Manakah Proses Yang Terjadi Pada Tahap Transkripsi

KOMPAS.com
– Zat putih telur yakni nutrisi yang dibutuhkan tubuh internal jumlah besar karena membantu proses pembuatan energi dan juga sebagai pendiri bilang organ jasmani bani adam hidup.

Darimana kita memperoleh zat putih telur? Tentu saja dari makanan, namun tubuh kita juga boleh takhlik protein sendiri.

Begitu juga yang telah kita telaah plong metabolisme zat putih telur, protein terdiri dari ratusan bahkan beribu-ribu bersut amino terampai sreg jenis proteinnya.

Pada materi mana tahu ini kita akan mempelajari bagaimanakah pembuatan zat putih telur dalam tubuh manusia? Sintesis protein privat awak terdiri berbunga 3 tahapan yakni transkripsi dan translasi.

Baca lagi: Hati-hati, Protein Urine Hierarki Barangkali Nama Komplikasi Ginjal

Transkripsi


KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI
Introduksi ikatan basa DNA

Sintesis protein dimulai dengan menyalin urutan DNA yang akan diekspresikan kerumahtanggaan inti sel. Proses transkripsi dimulai bermula separasi ikatan hidrogen antar basa-basa nitrogen pada DNA maka dari itu enzim helikase.

Hal ini begitu juga kamu membuka ritlsleting, kamu membukanya dan memufakatkan basa-basa nitrogen yang saling berikatan. Ritsleting DNA nan longo ini adalah cetakan berpunca protein yang akan dibuat nanti.


KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI
RNA polimerase nan semenjana bekerja

Dua proses transkripsi dan translasi ialah dalam hal ini untuk mensintesis protein dari cetakan DNA lalu menjadi RNA yang nanti akan mengahasilkan hasil akhir berupa polipeptida.
KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDA
Dua proses transkripsi dan translasi ialah dalam hal ini bagi mensintesis protein berasal cetakan DNA lalu menjadi RNA yang belakang hari akan mengahasilkan hasil intiha berupa polipeptida.

Karena DNA tidak bisa keluar bersumber nukleus, DNA kemudian memproduksi mRNA menunggangi enzim RNA polimerase. Kemudian mRNA akan menempel lega cetakan tersebut dengan menyatukan basa nitrogennya dengan basa nitrogen DNA tempaan.

Dilansir dari
BBC, mRNA memiliki basa nitrogen nan sama, kecuali timin yang digantikan oleh urasil.

Baca juga: Proses Metabolisme Protein: Bagaimana Tubuh Mencerna Protein?

mRNA kemudian mengirimkan “cetak biru” pembuatan zat putih telur keluar dari inti rumah pasung turut ke cairan sitoplasma dan menempel plong ribosom.

Translasi

mRNA yang ikut ke ribosom kemudian mengalami proses translasi, translasi adalah proses pembacaan kode genetik rencana induk DNA.

Dilansir berpokok
Science Learning Hub, tRNA puas ribosom membaca belai asam amino dalam mRNA bikin dibuat menjadi zat putih telur yunior. Suatu tRNA membaca 3 basa pada mRNA yang disebut sebagai kodon.

tRNA yang sudah lalu membaca informasi genetik, kemudian keluar dari ribosom bagi membawa asam amino yang sesuai. Asam amino tidak disintesis dalam proses ini, tetapi didapatkan terbit hasil metabolisme zat putih telur.

Baca juga: 5 Kandungan Gizi Jamur Jenggala, bermula Protein setakat Cendawan

Dilansir dari
National Center for Biotechnology Information, tRNA menambat senderut amino nan dibutuhkan dengan energi ATP.

Cemberut amino kemudian diikat dengan ikatan peptida kovalen maka dari itu enzim peptidil transferase membentuk polipeptida dan dibantu oleh energi dari tRNA.

Polipeptida ini kemudian dilipat sedemikian rupa sehingga takhlik satu protein yang fungsional.

Jadi dapat disimpulkan bahwa zat putih telur yang dikonsumsi maka itu anak adam, dicernah menjadi asam amino. Asam amino tersebut kemudian digunakan kembali buat mewujudkan protein privat susuk lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca kembali: Asupan Protein di Pagi Hari, Efektif Jaga Massa Urat

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
saban hari terbit Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Benang tembaga terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/05/204645269/sintesis-protein-proses-transkripsi-dan-translasi?page=all