Makna Gerakan Tari Pendet Bali

Home » Kongkow » Materi » Keunikan Tari Pendet dan Makna Gerakan

Keunikan Tari Pendet dan Makna Gerakan

– Peparu, 26 Agustus 2022 | 15:09 WIB

Keunikan Tari Pendet dan Makna Gerakan


Selain terkenal dengan Tari Kecaknya, Bali juga masih menyimpan satu tari Tradisional nan keren. Nama joget tersebut yaitu Tari Pendet. Tari Pendet berasal bermula Provinsi Bali dan sudah cukup dikenal di mancanegara. Joget dengan operasi nan mahsyur nan mulia ini membuat tari Pendet menjadi salah satu pariwisata budaya Indonesia nan menciptakan menjadikan kagum negara enggak.
Besaran penayub tari Pendet
adalah panca khalayak, yang mana berasal dari segala yang dikembangkan oleh I Sulung Beratha pada tahun 1961 lalu. Tari tradisional pendet ini permulaan kali tampil dan di kenalkan plong acara internasional tahun 1960 merupakan ajang Asean games yang di selenggarakan di Indonesia. Tari pendet menjadi pembuka acara Asean Games kala itu dan di lihat serentak oleh Presiden Soekarno.




Sejarah Tari Pendet



Tari pendet mula-mula kali tercipta selingkung perian 1950 yang mana dulunya dijadikan laksana tari sembahan ketika sedang menuju kuil-kuil umat Hindu. Tarian tersebut ditujukan sebagai ucapan selamat cak bertengger atas turunnya umat ke Bumi. Seiring berjalannya waktu, tarian ini terus di kembangkan sehingga menjadi sebuah disko nan di jadikan perumpamaan pertunjukan kegiatan tertentu untuk menjawat upacara.




Gerakan Tari Pendet dan Properti Tari Pendet



Keunikan tari Pendet terletak puas gerakan tariannya. Gerakan tarian diambil dari pakem-pakem operasi Tarian Pendet Dewa (nama tari pendet bikin pesembahan). Tanpa menghilangkan biji sakral, religius dan keindahannya, I Sulung Rindi dan temannya Ni Ketut Reneng berhasil mengegolkan semangat Tarian Pendet Batara kedalam Tari Pendet pertunjukan.


Manuver dan kostum merupakan unsur terdepan dalam Tari Pendet. N domestik pementasan tari Pendet memerlukan beberapa macam gawai busana dan lagi hak. Adapun neko-neko
seragam dan hoki
Tari Pendet
ialah Setagen prada, Anteng, Cemping songket, dan Bokor.



Baca Juga :




Tari Saman : Rekaman, Makna, dan Pola Tegel Tari





Teoretis Ubin Tari Kecak dan Maknanya





Pola Lantai Tari Jaipong dan Makna Gerakan



Pada tari pendet, hampir seluruh anggota tubuh si penari terbabit sebatas menghasilkan propaganda yang indah untuk di lihat. Berdasarkan bagian tubuh yang di gunakan plong tari pendet, berikut yaitu gerakan-operasi yang di gunakan.



a. Propaganda Pemimpin dan Indra penglihatan


Pada tari pendet, gerakan kepala hanya di lakukan lega fragmen ain saja. Detik peronggeng menggerakkan matanya ke kanan dan ke kiri maka gerakan tersebut dinamakan nyeledet sedangkan gerakan mata berputar disebut dengan ngiler.


Privat menggagas mata antara nyeledet dan ngiler tentunya tidak sembarangan. Ada alunan irama nan memiliki ritme dan tempo tertentu cak bagi mengatur bilamana penandak harus nyeledet dan ngiler.



b. Usaha Mimik



Gerakan mimik wajah nan diperlihatkan maka itu penari pendet dinamakan Entiah-tjerengu atau memperlihatkan ekspresi senang dan memperlihatkan ekspresi mesem ramah.


·Usaha Leher



Gerakan menggeleng yang dilakukan penari pendet dinamakan dedengkek. Dedengkek koteng suka-suka dua macam gerakan lain yaitu uluwangsul ketika penandak menggagas leher secara kecil-kecil dan ngotag saat penayub menggelengkan leher dengan gigih atau cepat.



c. Persuasi Jari



Gerakan nan mempercantik pertunjukan tari pendet selanjutnya dapat di lihat dari gerakan jari. Gerakan jari yang dilakukan ada dua macam ialah nyakup bopong alias manuver tangan sedang mencakup dan gerakan ulap-ulap ataupun usaha tangan nan medium melambai-lambai indah.


·Operasi Tangan



Selain gerakan jari, tari pendet juga memiliki aksi tangan yang khusus. Gerakan joget pada fragmen tangan ini di namakan pepiletan ialah menggagas haluang tangan dengan mandu memutarnya ke bagian intern maupun luk nagastru. Sedangkan momen melakukan pergerakan tangan seiring disebut dengan luk nerudut.



d. Kampanye Bodi



Bagian awak yang digunakan pada tari pendet selanjutnya adalah operasi badan. Gerakan bodi pada tari pendet disebut dengan operasi pangkal lengan ataupun ngejatpala. Semakin lentur bedaya makan semakin indah pula pertunjukan nan dihasilkan.



e. Gerakan Kaki



Anggota tubuh terakhir yang digunakan plong tari pendet yaitu tungkai. Ada beberapa variasi propaganda kaki yang digunakan pada tari pendet, diantaranya ialah tampak sirang pada, ngembang, ngandang areo, milpil, dan nyregseg.




Kekuatan dan Makna Tari Pendet



Suka-suka pun makna tari Pendet internal tradisi umat Hindu Bali adalah sebagai lambang atau symbol penyambutan turunya para dewata ke manjapada. Sedangkan fungsinya yaitu sebagai symbol bacot selamat hinggap kepada para dewa yang turun ke dunia.

Sumur :


Cari Artikel Lainnya

Source: https://www.utakatikotak.com/Keunikan-Tari-Pendet-dan-Makna-Gerakan/kongkow/detail/19156

Posted by: gamadelic.com