Mandi Wajib Siang Hari Di Bulan Puasa

Ilustrasi mandi.

Mandi perlu kesiangan ternyata tidak membatalkan puasa.

SuaraJakarta.id –
Islam enggak melarang suami istri berhubungan badan detik rembulan puasa Ramadhan sejauh peristiwa itu dilakukan di antara waktu malam hari sebatas sebelum Subuh.

Hal itu tercermin dalam Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 187 nan berbunyi seperti di radiks ini:

“Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan beliau adalah rok untuk mereka.”

“Allah mengetahui bahwa sira tidak dapat menahan dirimu sendiri, saja Dia menerima taubatmu dan memaafkanmu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah segala apa yang telah ditetapkan Sang pencipta bagimu.”

Baca Pun:
Sehat dan Bugar Selama Puasa dengan Latihan 10 Menit

“Makan dan minumlah sebatas jelas bagimu (perbedaan) antara sutra putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam.”

“Tetapi jangan ia campuri mereka momen kamu beri’tikaf n domestik masjid. Itulah ketentuan Almalik, maka janganlah engkau mendekatinya. Demikianlah Halikuljabbar menerangkan ayat-ayat Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.”

Namun, jangan sampai membenamkan barang bawaan untuk mandi wajib ataupun mandi janabat. Umat mukminat mengenal adanya mandi perlu yang dilakukan seusai berhubungan fisik moga tubuh pula safi.

Lalu bagaimana bila kesiangan menunaikan mandi teradat? Misalnya bau kencur melaksanakan mandi ketika pagi atau siang periode karena ketiduran?

Mengutip situs Nahdlatul Ulama, puasa seseorang tetap jamak meski mandi teristiadat dilakukan sehabis fajar terbit. Mandi wajib kesiangan ternyata tidak membatalkan puasa.

Baca Juga:
Tips Mengidas Kas dapur Sehat Agar Konsisten Afiat Selama Puasa

Hal ini merujuk pada hadis riwayat Bukhari dan Mukmin yang mengobrolkan camar duka Rasulullah SAW yang masih kerumahtanggaan kondisi junub saat pagi hari puasa sebagaimana keterangan istrinya.

Source: https://jakarta.suara.com/read/2021/04/17/070500/kesiangan-belum-mandi-wajib-masih-tetap-sah-puasanya