Mengapa Pembuahan Pada Tanaman Angiospermae Disebut Sebagai Pembuahan Ganda

KOMPAS.com
– Tanaman angiospermae bisa bereproduksi sesuai melalui penyerbukan ganda. Apakah nan dimaksud dengan pembuahan ganda pada tumbuhan angiospermae dan bagaimana prosesnya?

Bikin mengetahui jawabannya, dimaklah penjelasan tentang pembuahan ganda pada angiospermae di bawah ini!

Pengertian pembenihan ganda

Segala apa yang dimaksud dengan pembuahan ganda? Pembenihan ganda yaitu pembenihan gametofit betina dengan dua spermatozoid pada tumbuhan angiospermae (pokok kayu berbiji terpejam).

Dilansir dari
Encyclopedia Britannica, pembenihan ganda terdiri semenjak pembuahan sejati (peleburan penjara telur dengan kerangkeng jauhar) dan juga peleburan lain yang menyerupai pembuahan (peleburan terungku sperma dengan inti kutub).

Baca juga: Gametogenesis sreg Tumbuhan Kredit Melangah (Angiospermae)

Penyerbukan ganda pada angiospermae selain menghasilkan zigot, kembali menghasilkan endosperma yang ialah cadangan makanan bagi pohon.

Apakah gymnospermae mengalami pembenihan ganda? Gymnospermae (pohon berbiji melenggong) tidak mengalami pembenihan ganda dan hanya mengalami pembuahan tuanggal (peleburan penjara telur dan kerangkeng jauhar.

Proses pembuahan ganda pada angispermae

Proses terjadinya penyerbukan ganda pada tumbuhan angiospermae
bio.libretexts.org
Proses terjadinya pembuahan ganda pada tumbuhan angiospermae

Gametogenesis

Sebelum melakukan pembuahan, tumbuhan melewati proses gametogenesis ataupun pembentukan sel-terungku gamet untuk reproduksi.

Radas betina akan menghasilkan makrospora aktual ovum dan inti n antipoda. Sedangkan, perabot jantan akan menghasilkan mikrospora maujud sel sperma dalam rangka serbuk bunga.

Baca juga: Proses Terjadinya Fertilisasi

Pembuahan

Proses penyerbukan ganda pada angiospermae dimulai dengan berkembangnya duli ekstrak (mikrospora) yang roboh plong tangkai putik. Mikrospora kemudian berkembang menjadi dua rumah pasung, yaitu bui tabung polen dan sel generatif.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/16/154108769/pembuahan-ganda-pada-angiospermae