Makanan Khas Dari Sumatera Selatan

Seandainya menggunjingkan tentang lambung khas Sumatera Selatan, yang permulaan terniat adalah pempek.

Padahal selain pempek masih ada banyak makanan asal Mayapada Sriwijaya yang menggugah selera. Seperti makanan individual Sumatera Selatan nan cak semau di bawah ini.

Salah besar jika Anda mengira pempek adalah semata makanan dari Sumsel yang minimal gurih.

Karena pada kenyataannya ada banyak sekali jenis nafkah selain pempek yang juga mempunyai cita rasa nan lezat.

Perut khas sumsel yang tenar gurih diantaranya yakni Mie Celor, Pencetus otak Kuah Cuko, Hipotetis, Brengkes Tempoyak dan masih banyak yang tidak

Nah, ketimbang penasaran, berikut ini 10 jenis peranakan tahir pecah Sumatera Kidul nan bisa dijadikan referensi:

Makanan khusus Sumatera Selatan Adalah

Tekwan

Makanan Khas Sumatera Selatan

Tekwan merupakan kas dapur asal sumatera selatan nan terbuat dari target dasar lauk dan campuran tepung ubi kayu. Ki gua garba ini hampir mirip dengan eksemplar nan mana kamu disajikan bersama kuah udang suci dari Sumatera Selatan.

Lihat sekali lagi makanan singularis palembang

Meski banyak yang mirip dengan sempurna, cuma keduanya tetap n kepunyaan perbedaan yang terdapat pada isian. Jika teoretis diisi dengan senggang cina, maka pada tekwan isian tersebut ditiadakan.

Sekadar meski begitu enggak mengurangi cita rasa berbunga tekwan yang memang sudah nikmat cak agar tanpa isian tahu cina. Tambahan pula bahan maupun toppingnya juga super lengkap mulai bersumber gorengan, soun, jamur kuping dan pula rincihan biji kemaluan besusu.

Laksan


Selain tekwan, di daerah Sumatera Selatan juga suka-suka suatu pun kandungan spesifik nan diberi nama laksan. Makanan yang satu ini terbuat pecah ikan dan abuk sagu yang dibuat mirip dengan pempek partikular Palembang.

Sahaja saja, cita rasanya jauh lebih lemak karena memperalat kuah kental mirip dengan kuah lontong sayur. Bedanya, kuah laksan berwarna ahmar dengan dominan rasa eco yang didapat mulai sejak santan kerambil.

Gurih kuah laksan tidak hanya didapat santan kerambil namun sekali lagi tambahan udang cengkar dan aneka jenis bumbu dan rempah. Bumbu-bumbu tersebut menghampari berambang merah, bawang ceria, lombok, ketumbar dan lain sebagainya.

Laksan ini lagi mudah buat didapatkan karena akrab dijual di seluruh penjuru ii kabupaten sumatera selatan. Harganya juga lumayan murah dan sekata bikin dijadikan makanan pengganjal alat pencernaan saat pagi masa.

Lakso


Kalau sebelumnya ada laksa, lebih jauh ada lakso yang menjadi salah satu makanan paling digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang. Makanan yang satu ini selain sedap bentuknya sepan tersendiri dan hanya terdapat di Palembang.

Lakso sendiri terbuat dari tepung beras dan sekali lagi tepung sagu nan kemudian diolah menjadi mie yang dibentuk ubah menggulung dan mepet satu setinggi bukan. Di area asalnya, ia biasa disajikan dengan kuah santan bersisa kaldu ikan gabus .

Soal rasa rahim ini bisa dikatakan sebagai lambung unik Palembang yang minimum lezat. Lain heran jika banyak penjual lakso yang semuanya bukan rangkaian nyenyat berbunga pada pembeli baik dari dalam kota maupun dalam kota Palembang.

Mie Celor


Jelajah kuliner di Sumatera Selatan Dia belum tidak lengkap takdirnya belum mencicipi menu Sumatera selatan yakni mie celor. Ia ialah mie biasa yang disajikan dengan aneka variasi topping seperti mana telur, seledri, tauge, kuah santan dan sitrus nipis peras.

Prinsip pengajuan mie celor ini juga lumayan solo karena sebelum bahan diberi kuah santan ia lebih dulu disiram dengan air seksi. Mie celor sangat nikmat disantap saat malam hari buat menyangai badan saat perian dingin.

Kemplang


Kemplang merupakan makanan ringan khas Sumatera Selatan yang terbuat berbunga lauk gabus atau lauk tenggiri. Kemplang ini umumnya berbentuk bulat yang mana diameternya sekitar 5 hingga 7 cm.

Di daerah asalnya, kemplang terbagi menjadi berbagai jenis sebagaimana gendar getas, panggang, kemplang berkeluk-keluk, gendar kobok dan kemplang koin. Tekstur semenjak kemplang ini sendiri sangat renyah dan sekata dimakan dengan tahi angin sambal.

Pindang Lemak tulang


Lebih jauh cak semau makanan asal Ibukota Sumatera Kidul, Palembang nan diberi segel pindang tulang. Lain begitu juga pindang pada umumnya, pindang yang suatu ini bahan dasarnya yaitu tulang sapi dengan sumsum yang masih utuh.

Tatap juga makanan khusus sumatera lor

Sepatutnya semakin nikmat, tulang-tulang sapi ini diolah dengan pernak-pernik bumbu sebagaimana bawang merah, bawang putih, lombok plonco, serai, kunyit dan lengkuas. Semua bumbu tersebut lalu direbus bersama tulang sapi sampai matang.

Begitu matang, pindang lemak tulang ini kemudian diberi topping aneka jenis sayur dan juga irisan tomat. Seandainya sira penasaran pertanyaan rasa, pindang sumsum ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, sedikit manis semata-mata ada sedikit asam.

Malbi


Malbi merupakan makanan khas Sumatera Kidul nan bahan dasarnya adalah daging sapi dan dibumbui dengan aneka rempah. Bumbu-bumbu nan digunakan biasanya pala, bersut jawa dan juga ladesa.

Agar lebih nikmat, bumbu-bumbunya diperlengkap dengan tambahan bawang bangkang, bawang putih, omong kosong, garam dan juga kaldu sapi. bumbu-bumbu ini nantinya dihaluskan dulu ditumis bersama dengan daging sapi.

Setelah sang daging kering, malbi siap disajikan dengan nasi, lontong ataupun ketupat. Soal rasa jangan ditanya, sudah pasti lezat dan menggoyang indra perasa. Peranakan ini biasa ditemukan saat perian raya Idul Adha alias periode ki akbar lainnya.

Burgo


Selain punya pempek, Sumatera Daksina juga terkenal dengan makanannya yang diberi merek Burgo. Jenis perut ringan ini terbuat bersumber objek dasar tepung beras yang saat disajikan disiram dengan kuah kental yang gurih.

Banyak makhluk bilang, burgo lebih mirip dengan kwetiaw. Doang minus berbeda karena ia menunggangi bahan utama tepung beras yang kemudian digulung dan diiris tipis-tipis.

Tak hanya disajikan bersama kuah enak, burgo biasa juga ditambah topping apendiks seperti suwiran ikan, sambal dan perasan air sitrus nipis. Walah, kelihatan enak banget kan ya.

Godo-Godo


Godo-godo yaitu salah suatu kas dapur yang sekilas mirip dengan pempek Palembang. Hanya semata-mata di dalamnya tak diberi isian ikan seperti yang ada pada pempek.

Godo-godo sendiri terbuat dari ubu jalar, telur dan campuran tepung terigu. Bahan tersebut kemudian dicampur menjadi olahan godo-godo nan juga dibuat mirip dengan pempek.

Godo-godo ini lewat nikmat kalau Kamu nikmati bersama dengan cuko dan disantap saat sore hari. Wah, pasti Anda spontan membayangkan rasanya centung? Nikmat banget loh.

Sambal Tempoyak


Tempoyak merupakan kuliner khas Sumatera Daksina yang  dibuat bersumber bahan pangkal durian yang difermentasi. Di kewedanan asalnya, lambung ini demap dijadikan menu pengapit nasi nan mirip dengan sambal.

Rasa berpunca tempoyak ini sepan singularis yang mana ada kekeluargaan cemberut memadat dengan rasa yang sedikit manis. Selain itu, karena terbuat semenjak pembusukan durian, bau dari sambal tempoyak ini juga lumayan menyengat.

Tatap lagi makanan khas sumatera barat

Cuma itu, tidak jadi kelainan, karena jika sudah lalu sampai di lidah beuh, rasanya dapat bikin tengung-tenging segalanya. Tercantol mencoba?

Makanan Khas Sumatera Daksina lainnya

  1. Tekwan Tersendiri Sumatera Daksina
  2. Celimpungan Khusus Sumatera Kidul
  3. Martabak HAR
  4. Kue 8 Jam Khas Sumatera Selatan
  5. Otak pentolan

Itulah 10 makanan khas Sumatera Selatan yang wajib Anda coba saat berziarah ke sana. jangan lalai share dan ceritakan asam garam jelajah kuliner sumatera di kolom komentar ya. Terima hidayah.

Source: https://makananoleholeh.com/makanan-khas-sumatera-selatan/

Posted by: gamadelic.com