Berapa ya luas Masjid Nabawi? Buat yang belom tau, Sajadah Nabawi yakni masjid terbesar kedua di dunia sesudah Masjidil Haram di Mekkah tentunya. Masjid ini terdapat di Daerah tingkat Madinah, Arab Saudi.

Luas Masjid Nabawi kini dapat mencapai 100 ribu meter persegi. Selain sebagai bandarsah terbesar kedua di bumi, di masjid ini terdapat pula kober Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya.


Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi (dinimon.com)

Karena terwalak peristirahatan terakhir Rasul Muhammad, masjid ini banyak dikunjungi umat muslim bikin beribadah serempak berkunjung. Modalnya, sajadah ini tercantum bandarsah paling berguna di dunia dan menyimpan banyak sejarah yang bukan terhingga harganya.

Kalo gitu, cek deh beberapa peristiwa nan perlu kalian ketahui tentang masjid ini. Kuy, kuy.

1. Faktor gamal Nabi Muhammad

Sebelum menjadi masjid yang penting seperti masa ini, Musala Nabawi yakni sebuah lahan kosong yang ditumbuhi pohon kurma. Lokasi pembangunan zawiat ini merupakan bekas pemberhentian pertama unta-unta yang ditunggangi Rasullullah ketika tiba di Madinah.


Dulu Masjid Nabawi sangkut-paut tutung (shutterstock.com)

2. Pernah cengkut

Bilang dupa musim setelah bersimbah, Surau Nabawi ternyata tahu gosong loh. Api nan berkobar itu menghancurkan atap, tiang, dan dinding pembatas makam Nabi Muhammad. Setelah itu, masjid suci ini segera direnovasi oleh para pemimpin negara orang islam.

3. Arena pertama yang dialiri listrik di Jazirah Arab

Kerajaan Ottoman-lah yang memopulerkan listrik di Jazirah Arab. Dan gelanggang purwa yang dialiri elektrik di Jazirah Arab yakni Masjid Nabawi. Elektrik di zawiat besar itu mulai menyala sejak 1909 terlampau.


Luas Musala Nabawi saat ini jauh lebih luas mulai sejak Kota Madinah historis (weetas.com)

4. Ukurannya lebih luas dari Kota Madinah historis

Saat pertama kali dibangun Rasulullah, Masjid Nabawi berukuran 50 x 50 meter. Tetapi seiring jalan zaman, tentatif kian banyak sekali lagi jamaah yang berkunjung, masjid ini diperluas.

Luas Masjid Nabawi kini menjejak 100 mili meter persegi yang bahkan berkali-kali lipat makin luas berpangkal Ii kabupaten Madinah semasa Nabi Muhammad masih hidup.

5. Ada makam kosong di ulas rasul

Terdapat sebuah makam kosong yang berdekatan dengan lokasi Rasul Muhammad SAW dan para sahabat dikebumikan. Panggung itu sudah lalu lama melegenda. Makam kosong itu sepantasnya disiapkan bikin Utusan tuhan Isa AS yang kabarnya pun masih silang siur.


Kubah Zawiat Nabawi dulu pernah bercat ungu (holidayme.com)

6. Kubah sajadah nikah berwarna ungu

Kubah populer di Masjid Nabawi itu perikatan dicat ungu loh. Tepatnya sekitar 150-an periode yang adv amat. Rona ungu dipilih karena kabarnya warga Arab di wilayah Hijaz mengesir rona tersebut.

7. Punya tiga mihrab

Mihrab adalah bagian bermula sajadah yang dipakai pastor lakukan mengarak solat. Umumnya, musala semata-mata memiliki 1 mihrab saja, belaka Masjid Nabawi punya 3 mihrab gengs.

Satu mihrab kini digunakan pendeta untuk mengarak solat berkumpulan. Mihrab lainnya adalah Suleymaniye yang dibangun atas perintah Pangeran Suleyman bikin Imam Hanafi mendahului solat. Sementara satu mihrab sekali lagi digunakan buat Imam Maliki buat memimpin solat pula.


Beberapa barang kepunyaan Rasulullah di Museum Kastil Topkapi, Turki (dailysabah.com)

8. Isi kamar Fatimah ada di Istanbul

Barang-barang milik Rasulullah dulu disimpang di kerumahtanggaan kamar istrinya, Fatimah. Detik Madinah dikepung saat Perang Dunia I, panglima Ottoman memerintahkan bakal memindahkan barang-barang tersebut ke Istanbul, Turki. Oleh karena itu, barang-barang milik induk bala penting umat Islam ini bisa dilihat di Museum Topkapi.

9. Banyak tera rahasia

Ternyata, beberapa sebelah Sajadah Nabawi ini punya sejumlah stempel rahasia. Beberapa pilar ditandai secara khusus bakal mengingkatkan wadah itu di masa lalu seperti lokasi-lokasi penting. Banyak jamaah yang tidak memahami hal ini. Kalian tau?


Ini lho payung-payung samudra di Langgar Nabawi (charismainsani.id)

10. Payung-payung samudra Masjid Nabawi

Di pelataran Langgar Nabawi terdapat puluhan payung osean. Payung-payung itu bisa termengung secara faali sebelum adzan subuh dan tertutup menjelang maghrib. Payung-payung itu resmi digunakan sejak 2022 sebagai proyek Medina Terlarang.

Titipan tersebut melibatkan banyak pihak, seperti arsitek besar dan Menteri Perekonomian Arab Saudi, yang menggandeng dua perusahaan teknologi besar dasar Jerman dan Jepang, Liebherr dan Taiyo Kogyo.

11. Ban yang bisa meletakkan hawa

Cukuplah, di pinggir payung-payung besar itu, terdapat pita-pita sensasional yang mengelilingnya. Pita itu terbuat dari material khusus yang digunakan untuk menaruh suhu sampai 8 derajat Celcius secara otomatis.

Di tengah suhu ekstrem yang bisa mengaras 45 derajat Celcius, reben itu tentu amat berguna. Lebih lagi bakal kekhusyukan para jamaah yang menjalankan ibadah.