Membuat Kue Simple Tanpa Oven

Menengah terserah di kost atau di rumah yang ternyata nggak punya oven, tapi mau takhlik kue Lebaran sendiri? Anda masih dapat, kok, menciptakan menjadikan kue Lebaran tanpa menggunakan oven dan dijamin
rasanya tetap sama enaknya.

Jangan bingung jika teksturnya berubah atau alhasil kuran cermin, ya, karena bukan oven yang menentukannya! Cak bagi membuat aneka kue Lebaran lezat kamu bisa
membuatnya dengan menggunakan banyak sekali metode
sehingga hasilnya tak kalah mantap. Rukita punya banyak sendi kue dan roti minus oven, lho!

Di sini ia akan mengawasi cara mewujudkan kue nan
dikukus, ‘dipanggang’ di kukusan maupun wajan, dibekukan, maupun digoreng.
Semua akan menghasilkan cita rasa yang lezat dengan cara lebih mudah! Selamat mewujudkan kue Lebaran!

Berbagai Kue Ldulfitri Klasik nan Bisa Dibuat tanpa Oven

Nggak punya oven bukan berguna membuatmu nggak makan kue Lebaran, dong. Mari untuk sendiri dengan peralatan yang ada dan nikmati hasilnya! Dijamin bikin ia bahagia, deh. 😉

1. Kastengel

Is it Kaastengels, Kastengel or Kaasstengels? - Indonesia Eats
Source: indonesiaeats.com

Lebaran tanpa kastengel memang nampaknya cacat gurih, namun seandainya beli juga harganya tergolong mahal dan kadang kurang ‘nendang’. Apa bisa, ya, untuk kue Lebaran idiosinkratis yang satu ini tanpa oven? Bisa banget! Kastengel musang ini tetap enak dan lumer di perkataan, lho, walau nggak dioven! Ingat,
jangan isi kukusan dengan air
, ya.

Mangsa

  • 2 sdm sakarosa kecil-kecil
  • 130 g keju cheddar codet
  • 1 butir kuning telur untuk olesan
  • 2 sdm tepung maizena
  • 5 sdm margarin
  • 2 sdm buah dada bubuk
  • 2 butir kuning telur
  • 200 g tepung terigu

Prinsip membuat:

  1. Masukkan margarin dan
    2 butiran asfar telur
    ke dalam kobok besar, campur menggunakan mixer setakat rata. Masukkan gula halus dan aduk sampai tercampur merata. Tambahkan serbuk terigu, lalu aduk sebatas rata. Kemudian masukkan keju parut dan campur lagi sampai semua terbaur rata. Ragil tambahkan maizena dan aduk
    sebatas lepa kalis.
  2. Letakkan plester di atas papan menjemukan, dahulu pipihkan adonan menggunakan rolling pin atau botol beling. Jikalau sudah pipih dengan
    ketebalan 1cm,
    tetak bancuhan menggunakan cetakan kastengel.
  3. Siapkan kukusan dengan bagian sortiran kukusannya diolesi margarin. Letakkan plester kastengel yang sudah dicetak di atas kukusan itu. Oleskan kuning telur lalu serah brosur keju di atasnya. Tutup dan masak di atas
    api boncel selama 30 menit.
  4. Keluarkan kastengel, biarkan mendingin sebelum dimasukkan ke stoples. Sajikan.

2. Nastar Teflon

Resep Nastar Empuk Manis yang Enak Buat Camilan
Source: food.detik.com

Jangan khawatir tanpa oven lagi anda tetap bisa membuat kue nastar sendiri di rumah. Boleh jadi ini Rukita memakai teknik menciptakan menjadikan nastar di atas penggorengan antilengket atau Teflon. Anda harus tetap mengaryakan saringan kukusan sepatutnya
nastar tak berapatan langsung ke permukaan wajan
alias Teflon. Nastar patuh crispy dan lumer!

Alamat kue nastar

  • 240 g margarin
  • 70 g gula halus
  • Sejumput garam
  • 2 butiran kuning telur
  • 300 g serdak terigu
  • 1 sachet susu abu
  • 70 g tepung tepung jagung

Bahan selai nanas

  • 1/2 kg nanas tompel
  • Sejumput garam
  • 3 buah cengkih (mana suka)
  • 1 cm kayu manis (opsional)
  • 8 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Masukkan nanas ke dalam wajan antilengket alias Teflon di atas api kecil, lampau tambahkan rempah-rempah agar wangi. Tambahkan juga garam dan
    menguning terus sampai air suntuk. Masukkan gula batu halus dan aduk-aduk terus sebaiknya tidak gosong.
  2. Cicipi rasanya, kalau adv minim manis tambahkan gula kembali. Kalau nanasnya telah manis pakai invalid sukrosa saja. Aduk terus sampai selai berubah
    warna agak kecokelatan dan taksir meringkai.
    Lalu bentuk bulat-bulat memperalat dua sendok teh.
    Masukkan ke kulkas
    agar padat.
  3. Ambil mangkuk baru dan masukkan margarin dengan sukrosa halus, tinggal aduk sampai tercampur rata maupun adonan
    kira putih lesi dan creamy.

    Masukkan asfar telur satu-satu satu hingga tercampur rata, kemudian masukkan tepung terigu dan maizena sangat garam dan susu bubuk. Aduk terus sampai kalis.
  4. Renggut suatu sendok kocokan, pipihkan di tangan dan isi dengan selai nanas. Untuk pembuatan nastar di Teflon hendaknya kulit nastar dibuat tipis mudah-mudahan matang secara merata. Olesi saringan kukusan dengan margarin, lalu tata nastar di atasnya. Oleskan kocokkan asfar telur dan air
    sebanyak dua lapis
    di atas nastar
  5. Letakkan Teflon atau bajan di atas api yang lewat mungil. Letakkan saringan kukusan di atas Teflon dan tutup.
    Panggang selama 25-30 menit
    sebatas bagian bawah kue berwarna kecokelatan.
  6. Gotong nastar, diamkan semoga mendingin sebelum disimpan di stoples. Sajikan.

3. Cheese Stick Goreng

resep membuat cheese stick - YOEXPLORE, Liburan Keluarga
Source: yoexplore.com

Break adv amat berbunga kue kering, kini kita mencerling cheese stick misal kue Ldulfitri sonder oven lainnya. Cheese stick nggak perantaraan absen sekali lagi, tuh, karena murah dan gampang dibuat. Tinggal digoreng, sih! Daripada beli yang rasa kejunya belum tentu sesuai seleramu, nih, mending untuk saja seorang di rumah. Di kost juga bisa langsung mengajak kutub-temanmu. Intinya: minyak harus merangsang sekali, tapi
digoreng di atas api kecil,
ya!

Bulan-bulanan

  • 150 g tepung terigu
  • 100 g tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2 butir telur
  • 15 g margarin
  • 125 g keju cheddar, parut
  • 15 ml air, sesuaikan kebutuhan

Prinsip membentuk:

  1. Dalam bekas yang besar masukkan terigu, sagu, garam, kaldu bubuk, dan keju, lalu aduk hingga merata. Buat cekungan di tengah, tambahkan telur, dahulu aduk rata. Tambahkan margarin dan
    aduk serta uleni hingga adonan tulus.
  2. Masukkan air tekor demi sedikit kalau adonan dirasa plus kering. Melindas adonan hingga tipis dengan rolling pin maupun jambangan gelas. Taburi dengan serbuk sagu dan
    potong-penggal memperalat pisau
    menjadi bentuk stik.
  3. Panaskan minyak agak banyak dalam wajan, lalu
    kecilkan jago merah dan rendang cheese stick di atas api kecil.
    Rendang sampai stick berubah corak jadi asfar kecokelatan. Sanggang dan tiriskan.

4. Kue Kedelai Stroberi

No Bake Thumbprint Cookies - The Cookful
Source: thecookful.com

Kalau tadi kita sudah bisa ‘memanggang’, menggoreng, dan memasak di wajan, saat ini kita akan mencoba
metode lain
untuk kue Lebaran sonder oven ini. Kue kacang merupakan salah satu kue yang naik daun juga saat Lebaran. Tinggal tambah selai stroberi agar ada sesuatu yang segar, di atasnya. Tapi bagaimana prinsip membuatnya seandainya tanpa oven? Ikuti saja resep berikut!

Korban

  • 100 g kacang tanah tanpa indra peraba, sangrai sampai matang dan cincang
  • 5 sdm selai stroberi
  • 1/2 sdt garam
  • 100 g sakarosa renik
  • 100 g selai bin
  • 2 sdm margarin

Cara membuat:

  1. Di intern gelanggang besar masukkan margarin, garam, selai kacang, dan gula halus, aduk sebatas rata. Tinggal masukkan kacang cina yang sudah dicincang, aduk pun sampai merata.
  2. Gambar adonan menjadi bola, lewat
    tekan episode tengahnya menunggangi jempol
    dan isi dengan selai stroberi.
  3. Masukkan ke freezer selama
    kurang makin 1 jam.
  4. Lempar, kue kacang tanpa dipanggang siap disajikan!

5. Bolu Tetek Musang Lembang

Bolu Susu Lembang, Oleh-Oleh Khas Bandung yang Mantul - Teras ...
Source: trianiretno.com

Sesekali ingin menyajikan kue-kue Ldulfitri yang nggak kering? Kamu kembali bisa, kok, membuat bolu musang. Seandainya tinggal cak semau ari-ari yang datang membawa bolu susu Lembang, belaka kemungkinan hari ini nggak ada. Sepantasnya, sih, kamu bisa bakal sendiri yang rasanya sama lezatnya dan minus dioven!

Bulan-bulanan bolu

  • 70 g tepung terigu
  • 15 g abuk maizena
  • 2,5 sdt baking powder
  • 3 butir telur
  • 90 g gula pasir
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sdt vanili larutan
  • 70 ml susu enceran full cream
  • 30 ml minyak sayur
  • 10 g cokelat abu
  • 2 sdm air pesam
  • Keju parut untuk pamflet

Target vla

  • 100 ml susu enceran full cream
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sdm serdak maizena

Kaidah membuat:

  1. Campur abuk terigu, tepung jagung, dan baking powder, sangat aduk rata.
  2. Di mangkok bukan masukkan 3 butiran telur dan gula pasir, kocok menggunakan mixer dengan
    kelancaran tinggi sampai mengembang

    dan berwarna kudus.
  3. Masukkan susu kental manis, vanili, susu, dan minyak goreng ke privat campuran telur. Aduk lagi sampai rata.
    Bertahap terbatas, masukkan paduan tepung yang pertama tadi
    sampai tercampur rata.
    Bagi luluhan menjadi dua.
  4. Rampas kobok mungil, siapkan cokelat bubuk dan air panas, aduk hingga menjadi kental dan masukkan ke intern salah satu lepa. Aduk setakat rata hingga semua menjadi cokelat.
  5. Siapkan loyang format 20x10x10 dan masukkan bancuhan suci lebih dulu.
  6. Siapkan panci kukusan yang diisi air dan didihkan, kemudian kukus luluhan putih selama
    15 menit.
    Tuang adonan cokelat di atasnya dan kukus sejauh
    20 menit.
  7. Gunakan pisau untuk merukunkan bolu dari arah-sisi loyang, lalu keluarkan bolu dengan adegan steril di atas. Potong pinggir-pinggirnya dan didiamkan hendaknya mendingin.
  8. Lanjutkan dengan membuat vla, merupakan campur semua bahan dan masak di atas api kecil sampai mengental.
  9. Oleskan vla di atas bolu
    dan taburi dengan keju cheddar parut. Kini bolu siap disajikan.

6. Cendol Keju

Resep Telur Gabus Keju/Cendol Keju Renyah Simple oleh Bunda Jihan ...
Source: cookpad.com

Cendol keju merupakan kue dengan banyak keunggulan, nih. Ada yang menyebutnya telur gabus, cak semau pun yang menyebutnya kuku macan. Kue ini langganan banget saat Lebaran dengan rasa renyah terus gampang lumer di mulut. Karuan makara camilan favorit karena enak banget! Perhatikan sepatutnya tidak memilin kemudian menaruhnya di tempat karena pasti lengket.

Target

  • 250 g tepung bubur sagu/tepung gaplek
  • 100 g keju cheddar parut
  • 2 butir telur
  • 50 g margarin
  • Sejumput garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Campur semua incaran, aduk sebatas terbaur rata. Jalin adonan (jangan gendut-gembuk!) dan serentak masukkan ke internal minyak campah. Jangan dimasukkan di wadah lain dan baru dimasukkan ke minyak momen banyak, pasti gagal semua!
  2. Sesudah banyak terkumpul di dalam petro, goreng di atas jago merah kecil. Jangan aduk adonan kalau adukan belum mengambang. Aduk ketika adonan start mengembang dan goreng setakat bercat kuning keemasan.
  3. Tiriskan adonan dan biarkan telur gabus dingin habis sebelum dikonsumsi.
  4. Jika adonanmu banyak, siapkan 2 wajan sakti minyak dingin, lalu gunakan wajan kedua untuk gongseng batch 2 moga tak usah menunggu sebatas minyak dingin dulu.

7. Puteri Salju

Resep Kue Putri Salju Tanpa Kacang Untuk Lebaran - Ramadan ...
Source: liputanemas.com

Untuk resep kue Lebaran tanpa oven yang keladak, yuk, coba membuat kue klasik Lebaran yaitu, puteri salju. Cara membuatnya sama seperti nastar, kok, adalah
di atas wajan.
Dengan bahan sesimpel ini, tuh, kamu bisa membuatnya di flat alias kost!

Bahan

  • 250 g margarin
  • 20 g gula lembut
  • 400 g tepung terigu
  • 1 butir kuning telur
  • Sukrosa lembut secukupnya buat taburan

Cara membuat:

  1. Masukkan gula lumat dan margarin, kocok hingga lembut, creamy, dan berwarna pucat. Tinggal masukkan kuning terus dan kocok lagi sampai rata. Masukkan tepung terigu, dan campur hingga murni atau kocokan
    tidak menempel di mangkok
    maupun spatula.
  2. Kalau adonan sesak lembap,
    masukkan dulu ke dalam lemari pendingin sejauh 5 menit
    sebelum digilas dengan rolling pin. Pipihkan sampai ketebalan 0,5 cm, lalu cetak memperalat tempaan putri salju.
  3. Letakkan di atas saringan mongsang yang sudah diolesi margarin, dan letakkan di atas wajan, lalu panggang sepanjang
    25-27 menit

    dengan api kecil dan ditutupi.
  4. Ketika menguning maka bagian asal kue akan bercat kecokelatan. Angkat dan dinginkan.
  5. Taburi dengan sukrosa renik sesuai selera. Masukkan ke dalam stoples. Sajikan.

Weh, ternyata banyak sekali model kue Ldulfitri yang bisa dibuat tanpa oven. Sekarang engkau boleh mengandalkan penggorengan antilengket, panci kukus, alias wajan wajan cak bagi buat kue sendiri, deh.

Kue apa nan sepertinya mau engkau buat lebaran ini? Jangan lupa tuliskan pengalamanmu di rubrik komentar, ya.






CategoriesTak Berkategori

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Source: https://www.rukita.co/stories/kue-lebaran-tanpa-oven/

Posted by: gamadelic.com