Metode Dan Alat Pengumpulan Data

Data merupakan kumpulan fakta, nilai, objek, simbol, dan kejadian yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Organisasi mengumpulkan data untuk membentuk keputusan yang bertambah baik. Tanpa data, akan selit belit bagi organisasi bakal membuat keputusan yang tepat, sehingga data dikumpulkan plong bermacam ragam titik waktu dari audiens yang farik.

Misalnya, sebelum meluncurkan barang yunior, organisasi perlu mengumpulkan data tentang petisi komoditas, preferensi pelanggan, pesaing, dll. Jika data tidak dikumpulkan sebelumnya, barang yang baru diluncurkan organisasi dapat menyebabkan kehampaan karena berbagai alasan, seperti mana kurang permohonan dan ketidakmampuan untuk menyempurnakan kebutuhan pelanggan.

Sungguhpun data adalah khasanah berguna cak bagi setiap organisasi, data tidak mempunyai pamrih apa sekali lagi setakat dianalisis atau diproses kerjakan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Beliau dapat mengkategorikan metode akumulasi data menjadi metode pengumpulan data primer dan metode pengumpulan data sekunder.

Metode Akumulasi Data Primer

Data primer dikumpulkan dari camar duka tangan purwa dan lain digunakan di masa lalu. Penumpukan data dengan metode reklamasi data primer berwatak unik kerjakan motif penyelidikan dan lewat akurat.

Metode pengumpulan data primer dapat dibagi menjadi dua kategori: metode kuantitatif dan metode kualitatif.


Metode kuantitatif:


Teknik kuantitatif bikin riset pasar dan peramalan permintaan lazimnya menggunakan instrumen statistik. Dalam teknik ini, permintaan diperkirakan berdasarkan data historis. Metode pengumpulan data primer ini biasanya digunakan lakukan membuat prakiraan paser tataran. Metode statistik terlampau andal karena atom subjektivitas minimal dalam metode ini.


Analisis Deret Musim


Istilah banjar waktu mengacu pada gosokan nilai variabel yang berturutan, yang dikenal seumpama mode, pada interval perian yang sama. Dengan menggunakan teladan, organisasi dapat memprediksi tuntutan komoditas dan layanannya untuk waktu yang diproyeksikan.


Teknik menghaluskan


Dalam kasus di mana ririt waktu tidak n kepunyaan tren yang bermakna, teknik pemulusan dapat digunakan. Mereka menghilangkan spesies serampangan dari petisi historis. Ini membantu dalam mengenali acuan dan tingkat petisi bakal memperkirakan permintaan di masa depan. Metode yang minimum awam digunakan dalam teknik peramalan permintaan pemulusan adalah metode rata-rata bergerak terlambat dan metode rata-rata berputar tertimbang.


Metode Barometrik


Juga dikenal misal pendekatan indikator utama, peneliti menggunakan metode ini bagi berspekulasi mode masa depan berdasarkan jalan saat ini. Saat peristiwa masa lepas dianggap memprediksi peristiwa periode depan, mereka dolan sebagai penunjuk terdahulu.

Metode Kualitatif:

Metode kualitatif sangat berjasa n domestik kejadian momen data historis enggak tersedia. Atau tidak terbiasa poin alias perhitungan matematis. Penajaman kualitatif berkaitan erat dengan pembukaan-kata, suara miring, ingatan, emosi, warna, dan unsur-unsur lain yang tidak bisa diukur. Teknik-teknik ini didasarkan pada pengalaman, penilaian, intuisi, dugaan, emosi, dll.

Metode kuantitatif tidak memberikan motif di balik tanggapan peserta, seringkali tidak menjangkau populasi nan kurang terwakili, dan membutuhkan waktu yang lama buat mengumpulkan data. Oleh karena itu, yang terbaik ialah menggabungkan metode kuantitatif dengan metode kualitatif.


Survei

Survei digunakan bakal mengumpulkan data berasal audiens target dan mengumpulkan wawasan tentang preferensi, pendapat, seleksian, dan umpan serong mereka terkait dengan produk dan layanan mereka. Sebagian segara radas panjang hati angket pelahap kali memiliki berbagai jenis pertanyaan untuk dipilih.

Anda juga dapat menggunakan templat survei yang sudah jadi lakukan menghemat musim dan tenaga. Jajak pendapat online dapat disesuaikan sesuai cap bisnis dengan mengubah tema, logo, dll. Pol dapat didistribusikan melangkaui beberapa serokan revolusi sebagai halnya email, situs web, aplikasi offline, kode QR, sarana sosial, dll. Tergantung pada variasi dan sumbernya audiens Ia, Beliau dapat memilih sungai buatan.

Sesudah data dikumpulkan, perlengkapan lunak survei dapat menghasilkan berbagai pengetahuan dan menjalankan algoritme analitik untuk menemukan wawasan tersembunyi. Dasbor survei dapat memberi Anda statistik yang terkait dengan tingkat respons, tingkat penyelesaian, filter berdasarkan demografi, opsi ekspor dan berbagi, dll. Anda bisa memaksimalkan upaya yang dihabiskan untuk akumulasi data online dengan mengintegrasikan perakit survei dengan aplikasi pihak ketiga.


Jajak Pendapat

Jajak pendapat terdiri pecah suatu pertanyaan saringan spesifik atau ganda. Ketika diperlukan buat memiliki denyut nadi cepat dari sentimen audiens, Kamu boleh melakukan polling. Karena pendek, lebih mudah mendapatkan tanggapan semenjak orang-orang.

Mirip dengan survei, polling online juga dapat disematkan ke berbagai platform. Setelah responden menjawab pertanyaan, mereka juga dapat ditunjukkan bagaimana mereka merembas dibandingkan dengan tanggapan orang lain.


Wawancara

Dalam metode ini, pewawancara mengajukan tanya baik secara tatap muka ataupun melalui telepon kepada responden. Dalam wawancara lihat muka, pewawancara mengajukan serangkaian pertanyaan kepada bani adam nan diwawancarai secara bersama-sama dan mengingat-ingat tanggapannya. Jikalau tak memungkinkan untuk bertumbuk dengan orang tersebut, pewawancara dapat berbuat wawancara melangkaui telepon. Tulang beragangan pengumpulan data ini sepakat bila respondennya doang sedikit. Terlalu memakan waktu dan membosankan untuk mengulangi proses yang selaras sekiranya ada banyak murid.


Teknik Delphi

N domestik metode ini, pakar pasar diberikan perkiraan dan asumsi perkiraan nan dibuat oleh pakar lain di pabrik. Para pakar boleh ki memenungkan kembali dan menyunting perhitungan dan asumsi mereka beralaskan informasi yang diberikan oleh para pandai lainnya. Konsensus terbit semua juru tentang prakiraan permintaan merupakan prakiraan petisi akhir.


Grup fokus

Dalam kelompok fokus, sekawanan kecil orang, sekitar 8-10 anggota, mendiskusikan area masalah yang umum. Setiap individu memberikan wawasannya mengenai masalah nan bersangkutan. Sendiri moderator mengatur diskusi di antara anggota kelompok. Di intiha diskusi, gerombolan mencapai konsensus.


Daftar pertanyaan

Kuesioner merupakan serangkaian cak bertanya yang dicetak, baik longo maupun terlayang. Responden diminta buat menjawab berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya terhadap keburukan yang berkepentingan. Kuesioner ialah bagian dari jajak pendapat, sementara itu tujuan pengunci kuesioner mungkin atau bisa jadi lain survei.


Metode Pengumpulan Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang mutakadim relasi digunakan sebelumnya. Pemeriksa bisa memperoleh data dari sendang, baik internal maupun eksternal, kerjakan organisasi.

Mata air internal data sekunder:

  • Catatan kesehatan dan keselamatan organisasi
  • Pernyataan misi dan visi
  • Warta keuangan
  • Majalah
  • Informasi penjualan
  • Peranti Lunak CRM
  • Ringkasan eksekutif

Sumber eksternal data sekunder:

  • publikasi pemerintah
  • Siaran pers
  • Jurnal bisnis
  • Perpustakaan
  • Internet

Metode pengumpulan data sekunder juga dapat melibatkan teknik kuantitatif dan kualitatif. Data sekunder mudah terhidang dan karenanya, makin sedikit memakan waktu dan mahal dibandingkan dengan data primer. Cuma, dengan metode pengumpulan data sekunder, keaslian data nan dikumpulkan tidak bisa diverifikasi.

Source: https://lp2m.uma.ac.id/2022/04/08/metode-pengumpulan-data-pengertian-contoh-dan-sumber/

Posted by: gamadelic.com