Masa Tidak Subur Setelah Haid

Membayangkan dan menghitung masa subur setelah haid adalah salah satu mandu bikin meningkatkan peluang memiliki zuriat. Jika Anda mau taajul hamil, terdahulu buat membuat catatan periode haid setap bulannya sebaiknya bisa mengandaikan waktu yang tepat bagi berhubungan intim.

Kerumahtanggaan siklus haid, terserah perian-hari tertentu di mana wanita berada di kondisi nan paling subur cak bagi melakukan sangkut-paut damping secara terkonsolidasi dan punya kesempatan nan besar untuk hamil.

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid - Alodokter

Siklus haid yang normal boleh dihitung sejak masa pertama Anda mengeluarkan darah haid sampai waktu anak bungsu siklus haid, yaitu hari sebelum haid berikutnya dimulai. Panjang siklus haid yang dianggap sahih adalah antara 21−35 periode.

Memahami Masa Subur Wanita

Masa rani wanita ialah 2–5 hari sebelum ovulasi. Mengetahui kapan ovulasi terjadi yakni peristiwa utama, sebab pada saat itulah zigot dilepaskan berasal ovarium dan harus buru-buru dibuahi dalam perian 12–24 jam. Pertemuan antara kerangkeng telur dan sperma di waktu yang tepat boleh berpeluang besar untuk menghasilkan embrio.

Hari ovulasi setiap wanita bisa berbeda-beda, tergantung lamanya siklus haid setiap bulannya. Misalnya, dalam siklus haid yang rata-rata 28 periode, ovulasi biasanya terjadi di tahun ke-12 sebatas ke-14 sesudah haid hari pertama.

Hal yang menjadi tantangan yaitu lama masa haid wanita boleh berubah dari waktu ke periode, normalnya berlangsung 2–7 tahun. Kondisi ini membuat ovulasi dapat berbeda seminggu lebih cepat atau lebih lambat dibanding periode sebelumnya.

Demikian ini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Umumnya masa subur wanita dihitung beralaskan goresan dan analisis siklus haid selama setidaknya 8 bulan terakhir. Berikut ialah cara menghitung masa congah wanita:

  • Ketahui siklus terpendek Dia. Umpama contoh, siklus terpendek menstruasi Ia adalah 27 hari. Kurangi 27 dengan 18 dan hasilnya adalah 9. Angka ini adalah musim purwa saat Anda berbenda lega posisi paling subur.
  • Ketahui siklus terpanjang Anda. Bak sempurna, siklus terpanjang menstruasi Anda merupakan 30 masa. Kurangi 30 dengan 11 dan hasilnya adalah 19. Kredit ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

Dengan demikian, jika siklus haid Anda rata-rata ialah 27–30 waktu, maka hari paling subur Sira adalah puas hari ke-9 hingga ke-19.

Penanda Masa Berada Selepas Haid

Mudahmudahan semakin memperkuat runding hari paling berkecukupan, Beliau juga boleh menggunakan parameter enggak, sama dengan:

1. Meningkatnya suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh saat pulang ingatan di pagi perian. Jika guru tubuh Dia momen bangun di pagi waktu invalid kian tinggi dari 35,5–36,6 derajat Celsius yang adalah suhu legal tubuh, ini boleh signifikan Dia sedang mengalami ovulasi. Untuk memantau kenaikan temperatur pembengkakan, Beliau dapat menggunakan termometer spesial suhu basal bodi.

2. Adanya transisi rahak dari mulut rahim

Hormon nan mengontrol siklus haid juga memengaruhi lendir yang keluar dari mulut rahim atau lendir serviks. Tepat sebelum dan selama ovulasi, terdapat perubahan jumlah, warna, dan tekstur lendir.

Beberapa hari sebelum ovulasi, dahak biasanya akan menjadi lengket, keruh, dan keputihan. Provisional itu, tepat sebelum ovulasi, rahak akan menjadi licin seperti albumen. Tahap ini biasanya berlanjut selama 3–4 hari, dan bilamana inilah Anda memiliki kemungkinan osean untuk hamil seandainya melakukan susunan sanding.

3. Nyeri pada perut ataupun punggung

Di masa ovulasi, ialah di selingkung pertengahan siklus haid, bilang wanita akan merasakan nyeri ringan setakat berat plong perut fragmen bawah ataupun punggung. Rasa sakit ini bisa menjadi salah satu merek untuk membantu mendeteksi tahun makmur.

4. Pikiran makin bergairah

Sebagian wanita merasakan lebih bergairah, lebih bersemangat, dan lebih mudah bersosialisasi tepat sebelum ovulasi. Tak hanya itu, seorang wanita pula akan tampak lebih sensual saat berada sreg masa subur.

Dengan mengasumsikan dan menghitung masa berkecukupan selepas haid, serta memafhumi barang apa nan terjadi sejauh siklus menstruasi, Beliau menjadi lebih terselamatkan kerumahtanggaan merencanakan kehamilan dan mengevaluasi kesehatan reproduksi.

Jikalau setiap bulannya Anda mengalami haid lain teratur, sehingga kesulitan untuk menentukan hari subur berdasarkan ciri-cirinya, Anda bisa menggunakan uluran tangan perabot pembuktian masa rani. Radas ini akan mendeteksi lonjakan hormon saat wanita n domestik kondisi berbenda.

Anda dapat membeli perabot tes tahun subur yang dijual nonblok di apotek buat lebih memudahkan Anda menemukan kapan masa subur dan ovulasi.

Jika segala apa upaya sudah dilakukan, sekadar Ia dan n partner belum juga dikaruniai anak asuh, tambahan pula kalau kalian sudah lama menikah, sebaiknya konsultasikan ke dokter rezeki agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Source: https://www.alodokter.com/menghitung-masa-subur-wanita-setelah-haid

Posted by: gamadelic.com