Malam Lailatul Qadar Lebih Baik Dari Seribu

5 Keutamaan Malam Lailatul Qadar dan Dalilnya

Sabtu, 23 Apr 2022 09:34 WIB

Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik seribu bulan. Berikut sejumlah keutamaan malam lailatul qadar dan dalilnya.
Malam lailatul qadar adalah malam nan lebih baik seribu bulan. Berikut sejumlah keutamaan malam lailatul qadar dan dalilnya.(Foto: iStockphoto/Zeferli)



Jakarta, CNN Indonesia

Malam lailatul qadar merupakan malam dambaan umat

Selam
 di wulan

Ramadan

yang makin baik sewu bulan. Terdapat sejumlah keutamaan lilin lebah lailatul qadar dan dalilnya.

Pada malam lailatul qadar, Allah SWT prospektif akan membagikan keberkahan serta kemuliaan kepada umat-Nya. Oleh karena itu, umat Islam dinasihatkan bikin memperbanyak amalan sunah sebaiknya bisa mendapatkan kebaikan dan keutamaan malam lailatul qadar.

Berikut keutamaan lilin lebah lailatul qadar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Kian baik dari seribu rembulan

Salah satu keutamaan lilin lebah lailatul qadar ialah lilin batik terpenting dan malam yang lebih baik berasal seribu rembulan.

Para cerdik pandai sepakat bahwa setiap muslim yang beramal saleh sreg malam lailatul qadar, akan memperoleh pahala nan sekelas dengan melakukannya sepanjang seribu rembulan.

Dikutip dari situs Nadhlatul Ulama, Syekh Abdul Halim Mahmud menyapa sewu bulan (alfu syahrin) sama dengan 83 tahun 4 bulan atau umur standar manusia.

“Seribu bulan yakni okta- puluh tiga tahun empat bulan. Itu merupakan patokan umum umur manusia. Lailatul qadar (alfu syahrin) lebih baik dari semangat turunan; dari umur setiap manusia, baik umur hamba allah di masa lepas ataupun roh manusia di musim mendatang. Intinya, lailatul qadar lebih baik semenjak (umur) zaman.” (Syekh Abdul Halim Mahmud, Syahr Ramadan, h. 21).

2. Turunnya Al-Qur’an

ILUSTRASI KISAH NABI - NABI MUHAMMADKeutamaan lilin batik lailatul qadar adalah lilin batik diturunkannya Al-Qur’an, dalil tentang hal ini terdapat dalam surat Al-Qadr. (Foto: Istock/panyajampatong)

Di malam lailatul qadar, Allah SWT menaruh wahyunya nyata Al-Qur’an bakal pertama kalinya. Allah SWT bertutur internal surat Al-Qadr ayat 1-5.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sememangnya Kami sudah menurunkannya (Al-Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah lilin batik kemuliaan itu? Lilin lebah kemuliaan itu lebih baik berpunca seribu bulan. Puas malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Rohulkudus dengan izin Tuhannya cak bagi mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) ketenteraman sebatas terbit fajar.”

Surat ini menjernihkan bahwa Al-Qur’an turun di malam lailatul qadar. Dikisahkan, Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu alias Al-Qur’an dari Allah SWT saat sedang bertempat diri di Gua Hira.



Simak keutamaan malam lailatul qadar lainnya di pekarangan berikut.


5 Keutamaan Lilin lebah Lailatul Qadar dan Dalilnya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Pelataran :

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220405160405-289-780631/5-keutamaan-malam-lailatul-qadar-dan-dalilnya