Mengapa Kerajaan Majapahit Mengalami Keruntuhan

Kerajaan Majapahit menyimpan banyak fakta sejarah yang menarik, termasuk pada masa keruntuhannya. Berikut penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit.
Kerajaan Majapahit menggudangkan banyak fakta album yang menjajarkan, termasuk pada tahun keruntuhannya. Berikut penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit. (iStockphoto/5bf5911a_905)

Jakarta, CNN Indonesia

Kerajaan Majapahit menyimpan banyak fakta sejarah yang menarik, teragendakan puas masa keruntuhannya. Berikut penyebab runtuhnya


Kerajaan Majapahit

.

Sebagai kekaisaran Hindu terbesar dan terkuat di petak Jawa, keberadaan Majapahit yang senggang berjaya menjadi bukti sejarah dari puncak kemenangan peradaban

masyarakat Jawa


rasi itu.


Namun, Kerajaan Majapahit nan sempat mengalami masa keemasan di hari tadbir Hayam Wuruk dengan Mahapatih Gadjah Mada, plong kesannya harus meredup.

Runtuhnya Kerajaan Majapahit kemudian menjadi akhir mulai sejak kejayaan imperium terbesar di Nusantara itu. Adapun keruntuhan Kerajaan Majapahit disebabkan oleh banyak faktor, laksana berikut.

1. Kematian Hayam Wuruk

Raja Hayam Wuruk MajapahitPenyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit dimulai setelah meninggalnya Sultan Hayam Wuruk (Bacaan Nusantara via Wikimedia Commons)

Melemahnya kontrol Majapahit dimulai selepas mangkatnya Kanjeng sultan Hayam Wuruk pada 1389 dan Mahapatih Gajah Mada sreg 1364.

Sesudah tadbir raja keempat Majapahit tersebut, kejadian kerajaan menjadi semakin bukan terkendali akibat perebutan takhta kerajaan dan pergolakan kebijakan.

Takhta kemudian diwariskan pada Wikramawardana yang tak tak adalah menantunya seorang. Di masa didikan Wikramawardhana tercetuslah Perang Regreg maupun Perang Paregreg yang menjadi cikal untuk deklinasi Majapahit.


2. Tercetusnya Perang Paregreg

Pengangkatan Wirakramawardhana pada 1389 cak bagi mengambil alih Hayam Wuruk ditentang momongan Hayam Wuruk, Bhre Wirabhumi penguasa imperium timur Majapahit. Wirabhumi lantas menuntut singgasana Majapahit dari Wirakramawardhana.

Suntuk sreg seputar 1404-1405, pecahlah perang saudara yang dikenal dengan Perang Paregreg yang menewaskan Wirabhumi. Kekalahan Wirabumi membuat kerajaan timur bersatu dengan barat.

Akan saja, kejayaan Majapahit tetap merosot lantaran melemahnya kendali Majapahit dan lepasnya kewedanan-daerah taklukan di luar Jawa.


3. Konflik kerumahtanggaan Kerajaan Majapahit

Penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit berikutnya adalah adanya intrik strategi dan konflik kerumahtanggaan yang ada di kerumahtanggaan Kerajaan Majapahit.

Meski perang saudara telah usai, konflik kerumahtanggaan kerajaan terus berlanjut sehingga menimbulkan perpecahan. Keseleo satunya adalah tentangan dan perebutan pengaruh yang menyebabkan Kerajaan Majapahit semakin mengalami kemunduran.


4. Supremsi Dinasti Ming

Suasana bagian dalam Tembok Besar China di Kota Jiayuguan, Provinsi Gansu, China, Senin (7/6/2021). Tembok yang dibangun oleh Dinasti Ming pada tahun 1372 tersebut merupakan benteng pertahanan militer terkuat yang pernah dimilliki China pada saat itu untuk menangkal serangan dari Mongolia. ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/wsj.Ilustrasi. Salah suatu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit adalah munculnya arti Dinasti Ming yang menguasai perdagangan saat itu. (ANTARA FOTO/M. IRFAN ILMIE)

Munculnya kekuatan baru terbit Timur, yaitu ekspansi Tiongkok di bawah Dinasti Ming, turut melemahkan Imperium Majapahit.

Momen itu, penggalasan rempah-rempah yang pesat di wilayah kekuasaan Majapahit bukan diimbangi dengan kurnia pengaruh Kerajaan Majapahit.

Hal ini mendorong Dinasti Ming semakin memperkuat koneksi bisnis dan ketatanegaraan dengan individu-basyar di pelabuhan Nusantara.


5. Bangkitnya Malaka

Malaka saat itu menjadi jalur perdagangan rempah-rempah berpokok Maluku ke India dan wilayah lainnya. Namun, seiring hubungannya nan dekat dengan Dinasti Ming, membentuk kolek pelayaran Selat Malaka sundut disentuh oleh Majapahit.


6. Kemunculan Kekaisaran Demak

Munculnya imperium Demak yang dipimpin oleh Raden Buntung masuk melemahkan pertahanan Majapahit.

Raden Patah merupakan putra bersumber raja terakhir Majapahit, Brawijaya V dengan selir muslim Tiongkok Siu Ban Ci, yang memilih mendirikan kerajaan bercorak Islam.

Maslahat perekonomian kala itu dibuktikan dengan berkuasanya Kekaisaran Demak di dua pelabuhan besar. Direbutnya pangkalan dagang yang dimiliki Majapahit itu mengakibatkan perekonomian Majapahit semakin luluh.

Hingga akhirnya lega 1517 di radiks bimbingan Esensi Unus, Demak menyerang Majapahit dan mempercundang imperium tersebut spontan memantapkan diri misal fungsi baru di tanah Jawa.


7. Penyebaran agama Islam menjadi penyebab runtuhnya Imperium Majapahit

An open quran at a masjid.Ilustrasi. Keseleo satu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit yakni masuknya pengaruh agama Selam di Jawa (iStockphoto/cihatatceken)

Kekuasaan agama Islam mulai ikut ke dalam lingkungan Kerajaan Majapahit nan berlandaskan Hindu.

Kondisi Majapahit yang telah keropos akibat perlagaan internal kerajaan, membuat pengaruh Islam semakin makin mudah masuk ke Majapahit dan masyarakat Jawa. Situasi ini menjadi riuk satu faktor penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Masuknya kontrol Islam dan proses lslamisasi di Jawa melalui beberapa mandu, antara lain perdagangan bersumber saudagar Muslim asing, perkawinan, kepercayaan, hingga kesenian.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20220510152939-574-795080/7-penyebab-runtuhnya-kerajaan-majapahit

Posted by: gamadelic.com