nada tradisional setiap daerah punya kegunaan per. Baisanya, alat nada ini disandingkan dengan warisan budaya tradisional lainnya sebagaimana tari atau upacara resan.

Alat musik tradisional mempunyai 3 fungsi utama, yaitu :



  1. Sebagai alat atau sarana seremoni adat yang sudah dilakukan secara drop menurun dan berlangsung sejak lama. Tidak cuma pada upacara sifat yang berkaitan dengan keterangan gembira begitu juga perkawinan dan kelahiran, saja gawai musik tradisional ini juga digunakan puas upacara mortalitas dan seremoni keimanan atau seremoni adat lainnya
  2. Alat musik tradisional berkaitan dengan warisan budaya lainnya, yakni pergelaran seni suatu daerah. Alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi atraksi seni agar kian hidup.
    Singgasana alat nada tradisional ini tidak dapat dipisahkan dan sudah menjadi satu kesatuan semenjak pertunjukan itu sendiri
  3. Sebagai sebuah media komunikasi, rakitan dan ekspresi pemukim setempat

Ragam Instrumen Musik Betawi

Betawi sebagai salah satu kabilah di Indonesia yang bertempat tinggal di Jakarta. Kebudayaan Betawi ialah budaya hasil berpangkal fotosintesis dan akulturasi dari bineka budaya.

Sesuai dengan pendapat berpangkal bermacam rupa pihak, bahwa suku Betawi yaitu hasil pecah perkawinan antar kerumunan rasial dan budaya yang sudah bertambah lewat ada di Jakarta seperti Sunda, Melayu, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, Arab, Tionghoa dan India.

Alat Musik Betawi
Sumber: Kompas.com

Mengenai tentang alat musik tradisional, tentunya secara umum radas musik tradisional Betawi memiliki bineka keberagaman dan bentuk seperti halnya negeri lain. Berbunga alat musik tiup, perlengkapan musik menggisil, perangkat nada pukul semuanya mempunyai fungsi alias peranan masing-masing.

Peranti musik Betawi gelojoh digunakan lega program-program tertentu seperti pertunjukan kesenian tradisional, acara adat setakat pengiring atraksi cerita rakyat Si Pitung yang patut populer di gudi mahajana luas. Berikut contoh perkakas musik Betawi dan kegunaannya:

1. Gambang

Alat musik khas betawi yang pertama adalah gambang. Gambang merupakan alat musik tradisional Betawi yang terbuat dari bilah papan yang berjumlah 18 mistar dan berbentuk seperti sampan.

Kayu yang publik digunakan untuk membentuk gambang adalah papan manis, suangking dan ahlu batu. Saban bilah tiang dapat dihasilkan irama yang farik sesuai dengan ukuran. Gambang sendiri berfungsi sebagai pengusung internal kesenian gambang kromong.

Alat Musik Betawi
Sumber: Kompas.com

2. Kromong

Kromong biasa disebut lagi dengan bonang. Jika gambang terbuat dari kayu, maka kromong terbuat bersumber logam. Cara memainkan perlengkapan gambang dan kromong ini sama setolok dipukul.

Fungsi bermula kromong ataupun bonang yakni sebagai pembawa melodi ki akal dari radas-organ musik yang lainnya.

3. Gambang Rancag

Gambang rancag terdiri berusul dua unsur, yaitu gambang dan rancag. Gambang signifikan musik pengiringnya dan rancag bak cerita nan dibawakannya.

Gambang rancag sebagai nyanyian nan menuturkan cerita rakyat Betawi n domestik bentuk pantun terkait. Gambang rancag umumnya menyanyikan lakon jago seperti mana Si Pitung, Si Jampang, dan Si Angkri.

https://www.gramedia.com/products/rekacipta-lenong-dalam-komedi-betawi-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rekacipta-lenong-dalam-komedi-betawi-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Istimewanya lakon-lakon ini diubah menjadi pantun berkait. Lakon yang diubah menjadi puisi lama terkait dibawakan alias dinyanyikan maka itu dua khalayak bergantian, seperti berbalas kelong.

Kemudian, perabot nada keroncong tugu ditambah dengan suling, biola, kompang, mandolin, cello, kempul dan triangle atau besi segitiga.

Lalu lagu yang belalah dibawakan berirama melankolis, diperluas dengan nada pantun, irama stambul, irama Melayu, langgam keroncong, dan langgam Jawa.

4. Marawis

Alat Musik Betawi
Sendang: Price wilayah

Marawis merupakan alat musik tradisional hasil dari perpaduan budaya antara budaya Betawi dan budaya Timur Tengah. Alat nada Betawi satu ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan diadaptasi juga laksana instrumen musik Bengkulu.

Marawis punya bentuk menyerupai rebana, hanya terdapat perbedaan pada bentuknya. Marawis juga mempunyai bentuk yang bertambah lebar dibandingkan dengan rebana yang memiliki bentuk lebih pipih.

Begitu juga halnya kompang, mawaris mempunyai unsur religiositas yang kental karena seringkali digunakan perumpamaan pengarak program keagamaan dan lirik lagu yang dibawakan merupakan penghargaan dan kecintaan pada Tuhan.

Marawis dibedakan menjadi tiga putaran berdasarkan birama atau musik yang dihasilkan seperti berikut.

  1. Zapin, mempunyai musik lebih lambat dan digunakan cak bagi mengiringi lagu-lagu yang mempunyai suasana gembira. Misalnya lagu berbalas pantun detik di akad nikah khas Betawi, shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan lagu Melayu.
  2. Sarah, memiliki nada dan nada yang menghentak serta menggarangkan kehidupan. Sarah digunakan detik acara seperti memandu merapulai.
  3. Zahefah, tak terlalu farik dengan sarah mempunyai irama atau irama yang sebanding. Zahefah digunakan kerjakan mengiringi lagu di majlis.

5. Rebana Biang

Dinamakan rebana biang karena salah satu ukurannya berbentuk besar. Rebana ini terdiri dari tiga kompang. Yang kecil bergaris tengah 30 cm diberi tanda Gendang. Yang berukuran madya bergaris paruh 60 cm dinamakan Kotek. Yang minimum osean bergaris paruh 60-80 cm dinamakan Biang.

Karena bentuknya yang ki akbar, gendang biang sukar dipegang. Kerjakan memainkannya para pemain duduk sambil membendung rebana.

Dalam menyanyikan sebuah lagu, ketiga rebana itu mempunyai fungsi sendiri-koteng. Biang berfungsi kenung, gendang dipukul secara rutin untuk mengisi irama birama sela berusul biang.

Kotek lebih kepada improvisasi dan pemain kotek biasanya paling mahir diantara yang lain. Semula rebana ini lahir tercalit kegiatan tarekat. Lagu-lagunya antara bukan Allahu-Ah, Robbuna Salun, Allah Aisa, Allahu Sailillah, Alfasah, Dul Sayiduna, Dul Laila, dan enggak sebagainya.

Alat Musik Betawi
Sumber: SetuBabakan.com

6. Kompang Ketimpring

Rebana ketimpring misal jenis rebana yang minimal kecil. Garis tengahnya namun bermatra 20 hingga 25 cm. Dalam satu grup cak semau tiga biji zakar rebana.

Ketiga rebana itu memiliki sebutan ialah gendang tiga, rebana catur dan gendang lima. Rebana lima mempunyai fungsi sebagai komando.

Bak komando, redap lima diapit oleh rebana tiga dan gendang empat. Gendang ketimpring ada dua jenis yaitu redap ngarak dan rebana mauled.

Sesuai dengan namanya, rebana ngarak memiliki fungsi mengarak dalam suatu arak-arakan. Rebana ngarak biasanya mengarak pengantin pengantin laki-laki menuju ke flat mempelai pengantin wanita. Syair lagu rebana ngarak biasanya, Syair lagu rebana ngarak kebanyakan shalawat.

Syair shalawat diambil dari kitab Mauled Syarafal Anam. Addibai, atau Diiwan hadroh. Karena fungsinya sebagai menganjuri itu, rebana ngarak tidak statis di satu tempat cuma.

https://www.gramedia.com/products/seri-yuk-mewarnai-alat-musik-tradisional?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/seri-yuk-mewarnai-alat-musik-tradisional?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

7. Rebadan Hadro

Rebana Hadro mempunyai ukruran 25 cm – 35 cm. lebih raksasa berbunga rebana ketimpring. Pada papan kelongkongan dipasang tiga pasang galangan logam berfungsi andai kerupuk kulit. Fungsi dari gendang ini yaitu :

  • Bawa, sebagai komando, dimana berfungsi laksana komando nan pukulannya kian bersebelahan
  • Ganjil/ Seling, sebagai pengiring atau yang isi mengisi dengan Bawa
  • Gedug, sebagai pengiring yang tepat.

8. Gender

Gender sama begitu juga kromong nan terbuat berpunca bahan ferum. Selain perunggu, gender biasanya kembali terbuat berbunga target kuningan alias besi.

Gender sendiri terdiri atas 10 hingga 14 biji kemaluan mistar kusen logam yang dibentuk ke dalam sebuah peti yang terbuat terbit kayu.

Fungi bersumber gender cukup vital kerumahtanggaan sebuah tontonan. Selain sebagai penuntun penyanyi untuk memulai lagu, gender juga berfungsi umpama penyelaras dan pemimpin intern sebuah lagu.

9. Gendang

Rebana termasuk ke dalam salah satu contoh alat irama Betawi dan kegunaannya cukup ki akal dalam sebuah pertunjukkan. Rebana terdiri atas 3 macam yaitu rebana biang, hadroh dan ketimpring.

Ketiganya dibedakan bersendikan ukuran. Fungsi rebana yakni sebagai pengiring jalannya lagu dan dimainkan saat menjalankan ritual adat.

10. Kecrek

Kecrek Betawi menggunakan logam tipis yang terbuat dari metal, kuningan maupun tembaga yang biasanya berjumlah 2 ataupun 4 buah.

Logam ini disusun di atas sebuah pegangan maupun kayu yang terbuat daro tiang dengan tongkat boncel ibarat media pemukulnya.

Kecrek sendiri mempunyai keistimewaan andai pemberi aba-aba, isyarat, dan menjadi pengusung n domestik sebuah pertunjukkan seni.

11. Gong

Bukan semata-mata populer di tungkai Jawa saja, gong juga menjadi dalah satu elemen terdahulu dalam pertunjukkan pagelaran musik kerjakan warga suku Betawi.

Dalam penyelenggaraannya, instrumen musik nan terbuat dari logam ini berfungsi sebagai sebuah peranti untuk ritual keyakinan dan lagi ritual adat.

12. Gambus

Gambus ialah salah satu alat musik petik nan punya dawai atau senar nan berjumlah 3 hingga 12 senar. Semakin banyak senar nan digunakan, semakin bermacam-macam juga nada yang dapat dihasilkan. Maslahat gambus sebagai pengarak dalam sebuah pergelaran.

13. Orkes Samrah

Orkes samrah merupakan alat irama dari Betawi yang menggabungkan perkakas musik berbudaya. Instrumen modern seperti biola, mandolin, harmonium, dan tamborin.

Awalnya orkes samrah berasal dari sebutan basyar Melayu. Orkes samrah biasanya dimainkan oleh kabilah pria berusia 30 tahun ke atas/ anak tonsil irama ini tampil menunggangi jas dan peci.

Orkes ini ada di waktu 1815, saat tungkai Melayu tinggal di Batavia. Kemudian, suku Melayu membagi pengaruh budaya suku Betawi sehingga tercipta orkes ini.

Orkes samrah sekali lagi menjadi pengiring lagu Burung Murni, Pulau Angsa Dua, Cik Minah Sayang, Kinang Kuning, Masmura, Kicir-Kicir, Jali-Jali dan Lenggang-lenggang Kangkung.

14. Tanjidor

Perlengkapan musik tanjidor ialah organ musik khas Betawi yang popular sampai sekarang. Perabot ini awalnya dimainkan oleh budak-budak Belanda di Batavia. Tanjidor sebagai alat irama yang dimainkan kelompok.

Orkes Tanjidor berkembang pada abad ke-19 detik perguruan tinggi kaum Betawi lahir. Seperti gambang kromong, tanjidor terdiri terbit berbagai organ musik. Ada perlengkapan musik pukul seperti tamburm alat musik tiup sama dengan tombon, tenor, piston, dan clarinet.

Tanjidor dimainkan bersama dengan lagu daerah seperti mana Jali-Jali. Kesenian musik ini dimainkan ketika acara khitanan, pernikahan, memperingati Kemerdekaan Indonesia dan tahun baru. Orkes Tanjidor galibnya dimainkan sambil bepergian kerubung lingkungan rumah.

15. Gendhang

Gendhang menjadi perkakas irama tradisional suku Betawi. Perabot ini lazim tertulis radas orkes gambang kromong. Cara memainkannya dengan dipukul pada kedua sebelah. Gendhang dibuat bermula kayu dan kulit kerbau yang sudah dikeringkan.

16. Topeng Betawi

Topeng Betawi merupakan alat musik Betawi yang terdiri bersumber gendhang besar, gendhang kecil, rebab, gambang, bonang, kromong, krecek, canang, saron dan totok.

Kedok Betawi dimainkan tekor lebih 8 orang. suka-suka satu penyanyi wanita di bagian olah vocal sementara anak komidi musik lainnya laki-suami.

17. Terompet

Terompet termasuk alat musik bagian dari orkes gambang kromong dan gamelan wayang Betawi. Cara memainkan perabot nada ini dengan cara ditiup.

18. Tehyan

Tehyan termasuk peranti musik tradisional organ gambang kromong. Tehyan dibuat mulai sejak kusen dan dimainkan dengan pendirian digesek. Cara memainkan alat musik ini dekat mirip dengan biola atau rebab.

Selain itu, ada sekali lagi Kongahian dan Sukong yang mempunyai buram sama seperti tehyan. Ketiga alat musik ini dibunyikan dengan cara digesek. Kongahian, tehyan dan sukong termuat alat musik melodi yang dimainkan memakai tongkat bersenar plastik atau kenur.

19. Ning-Nong

Instrumen musik Ning-nong di Jawa Paruh disebut bonang. Alat musik ini dibuat bermula mangsa besi ataupun perunggu. Ning-nong berbentuk 2 buah piringan yang punya diameter 10 cm. Piringan ini ditempatkan pada bingkai papan bertangkai satu.

Cara memainkan kakak nong dipukul memperalat tongkat logam bakal menghasilkan musik. Supaya menghasilkan irama yang sesuai, tongkat besi dipukul bergantian bersumber kidal ke kanan atau sebaliknya.

20. Krecek

Kerupuk kulit termasuk alat irama Betawi nan digunakan dalam gambang kromong. Peranti musik ini terbuat berpokok 2-4 paisan logam tipis berupa metal, kuningan ataupun gangsa. Lempengan ferum ini disusun di atas gawang gawang.

Faedah kecrek sebagai pengatur irama dan bisa menimbulkan sekuritas bunyi tertentu. Gawai irama ini dimainkan dengan cara dipukul memperalat palu distingtif atau tongkat berusul kayu.

https://www.gramedia.com/products/conf-bahasa-betawi-sejarah-dan-perkembangannya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-bahasa-betawi-sejarah-dan-perkembangannya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Demikian gambaran akan halnya
perabot musik Betawi. Seandainya Grameds masih membutuhkan wacana terkait alat musik tradisional, maka kamu bisa mengunjungi koleksi siasat Gramedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan kerap mengasihkan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds.

Penulis: Rosyda Kilat Fauziyah

Baca juga:

ePerpus yakni layanan perpustakaan digital musim kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir bagi memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami menutupi sekolah, perhimpunan, korporat, setakat tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan sendi berbunga penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Dia
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersuguh fitur admin dashboard untuk melihat siaran analisis
  • Laporan perangkaan lengkap
  • Aplikasi kesepakatan, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/best-seller/alat-musik-betawi/

Posted by: gamadelic.com