Makanan Yang Terbuat Dari Sagu

Proklamasi Rangka Utama © Pixabay


Alat pencernaan tradisional Indonesia mempunyai keberagaman yang dahulu beragam. Sanding setiap wilayah memiliki minimal satu rezeki khasnya masing-masing. Hal tersebut karena tiap kewedanan di Indonesia memiliki selera yang berbeda-beda. Itulah yang disebut sebagai lambung tradisional Indonesia.

Makanan tradisional Indonesia bahkan waktu ini sudah menjadi ikon masing-masing provinsi. Enggak jarang orang berkunjung ke sebuah daerah hanya karena ingin mencoba makanannya. Maka dari itu, memberitakan dari laman Yahoo Berita kata sandang ini akan membahas tentang makanan distingtif Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang perlu Anda ketahui.

1. Mie Aceh (Aceh)

Fimela

info gambar

Sesuai namanya, mie ini berasal dari ujung Barat Indonesia, merupakan Aceh. Mie Aceh memiliki tekstur yang berbeda dari mie pada galibnya. Mie Aceh sepan tunggal dengan tekstur tebal dan juga bumbunya yang lestari. Maka semenjak itu, banyak orang yang mengidolakan mie Aceh ini perumpamaan pelecok satu makanan individual Indonesia yang habis legit.

makanan khas sumatera barat

info gambar

Bika Ambon yang bersarang dengan cita rasa manis. Foto: Mama Tamy/Flickr


Farik dengan mie Aceh, bika ambon merupakan kas dapur nan bukan berasal bermula ambon. Makanan partikular Indonesia yang sangat lezat dan banyak digemari maka dari itu orang-orang dari bermacam ragam daerah ini merupakan ki gua garba khas berasal Ajang Sumatera Utara. Bika ambon adalah rahim seikhwan kue yang berwarna kuning dengan rasa yang lampau lembut dan manis.

3. Rendang (Sumatera Barat)

Makanan khas minang sulawesi barat

info gambar

Rendang nirmala berwarna hitam berlumur bumbu pekat. Foto: Caneeliea/Flickr


Lambung tradisional Indonesia yang dikenal seumpama makanan terenak di bumi adalah goreng. Kepopuleran goreng telah tak terbiasa dipertanyakan kembali. Tembolok ini bersumber dari daging sapi nan dimasak dengan santan kelapa dan bumbu rempah selama berjam-jam. Rasa dari goreng ini lewat lezat dan membentuk kas dapur khas bersumber Padang ini begitu lezat dan mendunia.

4. Pempek (Sumatera Selatan)

makanan khas palembang

info gambar

Pempek khas Palembang. Foto: Edwin Andri/Flickr


Selanjutnya, makanan khas Indonesia nan juga terkenal dan damping di jual di berbagai daerah di Indonesia yaitu pempek. Pempek ialah khas Palembang yang terbuat pecah olahan ikan nan dicampur dengan sagu. Galibnya, makanan ini disajikan dengan fusi cuka yang semakin menaik cita rasa dari pempek.

5. Serabi (Jawa Barat)

makanan khas jawa barat

info gambar

Serabi pandan kuah kinca dan santan. Foto: Dewi Trisna/Flickr


Rezeki tradisional Indonesia nan dari dari Jawa Barat adalah serabi. Kendatipun serabi sekarang dapat ditemui di mana tetapi, akan semata-mata, tembolok ini terkenal sebagai kas dapur khas yang berpokok dari Jawa Barat. Serabi punya rasa manis dan terbuat dari abu beras nan dipanggang. Serabi mempunyai varian rasa yang bisa dicoba dan sangat menggoda.

Fimela

info gambar

Salah satu kas dapur tradisional Indonesia yang pun silam terkenal adalah gudeg. Gudeg merupakan kas dapur tersendiri dari daerah Yogyakarta. Gudeg merupakan makanan nan terbuat dari sayur nangka cukup umur yang dimasak dengan santan dengan musim yang patut lama. Gudeg identik dengan rasa manis, dan galibnya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan krecek, dan enggak sebagainya.

7. Ayam Betutu (Bali)

makanan khas bali ayam betutu

info gambar

Ayam aduan panggang betutu khas Bali. Foto: Nana Mikiko/Flickr


Selanjutnya, makanan khas Indonesia yang kembali perlu Anda coba adalah ayam jantan betutu. Nafkah ini adalah tembolok istimewa yang berasal dari Bali. Ayam aduan betutu yaitu lauk yang terbuat bermula ayam atau boleh juga dengan angsa utuh yang berisi bumbu. Cara masaknya yakni dengan dipanggang. Itulah yang membuat ayam jago betutu mempunyai cita rasa nan spesial dan banyak digemari oleh hamba allah-manusia.

8. Soto Jajar (Kalimantan Selatan)

makanan kalimantan selatan

info gambar

Nikmatnya soto jejer dan buras khas Kalimantan Kidul. Foto: Airin Karima/Flickr


Makanan tradisional Indonesia nan lalu tersendiri dan menjadi primadona banyak bani adam selanjutnya yakni soto Saf. Soto Banjar adalah perut khas Indonesia yang berasal semenjak daerah Banjarmasin, Kalimantan Kidul. Soto ini terbuat dari kuah yang sakti daging ayam aduan dan dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah. Galibnya, soto ini juga disajikan dengan menggunakan perkedel kentang nan direbus.


Baca pun: 7 Rahim Singularis Kalimantan Selatan yang Mesti Dicoba

9. Kerupuk Basah (Kalimantan Barat)

kerupuk basah makanan khas kalimantan barat

info gambar

Opak basah bersumber Putussibau, Kalimantan Barat. Foto: Rezki Udayanti/Flickr


Kerupuk basah bukanlah ki gua garba kerupuk lumrah yang sering Anda jumpai di tempat-kancah tidak. Kerupuk basah ialah lambung khas Kalimantan Barat nan lebih mirip dengan inisiator-otak ataupun pempek. Makanan ini bisa disantap dengan maupun tanpa digoreng. Bagi mendapatkan rasa nan lebih sedap, maka kerupuk basah ini biasanya dimakan dengan cocolan rapik kacang.

10. Kepiting Soka (Kalimantan Utara)

makanan khas kalimantan utara

info gambar

Lezatnya kepiting soka nan empuh dan renyah. Foto: Anggi Soegito/Flickr


Selanjutnya, rezeki tradisional Indonesia nan lemak dan patut cak bagi dicoba adalah kepiting soka. Rahim ini yakni makanan khas berpokok Kalimantan Utara. Kepiting soka merupakan kepiting yang unik karena bisa dimakan semua bagiannya. Semua putaran dari yuyu soka ini panjang usus dan mudah sekali bikin dimakan.

11. Sup Ikan Jantung Pisang (Sulawesi Tengah)

makanan khas sulawesi tengah sup ikan jantung pisang

info gambar

Sup ikan jantung pisang. Foto: Jun Mitsugi/Flickr


Makanan khas Indonesia selanjutnya nan boleh Dia coba merupakan sup ikan jantung pisang. Rezeki tradisional Indonesia ini pecah dari distrik Sulawesi tengah. Sup ikan dalaman lauk terbuat dari ikan yang kemudian terjamah menjadi sebuah sup. Cita rasa tembolok ini adalah pedas kontan segar.


Baca juga: 7 Peranakan Khas Sulawesi Barat yang Otentik dan Wajib Dicoba

12. Klappertaart (Sulawesi Utara)

makanan khas manado sulawesi utara

info gambar

Klappertaart, makanan eksklusif Sulawesi Utara dengan saus custard kelapa. Foto: Miel photography/Flickr


Kue ini adalah makanan tersendiri Indonesia yang berasal dari daerah Manado. Kue ini sangat populer dan memiliki banyak penggemar. Klappertaart terbuat dari kerambil , tepung terigu, buah dada, mentega, dan telur. Kue ini tertulis dalam makanan spesial nan menjadi ikon bermula daerah Manado, Sulawesi Utara.

13.Binte Biluhuta (Gorontalo)

makanan khas gorontalo binte biluhuta

info gambar

Sedap dan sehatnya makanan khusus Gorontalo suatu ini. Foto: Kimball Kalangie/Flickr


Makanan tradisional Indonesia selanjutnya nan wajib Ia coba yakni binte biluhuta. Makanan ini adalah makanan khas yang mulai sejak berusul daerah Gorontalo. Binte biluhuta juga dikenal sebagai milu siram. Makanan ini terbuat dari milu yang disiram dengan bumbu dan dicampur dengan udang, belimbing sayur, dan toping perumpamaan apendiks.

14. Mandung Taliwang (Nusa Tenggara Barat)

Ayam Taliwang yang pedasnya menantang. Foto: Fimela

info gambar

Ayam jantan Taliwang nan pedasnya menantang. Foto: Fimela


Makanan khas Indonesia selanjutnya yang suntuk populer adalah ayam taliwang. Makanan ini terbuat dari daging ayam jago yang kemudian dibakar. Tidak lupa pun diberikan bumbu seperti embalau, bawang merah, bawang suci, tomat, terasi goreng, kencur, sakarosa merah, dan garam. Ayam taliwang kebanyakan disajikan dengan tambahan plecing berudu.

15. Gohu Ikan (Maluku Utara)

makanan khas maluku

info gambar

Gohu lauk Maluku. Foto: Jun Mitsugi/Flickr


Makanan ini memang jarang sekali terdengar di telinga. Semata-mata, rahim khas Maluku Lor ini terdaftar dalam makanan yang lezat. Gohu ikan terbuat dari ikan tuna hijau yang kemudian dicampur dengan bumbu gohu khas Maluku Utara.

16. Kue Sagu (Papua Tengah)

bagea

info gambar

Kue Bagea sagu ikhlas Maluku yang juga banyak hambur di Papua. Foto: Ina/Flickr


Sagu merupakan makanan tradisional Indonesia yang mudah ditemui di Indonesia babak timur. Kue sagu ialah makanan nan terbuat dari tepung sagu. Lazimnya memiliki tekstur yang pas gentur akan sahaja akan melunak ketika digigit.

17. Papeda (Papua dan Maluku)

makanan khas papua papeda kuah kuning
Papeda kuah kuning yang mantap. Foto: Belanga Indonesia/Flickr

Kas dapur tradisional Indonesia buncit yang perlu Anda coba merupakan papeda. Papeda terbuat berpangkal sagu dan dimasak beberapa menit. Tekstur mulai sejak papeda adalah lengket dan tertumbuk pandangan seperti bubur asli. Lambung istimewa semenjak tanah Papua ini kebanyakan pun bisa disajikan dengan ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

Demikian adalah makanan tradisional Indonesia yang mempunyai cita rasa lezat. 17 rezeki di atas hanyalah sebagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang majemuk. Anda tidak boleh melewatkan untuk besar perut menyantap makanan istimewa yang berasal semenjak berbagai daerah di Indonesia.

Source: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/11/12/17-makanan-tradisional-di-indonesia-dari-sabang-sampai-merauke

Posted by: gamadelic.com